Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Status
Not open for further replies.
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kikimora

Kikimora.jpg


Kikimora adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Kikimora termasuk dalam makhluk penghun rumah dan kadang-kadang dikatakan menikah dengan Domovoi. Kikimora biasanya tinggal di balik kompor atau di gudang bawah tanah.

Jika para pekerja yang membangun rumah merasa tidak senang pada pemlik rumah maka mereka bisa mengundang Kikimora untuk menghantui rumah itu dengan cara menaruh sebuah boneka mirip Kikimora di balok utama atau di bawah sudut depan rumah. Sekali menghuni suatu rumah, Kikimora sulit untuk disingkirkan.

Jika rumah dirawat dengan baik, maka Kikimora akan ikut menjaga ayam-ayam. Namun jika tidak, Kikimora akan memcahkan piring dan membuat keributan di malam hari. Kikimora juga keluar di malam hari untuk menenun. Barang siapa yang melihat Kikimora sedang menenun maka dia akan segera mati. Untuk menentramkan Kikimora, seseorang harus mencuci semua panci dan wajan dengan teh pakis. Batu ular atau ranting junifer digantung di atas kadang ayam untuk melindungi ayam dari Kikimora.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

waawww~
terkesan banget, nihh ama artikelnya... ^-^
reppuu buat mbak dipi,
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kobold

kobold.jpg

Kobold adalah makhluk legendaris yang hidup dalam gua-gua atau dunia bawah tanah dalam mitologi Jerman. Kata Kobold dalam bahasa Jerman berarti "jiwa jahat", dan makhluk ini disamakan dengan Goblin dalam cerita rakyat dan dongeng-dongeng Inggris. Kobold merupakan makhluk yang berukuran kecil, menghuni tambang-tambang (karena mengacu pada gua dan dunia bawah tanah), dan Kobold merupakan makhluk yang sejenis dengan Leprechaun atau Gnome.

Kata Kobold sering diterjemahkan sebagai Leprechaun. Menurut kepercayaan, unsur Kobalt berasal dari kata Kobold, dan diyakini merupakan unsur yang diciptakan oleh Kobold dengan mencampur logam dan ramuan sihir yang lain.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kuda betina Diomedes

200px-Mosaico_Trabajos_H%C3%A9rcules_%28M.A.N._Madrid%29_08.jpg

Dalam mitologi Yunani, Kuda betina Diomedes atau Kuda betina Thrakia adalah kuda pemakan manusia yang liar dan tak terkendali. Kuda ini berjumlah empat ekor. Mereka adalah milik raksasa Diomedes (bedakan dengan Diomedes, putra Tideus), raja Thrakia, anak Ares dan Kirene yang tinggal di pesisir Laut Hitam. Bucephalus, kuda Alexander Agung dikatakan merupakan keturunan dari kuda-kuda ini. Herakles diharuskan menangkap kuda-kuda ini dalam rangka menyelesaikan tugas kedelapannya.

Dipi's note:

Herakles membunuh istri dan anaknya. Untuk membersihkan dosanya, dia diharuskan untuk mengabdi pada sepupunya, raja Euristheus dari Mikene. Raja Euristheus menyuruhnya melaksanakan dua belas tugas, yaitu:
  1. Membunuh Singa Nemea
  2. Membunuh Hidra
  3. Menangkap Rusa Kerinitia
  4. Menangkap Babi Erimanthos
  5. Membersihkan Kandang Raja Augeas
  6. Mengusir Burung-Burung Stimfalia
  7. Menangkap Banteng Kreta
  8. Menangkap Kuda Betina Diomedes
  9. Mengambil Sabuk Hippolita
  10. Mengambil Ternak Gerion
  11. Mengambil Apel Hesperides
  12. Menangkap Kerberos


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kumiho

220px-NineTailsFox.JPG

Kumiho (berarti "rubah berekor sembilan") adalah makhluk yang muncul pada cerita rakyat dan legenda Korea. Menurut cerita tersebut, rubah yang hidup ribuan tahun berubah menjadi kumiho, seperti kitsune Jepang dan huli jing Tiongkok. Makhluk ini dapat dengan mudah berubah menjadi wanita cantik. Terdapat beberapa cerita yang didalamnya terdapat kumiho.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kurcaci


Dwarf.jpg


Kurcaci (bahasa Inggris: dwarf) adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman. Kurcaci juga sering diadopsi sebagai tokoh dan sering muncul dalam kisah-kisah fiksi fantasi, film, dan permainan video.

Dalam mitologi, penggambaran diri kurcaci adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.

Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat srigala ganas, Fenris.

Dalam kisah dongeng Putih Salju, Kurcaci digambarkan sebagai bangsa pekerja keras, polos, sedikit serakah, dan penggerutu.

Dalam kisah-kisah The Lord of the Rings, Kurcaci adalah salah satu ras yang menghuni Bumi tengah. Mereka tinggal di kedalaman gua-gua dan merupakan pengrajin logam yang baik. Mereka memiliki sifat keras kepala dan selalu bersaing dengan peri.



-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Lailaps

Lailaps.jpeg

Dalam mitologi Yunani, Lailaps adalah seekor anjing yang tidak pernah gagal menangkap buruannya. Lailaps merupakan hadiah dari Zeus untuk Europa. Anjing ini kemudian diwariskan pada raja Minos. Minos memberikan Lailaps pada Prokris dan Kefalos. Kefalos meyuruh Lailaps untuk memburu Rubah Teumessia, seekor binatang yang tak pernah bisa ditangkap. Maka Lailaps, yang tak pernah gagal menanghap mangsanya, berusaha memburu seekor hewan yang tak pernah bisa ditangkap, hal ini menjadi suatu paradoks. Zeus melihat peristiwa ini dan mengubah kedua hewan tersebut menjadi batu.

Menurut cerita yang lain, Prokris mendapatkan Lailaps dari dewi Artemis.

Dipi's note:

Dalam mitologi Yunani, Rubah Teumessia adalah rubah raksasa yang ditakdirkan tak akan pernah bisa ditangkap. Rubah ini adalah anak dari Ekhidna. Rubah ini dikirim oleh para dewa (kemungkinan Dionisos) untuk memangsa anak-anak di kota Thebes sebagai hukuman atas kejahatan kota tersebut. Kreon menyuruh Amfitrion untuk membunuh hewan ini. Amfitryon menggunakan Lailaps, anjing yang selalu bisa menangkap buruannya, untuk menangkap rubah Teumessia. Perburuan dua hewan ini membuat Zeus mengubah keduanya menjadi batu.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Leprechaun

leprechaun.jpg

Leprechaun (bahasa Irlandia: leipreachán) dalam mitologi Irlandia adalah sebangsa peri jantan yang mendiami daratan Irlandia.

Bersama peri-peri lainnya, Leprechaun mendiami daratan Irlandia sebelum kedatangan bangsa Celtic. Mereka digambarkan sebagai lelaki tua yang senang berbuat nakal. Mereka berdagang dengan menjual batu kerikil atau menjadi pembuat sepatu. Mereka dikatakan sangat kaya.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Makara

Ganga.jpg

Makara dalam mitologi Hindu, adalah makhluk yang berwujud ikan berkepala gajah, seperti yang sering dilukiskan dan dipahatkan dalam candi-candi di Indonesia, khususnya di Bali dan Jawa. Orang Bali menyebutnya gajahmina, yang secara harfiah berarti "ikan gajah". Kadangkala Makara dilukiskan sebagai makhluk berwujud separuh kambing dan separuh ikan seperti simbol Kaprikornus dalam zodiak. Dalam kitab-kitab suci umat Hindu, Makara adalah makhluk yang menjadi kendaraan Dewa Baruna dan Dewi Gangga.

Makara digunakan pula sebagai lambang Universitas Indonesia.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Manusia serigala

Loup_garou.jpg

Manusia serigala, likantrof, atau likan adalah sebuah mitos dari Eropa kuno berupa makhluk monster setengah manusia setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba, yang mana kekuatan mistiknya mencapai puncaknya. Dalam mitologi tersebut, manusia serigala senantiasa akan memburu manusia dan barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan peluru perak.

Likantrofi adalah istilah serapan yang berasal dari Yunani Kuno lykánthropos, lýkos ("serigala") + anthropos ("manusia"). Senyawa kata "lyc-" berasal dari akar Bahasa Proto-Indo-Eropa "wlkwo-", yang berarti "serigala", secara resmi menyatakan transformasi "serigala - laki-laki" . Likantrofi adalah salah satu bentuk theriantrofi, yaitu kemampuan untuk bermetamorfosis atau bertransformasi menjadi hewan pada umumnya. Istilah theriantrof secara harfiah berarti "manusia binatang". Kata ini juga telah dikaitkan dengan manusia serigala asli dari mitologi klasik Yunani Kuno, Lycaon, raja Arkadia yang menurut puisi "Metamorfosis" karya Ovid, dirubah menjadi serigala rakus oleh Zeus sebagai pembalasan karena berusaha supaya anaknya dapat mengunjungi Zeus dalam upaya untuk menyangkal keilahian sang dewa Yunani tersebut.

Ada juga sebuah penyakit mental yang disebut likantrofi di mana pasien percaya bahwa dirinya telah berubah menjadi binatang dan berperilaku sesuai binatang tersebut. Penyakit ini kadang-kadang disebut sebagai "likantrofi klinis" untuk membedakannya dari penggunaannya dalam legenda. Meskipun asal-usul kata ini adalah dari sebuah istilah transformasi manusia-serigala, likantrofi digunakan dalam pengertian ini untuk hewan jenis apa pun. Arti lebih luas ini sering digunakan dalam referensi fiksi modern, seperti karakter Likantrof dalam permainan peran asing Dungeons & Dragons.

Istilah kuno lain untuk perubahan bentuk antara bentuk-bentuk binatang apapun adalah versipelis. Kata latin ini adalah sama artinya dengan kata-kata lain yang digunakan untuk manusia serigala maupun makhluk lain yang dapat berubah bentuknya dalam Bahasa Rusia (oboroten) dan Bahasa Norwegia Lama (hamrammr).

Nama Perancis untuk manusia serigala yang kadang-kadang digunakan dalam bahasa Inggris, adalah Loup-garou (pengucapan / luga 'ru /). Loup dari kata nomina latin lupus yang berarti "serigala", sedang elemen frase kedua dianggap dari Bahasa Perancis Lama garoul yang berarti "manusia serigala". Hal ini pada gilirannya kemungkinan besar dari Bahasa Franka wer-wulf yang berarti "manusia-serigala."


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos



Aaaaaa . . . . . .kereeenn . . . . .
lagi dong kak dipi . . . . .


 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Melusine


melusine.gif

Dalam legenda dan dongeng Eropa, Melusine adalah makhluk air legendaris yang berasal dari mata air dan sungai sakral.

Melusine dilukiskan berwujud wanita dari kepala sampai pinggang, sedangkan berwujud ular atau ikan (kebanyakan seperti puteri duyung) dari pinggang ke bawah. Melusine juga dilukiskan bersayap, dengan memiliki dua ekor, dan dihubungkan dengan Nix.
Dipi's note:

Dalam Mitologi Yunani, Nix (Nox) adalah dewi malam. Nix dilahirkan oleh Khaos. Dengan saudaranya Erebos, Nix melahirkan Aither ("atmosfer") dan Hemera ("hari"). Nix juga adalah ibu dari Hipnos (tidur) dan Thanatos (kematian).


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Minotaur

minotaur2.jpg

Dalam mitologi Yunani, Minotaur (bahasa Yunani: Minótauros) adalah monster berbentuk manusia yang berkepala banteng. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan atas Minos, Raja Kreta. Karena banteng yang harus dia berikan kepada Dewa Poseidon, ia sembunyikan sehingga Poseidon menjatuhkan kutukan kepada istri Minos. Istri Minos, Pasifae, dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut. Dengan meminta bantuan dari Daidalos, Pasifae meminta dibuatkan tiruan banteng betina.

Dia kemudian masuk ke dalam banteng tiruan, untuk bercinta dengan banteng tersebut. Maka Pasifae mengandung bayi dari hubungannya dengan banteng tersebut, yaitu Minotaur. Monster ini tinggal di tengah labirin yang rumit yang dirancang oleh arsitek Daidalos untuk menyimpan sang Minotaur. Setiap tahun, penduduk kota Athena harus mengirim tujuh pemuda dan tujuh gadis sebagai korban supaya tidak diserang oleh Kreta .

Monster ini akhirnya dibunuh oleh Thesus, pahlawan Yunani yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelumnya, Thesus dibantu oleh Ariadne, putri Raja Kreta, yang memberinya pedang dan segulung benang. Thesus menggunakan benang itu untuk menyelusuri kembali jejaknya supaya bisa keluar dari dalam labirin yang rumit dan menggunakan pedangnya untuk membunuh Minotaur.


-dipi-
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Mokele-mbembe

Mokele_mbembe_attacked.jpg

Mokèlé-mbèmbé: yang berarti "sesuatu yang menahan aliran sungai" dalam Bahasa Lingala, adalah nama yang diberikan untuk sejenis cryptid yang mendiami sungai, yang ditemukan dalam cerita rakyat dan legenda rakyat yang tinggal di Lembah Sungai Kongo. Adapula yang menggambarkannya sebagai mahkluk hidup dan arwah. Mokèlé-mbèmbé diumpamakan seperti Monster Loch Ness dalam pandangan orang Barat.

Banyak ekspedisi telah dilakukan guna mencari bukti keberadaan Mokele-mbembe, walau tak sedikitpun berhasil. Pembahasan Mokèlé-mbèmbé dituangkan dalam banyak buku dan film-film dokumenter serta muncul pula dalam banyak karya fiksi dan budaya pop.

Berdasarkan tradisi rakyat di lembah Sungai Kongo, Mokele-mbembe diketahui sebagai mahkluk pemakan tanaman dengan ukuran sebesar gajah atau kuda nil. Ia tinggal di Sungai Kongo dan wilayah rawa-rawa di sekitarnya, dan menyukai tempat yang dalam, pada cerita rakyat lokal menceritakan bahwa tempat berburu kesukaannya adalah kelokan sungai.

Deskripsi Mokèlé-mbèmbé sangat banyak. Beberapa legenda menyebutkannya memiliki tubuh seperti gajah dengan leher panjang, ekor dan kepala kecil, berwarna coklat abu-abu, sebuah deskripsi yang dianggap menyerupai hewan Sauropoda yang telah punah, Sementara yang lain menggambarkannya menyerupai gajah, badak, dan hewan-hewan awam lain. Masyarakat dari desa Boha, lebih menganggapnya sebagai mahkluk tak berwujud daripada mahkluk hidup.


-dipi-
 
Bls: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

kalau Genderuwo itu masuk list di room ini gak? soalnya banyak mitos mengatakan bahwa anak-anak dianjurkan untuk tidak bermain di waktu petang karena makhluk yang dikenal besar dan berbulu ini suma menculik anak-anak..

pleaseeeeeee aku mau tauu
 
Bls: [Legenda] Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Kumiho

220px-NineTailsFox.JPG

Kumiho (berarti "rubah berekor sembilan") adalah makhluk yang muncul pada cerita rakyat dan legenda Korea. Menurut cerita tersebut, rubah yang hidup ribuan tahun berubah menjadi kumiho, seperti kitsune Jepang dan huli jing Tiongkok. Makhluk ini dapat dengan mudah berubah menjadi wanita cantik. Terdapat beberapa cerita yang didalamnya terdapat kumiho.


-dipi-


Hehehe kalau dalam serial Anime, rubah berekor sembilan ini lebih dikenal dengan nama NARUTO thanks infonya kak, lagi-lagi dapet ilmu @-->
 
Bls: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

ada gambarnya yang gagal dimuat akibat kepelitan dari source, jadi:
Liza is God



terlepas dari gambar itu, artikelnya keren deh non dipi! =b=
 
Bls: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

ada gambarnya yang gagal dimuat akibat kepelitan dari source, jadi:
Liza is God



terlepas dari gambar itu, artikelnya keren deh non dipi! =b=

Oh iya...:))

Udah diganti Mas...:D


-dipi-
 
Bls: Makhluk-Makhluk Dalam Legenda & Mitos

Monster Frankenstein

karloffborisfrankensteikb4.jpg

Monster Frankenstein adalah karakter fiksi yang pertama kali muncul dalam novel Mary Shelley, yang berjudul Frankenstein atau The Modern Prometheus. Dalam novel makhluk tersebut tidak memiliki nama-sebagai sebuah simbol tidak memiliki orang tua dan kurangnya rasa kemanusiaan dari dirinya sendiri dan identitas. Ia selalu memanggil dirinya sendiri ketika berbicara kepada penciptanya yaitu Victor Frankenstein, the Adam of your labours. Didalam novel, ia dijuluki sebagai creature, fiend, the dæmon, wretch, devil, thing, being dan ogre.


-dipi-
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top