Sejarah Pembentukan Muka Bumi

gerimis

New member
SEJARAH PEMBENTUKAN MUKA BUMI

Secara geologis, sejarah pembentukan muka bumi dapat dilihat menggunakan kolom geologi. Kolom geologi ini menggambarkan sejarah peristiwa pembentukan muka bumi yang disusun secara kronologis, berdasarkan bukti-bukti sejarah seperti fosil. Karena menggambarkan kronologi pembentukkan muka bumi, kolom geologi juga disebut sebagai Geological time scale.
Skala waktu geologi secara umum dibedakan menjadi 4 divisi yang disebut eon. Keempat eon tersebut adalah Haden (yang berarti
bawah muka bumi), Archean (yang berarti kuno), Proterozoic (yang berarti awal kehidupan), dan Phanerozoic (yang beraiti kehidupan yang terlihat).

Phanerozoic eon yang mencakup waktu hingga jutaan bahkan milyaran tahun dibagi lagi ke dalam skala yang lebih pendek yang disebut era. Pembagian ini didasarkan pada penemuan fosil pada batuan (pada 3 eon sebelumnya, tidak ditemukan fosil). Phanerozoic eon dibagi menjadi 3 era, yaitu P&eozoic (Paleozoikum, kehidupan kuno), Mesozoic (Mesozoikum, kehidupan masa pertengahan), dan Cenozoic (Kenozoikum, masa sekarang).
 
Bls: Sejarah Pembentukan Muka Bumi

(Paleozoikum, kehidupan kuno)

Apakah sudah ada manusia di kehidupan ini??? lantas kalau ada,,bagaimna dengan binatang2 seperti dinosaurus yang hidup di zaman itu....
 
Back
Top