Peta timbul

gerimis

New member
Peta timbul

Kamu tentu pernah melihat gunung, pantai, perbukitan, dan dataran rendah, bukan? Masing-masing kenampakan memiliki ketinggian, bentuk, dan luas yang berbeda-beda. kenampakan objek geografi tersebut jika digambarkan dalam bentuk peta mental dan peta datar akan ditampilkan dalam bentuk garis, titik, atau simbol tertentu yang mewakilinya.
kita jarang menjumpai kenampakan objek geografi pada peta mental ataupun datar dibuat sesuai dengan bentuk asli yang diperkecil.
untuk mewujudkannya, maka dibuatlah peta timbul. Peta ini berbentuk tiga dimensi dan dibuat sedemikian rupa menyerupai bentuk aslinya dengan perbandingan antar-objek dalam peta tersebut juga hampir sama dengan aslinya.


attachment.php


Peta timbul​


Perkembangan teknologi juga, telah membantu terbentuknya peta-peta dalam bentuk tiga dimensi. Saat ini banyak dijumpai program-program dalam komputer yang memberikan fasilitas untuk membuat peta tiga dimensi sehingga gunung akan nampak seperti gunung sebenarnya. Dengan peta seperti ini orang yang menggunakan peta akan lebih mudah memahami isi peta.
 

Attachments

  • peta timbul (295 x 242).jpg
    peta timbul (295 x 242).jpg
    15.9 KB · Views: 9,191
liat petaa di google earth aja ..
tapi saran gua liatnya pas malem nyaaa :D
pasti nggak akan ketemu tuhh haha
 
Back
Top