Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #101   Report Post     Original Poster (OP)

re: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Sokou




Sokou si ekor empat adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk siput-setengah-ular yang konon tinggal di gunung Fuji, Jepang. Sokou memiliki empat buah ekor dan menyebarkan gas beracun disekitar tubuhnya. Awalnya, Sokou adalah ayam jantan dan ular yang menjalin kasih. Namun akibat pengaruh udara dan racun di pegunungan, kedua hewan itu menyatu dan menjadi besar. Karena berbahaya, seorang ahli ilmu iblis bernama Yamazaki Ishiro menyegel Sokou ke dalam alat dewa Kandang Bulan Berjaring di dasar gunung Fuji, Jepang. Hingga saat ini, beberapa orang masih beranggapan bahwa letusan di gunung Fuji disebabkan oleh dengkuran Sokou ketika sedang tidur.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

 

   






Reply With Quote     #102   Report Post     Original Poster (OP)

re: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Minotaur




Dalam mitologi Yunani, Minotaur adalah monster berbentuk manusia yang berkepala banteng. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan atas Minos, Raja Kreta. Karena banteng yang harus dia berikan kepada Dewa Poseidon, ia sembunyikan sehingga Poseidon menjatuhkan kutukan kepada istri Minos. Istri Minos, Pasifae, dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut. Dengan meminta bantuan dari Daidalos, Pasifae meminta dibuatkan tiruan banteng betina. Dia kemudian masuk ke dalam banteng tiruan, untuk bercinta dengan banteng tersebut. Maka Pasifae mengandung bayi dari hubungannya dengan banteng tersebut, yaitu Minotaur. Monster ini tinggal di tengah labirin yang rumit yang dirancang oleh arsitek Daidalos untuk menyimpan sang Minotaur. Setiap tahun, penduduk kota Athena harus mengirim tujuh pemuda dan tujuh gadis sebagai korban supaya tidak diserang oleh Kreta . Monster ini akhirnya dibunuh oleh Thesus, pahlawan Yunani yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelumnya, Thesus dibantu oleh Ariadne, putri Raja Kreta, yang memberinya pedang dan segulung benang. Thesus menggunakan benang itu untuk menyelusuri kembali jejaknya supaya bisa keluar dari dalam labirin yang rumit dan menggunakan pedangnya untuk membunuh Minotaur.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #103   Report Post     Original Poster (OP)

re: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Makhluk Mitos Dari Indonesia


Lembuswana


Makhluk Mitologi ini sering dijadikan simbol dalam kerajaan2 jaman dulu seperti Mulawarman, dan di Cungkup Sunan Prapen. Lembuswana adalah hewan dengan kepala berbentuk gajah yang menggunakan mahkota yang memiliki sepasang sayap dan di keempat kakinya terdapat cula/taji (seperti ayam). Masih menurut mitos penduduk sekitar sungai Mahakam, Lembuswana adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal dan bernaung di dasar sungai Mahakam.


Orang Bati



Orang Bati adalah hewan yang berada di legenda Pulau Seram. Hewan ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Diceritakan bahwa ia tinggal di gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantap.


Naga Besukih



Naga Besukih adalah naga yang diceritakan dalam asal-usul selat Bali. Dalam cerita, Naga ini dapat dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra. Juga diceritakan bahwa ia dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya.


Ahool



Ahool adalah hewan seperti kelelawar raksasa atau beberapa menyebutkan seekor Pterodactil yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap sekitar 3 meter. Pertama kali dijelaskan bahwa ia terlihat di gunung Salak.


Ebu Gogo

Ebu Gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia, yang memiliki bentuk yang mirip dengan leprechaun atau peri. "Orang kecil" tersebut dikatakan memiliki tinggi satu meter, ditutupi rambut, periuk-berperut, dan dengan telinga yang menjulur. Mereka berjalan agak kikuk dan sering "berbisik" yang dikatakan sebagai bahasa mereka. Penduduk pulau juga berkata bahwa Ebu Gogo dapat mengulangi apa yang mereka katakan.


Leak

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup


Barong

Barong adalah karakter dalam mitologi Bali. Ia adalah raja dari roh-roh serta melambangkan kebaikan. Ia merupakan musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah adalah roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Banas Pati Rajah dipercayai sebagai roh yang menggerakkan Barong. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan sebagai seekor singa. Tarian tradisional di Bali yang menggambarkan pertempuran antara Barong dan Rangda sangatlah terkenal dan sering diperlihatkan sebagai atraksi wisata.

Barong singa adalah salah satu dari lima bentuk Barong. Di pulau Bali setiap bagian pulau Bali mempunyai roh pelindung untuk tanah dan hutannya masing-masing. Setiap Barong dari yang mewakili daerah tertentu digambarkan sebagai hewan yang berbeda. Ada babi hutan, harimau, ular atau naga, dan singa. Bentuk Barong sebagai singa sangatlah populer dan berasal dari Gianyar. Di sini terletak Ubud, yang merupakan tempat pariwisata yang terkenal. Dalam Calonarang atau tari-tarian Bali, Barong menggunakan ilmu gaibnya untuk mengalahkan Rangda.



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #104   Report Post  

Re: Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Basilisk



Basilisk (dari bahasa Yunani: basiliskos, raja kecil, bahasa Latin: Regulus) adalah reptil dalam legenda Eropa yang dikenal sebagai raja ular dalam mitologi (serpent) dan memiliki kemampuan untuk menimbulkan kematian bila menatapnya.

Bila dideskripsikan, basilisk adalah kadal besar, ular raksasa atau ayam jantan setinggi tiga kaki dengan ekor dan gigi ular. Deskripsi ini mirip dengan cockatrice. Basilisk disebut raja karena ia digambarkan memiliki mitre - atau tonjolan tengkorak berbentuk mahkota. Cerita-cerita tentang basilisk hampir sama dengan cockatrice. Dilegendakan, basilisk berasal dari telur ular yang ditetaskan ayam jantan (kebalikan dari cockatrice yang berasal dari telur ayam yang dierami oleh ular.


-dipi-
sebenernya antara basilisk sama kokatrie sama gak yah????soalnya kalau di games,,basiliks ama kokatrie sama2 punya kekuatan membekukan gitu,,,
terry_okay007
Mod

Post: 4.203
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #105   Report Post     Original Poster (OP)

re: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kokatris itu sendiri sepertinya nggak ada di dalam legenda asli.
Dan dia itu khan mutasi dari basilisk, jadi serupa tapi tak sama.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #106   Report Post  

re: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Kokatris itu sendiri sepertinya nggak ada di dalam legenda asli.
Dan dia itu khan mutasi dari basilisk, jadi serupa tapi tak sama.


-dipi-
owh,ya2,,aku ngerti sekarang,,yang asli itu basilisk,,,,,,,
terry_okay007
Mod

Post: 4.203
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #107   Report Post  

Inilah 10 Makhluk Cryptozoology

Inilah 10 Makhluk Cryptozoology

Cryptozoology merupakan penyelidikan /penelitian terhadap makhluk hidup yang belum dikenal sains. Beberapa diantaranya merupakan makhluk-makhluk yang telah menjadi legenda disuatu wilayah, ataupun “monster” misterius yang kerap dilaporkan terlihat oleh manusia namun eksistensi sebenarnya masih merupakan tanda tanya besar.

Berikut merupakan daftar 10 makhluk Cryptozoology yang paling menarik perhatian.

10. Mongolian Death Worm :

Monster gurun Gobi yang sudah terlalu lama menjadi buruan para Cryptozoologyst ini mungkin sejenis cacing tanah namun dengan bentuk dan ukuran tubuh yang tak lazim. Menurut beberapa orang yang pernah melihatnya secara langsung, ia memiliki panjang tubuh sekitar 1 – 1.5 meter dengan bentuk fisik menyerupai usus besar manusia dan berwarna merah darah.

Sesuai dengan namanya, Mongolian Death Worm dikatakan merupakan spesimen yang mematikan. Ia dapat menyemburkan racun dan konon memiliki sengatan listrik yang dapat dengan mudah merobohkan mangsa ataupun siapa saja yang mencoba mengusiknya.


9. Orang Pendek:
Orang Pendek dideskripsikan sebagai makhluk serupa kera, Bipedal, dan memiliki tinggi tubuh tak lebih dari 1,5 meter.

Masuk 10 makhluk Cryptozoology bukan lantaran mereka dikabarkan berdiam disalah satu wilayah Indonesia yakni Taman Nasional Kerinci Seblat, namun lebih kepada anggapan beberapa Cryptozoologyst yang mengatakan ia merupakan bagian dari “missing link” dengan kita manusia modern. Banyak yang berspekulasi bahwa Orang Pendek merupakan manusia purba dari spesies Homo Floresiensis -salah satu spesies baru dari genus Homo yang sering disebut “Hobbit” dan kerangkanya ditemukan pada tahun 2003 lalu diwilayah Flores, NTT- yang masih dapat bertahan hidup hingga sekarang.


8. Mothman:
Apa yang ada dibenak sebagian warga Amerika Serikat seandainya kita bertanya mengenai makhluk misterius yang sering disebut Mothman? Pastilah mereka mengimajinasikannya sebagai makhluk dengan perawakan seperti manusia, bertubuh gelap, bermata bulat dan berwarna merah menyala serta memiliki sayap menyerupai sayap kelelawar. Mothman, makhluk misterius yang telah melegenda diseantero Amerika Serikat ini pertama kali dilaporkan terlihat di West Virginia, 15 November 1966. Ketika itu dua pasangan suami istri, David dan Linda Scarberry serta Steve dan Mary Mallette, yang sedang berkendara melintasi bekas pabrik TNT pada masa perang dunia ke-II merasa tertarik dengan adanya sepasang cahaya bulat merah menyala sedang memandang kearah kendaraan mereka.


7. Thunderbird:
Nama yang keren untuk makhluk Cryptozoology. Makhluk yang dideskripsikan sebagai makhluk terbang dengan ukuran tubuh yang besar. Laporan pertama mengenai Thunderbird datang dari kisah dua orang Cowboy yang mengklaim telah membunuh seekor burung raksasa diwilayah Arizona, April 1890. Menurut mereka, bentuk makhluk tersebut sangatlah aneh karena sama sekali tidak memiliki bentuk tubuh seperti burung pada umumnya. Ia terlalu besar untuk disebut sebagai seekor burung, sayapnya dikatakan mirip sayap kelelawar dengan bentuk wajah menyerupai buaya.


6. Kraken:
Kraken merupakan monster laut berukuran raksasa yang begitu melegenda. Dimasa silam, Ia begitu ditakuti oleh para penjelajah samudera karena banyak cerita rakyat yang berkembang pada masa itu menyebutkan bahwa Kraken merupakan monster laut yang dapat dengan mudah menghancurkan kapal-kapal mereka. Maka tidak heran, makhluk yang dikabarkan sebagai penghuni dasar laut perairan Norwegia dan Islandia ini sering digambarkan dalam peta-peta kuno sebagai perwujudan monster laut yang mematikan dan sebisa mungkin dihindari sewaktu berlayar.


5. Mokele-mbembe :
Jauh dipedalaman Afrika, tersebutlah sosok makhluk raksasa yang telah sekian lama menjadi legenda masyarkat setempat. Ia mendiami suatu tempat yang menjadi salah satu urat nadi kehidupan bagi sebagian penduduk Afrika, Sungai Congo. Ya, disungai terpanjang kedua di Afrika setelah sungai Nil inilah makhluk yang bernama Mokele-mbembe sering dikabarkan terlihat. Kata Mokele-mbembe berasal dari bahasa Lingala yang memiliki arti Sesuatu yang menghentikan aliran sungai. Menurut cerita turun temurun penduduk asli lembah sungai Kongo, Mokele-mbembe merupakan sosok monster sungai yang ditakuti karena ia berukuran sangat besar dan berbahaya.


4. Champ:
Dari pedalaman Afrika, saya mengajak kawan-kawan menyeberangi samudera Atlantik untuk berkunjung kembali ke Amerika Utara. Tujuan kita kali ini ialah kesebuah danau diperbatasan Amerika Serikat – Kanada yang juga memiliki kisah akan monster danau yang legendaris, Danau Champlain namanya. Di Danau sepanjang 201 km inilah konon berdiam seekor monster danau yang sering disebut sebagai Champ. Ditahun 1977, seorang wisatawan bernama Sandra Mansi mendadak terkenal karena keberhasilannya mengabadikan sosok monster legendaris yang telah dilaporkan keberadaannya sejak abad ke-19 itu. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh beberapa pakar fotografi terhadap gambar yang diambil Sandra, terungkap bahwa foto tersebut bukanlah rekayasa. Gambar itu benar-benar mengabadikan seekor makhluk raksasa yang sedang mucul ke permukaan danau.


3. Bigfoot/Sasquatch:
Bigfoot digambarkan sebagai makhluk bipedal (berjalan dengan dua kaki), berperawakan tinggi besar (tinggi diperkirakan 1.5 – 3 meter) dengan bulu lebat yang tumbuh disekujur tubuhnya. Ia dikatakan hampir menyerupai seekor gorila namun berjalan tegak layaknya manusia modern. Makhluk yang dikabarkan menghuni hutan-hutan diwilayah Pacific Northwest, Amerika Utara ini begitu terkenal, tidak hanya diwilayah Amerika Serikat namun diseluruh dunia. Bahkan dibeberapa wilayah lainnya, terdapat legenda mengenai makhluk semacam Bigfoot. Sebut saja Yeti di Tibet, Hibagon di Jepang, hingga Yowie di wilayah Australia.


2. Chupacabra:
Diposisi kedua saya menaruh nama Chupacabra. Makhluk misterius yang berasal dari dua kata dalam bahasa Spanyol yakni “Chupar” yang berarti hisap / menghisap dan “Cabra” yang berarti kambing ini merupakan perwujudan dari seekor makhluk yang begitu menyeramkan. Selain karena bentuk fisiknya yang dideskripsikan menyerupai serigala dengan semacam “duri” yang tumbuh berjejer disepanjang tulang punggungnya, Chupacabra adalah makhluk penghisap darah, terutama darah hewan ternak seperti kambing. Ia sering dilaporkan membunuh beberapa hewan ternak pada malam hari, kemudian menghisap darahnya tanpa memakan sedikitpun daging korbannya.

Chupacabra begitu terkenal diwilayah Amerika Tengah dan Utara, serta beberapa wilayah Amerika Latin. Di tahun 1995, seekor Chupacabra dikabarkan telah membunuh delapan ekor kambing dalam waktu semalam di suatu wilayah di Puerto Rico. Inilah laporan awal mengenai serangan chupacabra yang berhasil didokumentasikan.
Kebanyakan orang mendeskripsikan Chupacabra sebagai makhluk dengan tinggi antara 1 – 1.2 meter, bukan mamalia namun sejenis reptil dengan gaya berdiri dan melompat seperti kanguru. Banyak anggapan yang mengatakan kemungkinan ia hanyalah sejenis anjing liar. Pendapat yang cukup berani mengatakan bahwa Chupacabra merupakan makhluk hasil rekayasa genetika dari suatu lembaga penelitian Amerika Serikat yang kabur dari laboratorium karantina diskitar wilayah El Yungue, Puerto Rico yang porak poranda akibat terjangan angin topan ditahun 1990′an.



1. Loch Ness Monster:
Monster Loch Ness atau yang akrab disapa Nessie.
Nessie, monster penghuni danau Loch Ness, Skotlandia memang begitu melegenda diseantero dunia. Bahkan keberadaannya telah dilaporkan sejak abad ke-7. Puluhan ekspedisi telah dilakukan, serta ratusan sonar pernah diarahkan kedanau Loch Ness untuk mendeteksi keberadaan Nessie, namun semuanya seperti sia-sia. Nessie terlalu pemalu. Ia mungkin hanya berani menampakkan dirinya disaat-saat tertentu saja.

Beberapa laporan serta bukti-bukti berupa foto yang berhasil dikumpulkan dari beberapa saksi mata memperlihatkan bahwa monster penunggu danau Loch Ness memiliki ciri-ciri yang tak jauh berbeda dengan Mokele-mbembe. Ia juga bertubuh besar dan berleher panjang dengan ukuran kepala yang kecil. Namun berbeda dengan Mokele-mbembe yang dideskripsikan sebagai Dinosaurus Sauropoda, Nessie lebih sering dimasukkan kedalam kerabat Plesiosaur.
Salah satu foto kontroversial yang berhasil mengabadikan sosok Nessie ialah foto yang sering disebut sebagai Surgeon’s Photograph. Didalam foto yang diambil pada tahun 1934 ini terlihat siluet seekor makhluk berleher panjang yang sedang menyusuri danau Loch Ness diwaktu senja hari. Namun pada kelanjutannya, foto tersebut terbukti merupakan hasil rekayasa.



http://bukablogsaya.blogspot.com/200...tozoology.html
louisiana
National Level

Post: 1.541
 
Reputasi: 794






Reply With Quote     #108   Report Post  

CENTAUR ,MANUSIA SETENGAH KUDA

Dalam mitologi Yunani, Centaurs (Kéntauroi) adalah ras manusia setengah kuda, ia biasanya digambarkan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang, namun bagian pinggang kebawah berwujud kuda. Foto di bawah, bukan merupakan hasil penemuan Arkeologis, kerangka Centaur pada foto ini, adalah merupakah hasil buatan dari ‘Skulls Unlimited International’ dari kerangka manusia asli yang digabungkan dengan kerangka Zebra.

Centaurs sendiri hanyalah merupakan mahkluk imajinatif yang pertama kali muncul dalam mitologi Yunani.

Skulls Unlimited International, Inc., located in Oklahoma City, Oklahoma, is a commercial supplier of osteological specimens including real and replica skulls and skeletons. Skulls Unlimited also provides a skull cleaning service, using Dermestid Beetles to strip the flesh from skulls and skeletons. Skulls Unlimited processes approximately 25,000 skull specimens per year
Mereka merupakan keturunan dari Centaurus, centaur yang pertama. Ayah Centaurus adalah Ixion seorang manusia, penguasa dari Thessaly, yang mencintai [selingkuhan] Dewi Hera, istri Zeus. Zeus yang cemburu, kemudian menciptakan kembaran Hera dari gumpalan awan dan menamainya Nephele. Suatu ketika mereka bertemu, Ixion yang menganggap wanita yang bersamanya itu [Nephele] adalah Dewi Hera kemudian berhubungan badan dengannya. Nephele kemudian mengandung, dan melahirkan mahkluk setengah manusia setengah kuda yang kemudian dia namai Centaurus.
Yang paling terkenal dari para Centaur ini adalah Chiron teman dari Heracles atau Hercules [sosok Chiron ini, muncul dalam Film Percy Jackson and the Olymipans]. Ia adalah salah satu centaur yang lembut dan bijaksana, yang ketika tewas oleh Zeus ditempatkan di langit sebagai Konstalasi Bintang Centaurus. Kemudian diadaptasi menjadi zodiak Sagittarius.



SUMBER : BLOG MISTERI INDONESIA
Home Level

Post: 10
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #109   Report Post  

Re: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

keren2 euuy >.<
tiaseptiani
Staff

Post: 16.061
 
Reputasi: 150

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Makhluk Ghaib dalam cerita harry potter satriani Misteri & Supranatural 19
Salam knal makhluk ii . . kochii Tempat Berkenalan Member Baru 2
[Legenda] Dropa Stones, Saksi Keberadaan Makhluk Luar Angkasa Megha Sejarah & Budaya 6
ada makhluk aneh neh..>>> bulux51 Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 16
gambar makhluk hidup bag 1 nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.