Puting Beliung dan La Nina Ancam Pelayaran Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Puting Beliung dan La Nina Ancam Pelayaran

Angin yang berhembus bisa tiba-tiba menjadi kencang. “Ini bukan menakut-nakuti."



Administrator Pelabuhan (Adpel) Utama Tanjung Perak Surabaya meminta semua pelaku pelayaran waspada dan menunda pelayaran jika cuaca tidak menentu.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) yang meminta kewaspadaan kepada pelaku pelayaran agar menunda pelayaran jika mendapati cuaca tidak menentu.

“Pak Narjo [Soenarjo, Dirjen Hubla] telah mengeluarkan edaran kepada seluruh perusahaan jasa pelayaran dan Adpel di seluruh Indonesia agar waspada terhadap kondisi cuaca akhir-akhir ini,” kata Humas Adpel Tanjung Perak, Wahid, Senin 4 Oktober 2010 .

Surat edaran tersebut di antaranya ditujukan kepada nakhoda kapal agar berlindung ke pulau terdekat jika tiba-tiba cuaca berubah ekstrem. Selain itu, nakhoda harus saling memberikan informasi terkait cuaca yang sedang terjadi dalam pelayaran, termasuk Syahbandar dan Adpel setempat.

“Kami diberi kewenangan untuk menunda dulu pelayaran hingga cuaca memungkinkan dan aman untuk berlayar. Jadi, pada saat kapal akan belayar, Syahbandar dan jasa pelayaran harus memperhatikan masalah ini dan menunggu informasi dari BMKG terkait perubahan cuaca,” terangnya.

Juga diingatkan, untuk kapal penumpang jasa pelayaran harus memperhatikan sarana dan prasarana keselamatan dan keamanan penumpang. Di antaranya, penyediaan sekoci yang harus disesuaikan dengan jumlah penumpang serta mengecek ulang piranti komunikasi.

“Dengan kesiapan peralatan komunikasi yang baik, kami akan bisa mengawasi dan mengarahkan posisi pelayaran dari terjangan cuaca buruk,” katanya.

Diprediksi, sampai dengan akhir bulan ini suhu di perairan Indonesia cenderung hangat dibanding suhu di kawasan sepanjang pasifik- khatulistiwa. Kemungkinan besar, kondisi angin juga berubah dan tidak menentu yang mengakibatkan adanya iklim cuaca La Nina.

Prakiraan cuaca ini, menurut Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, bisa secara tiba-tiba angin yang berhembus menjadi kencang. Selain itu, besar kemungkinan timbulnya awan Culumonimbus (CB) akan memicu kecepatan angin lebih kencang dan tidak terkontrol.

“Ini bukan menakut-nakuti, tapi memang prakiraan yang kami observasi kecenderungannya memicu munculnya angin puting beliung dan La Nina,” tukas Effendi dihubungi terkait imbauan penundaan pelayaran bagi kapal-kapal yang hendak berlayar.

Dijelaskannya, arah angin yang variabel atau berubah-ubah kecepatannya itu dengan cepat menjadi kencang dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama. Bahkan, fenomena angin kencang ini, tutur Effrendi, lebih diakibatkan oleh adanya La Nina.

“Suhu di perairan Indonesia lebih hangat dibandingkan dengan suhu di pasifik equator. Jadi angin pasifik bergerak menuju ke Indonesia sehingga menyebabkan tumbunya awan CB dan memicu kecepatan angin,” ujar lelaki berkacamata ini.

Effendi juga memprediksi, kecenderungan angin berhembus kencang diselingi gelombang tinggi akan terjadi di Laut Jawa, Laut Flores dan Samudera Indonesia bagian selatan Jawa Timur.
di Laut Jawa ketinggian gelombang bisa mencapai antara 1 – 3,5 meter. Sementara di Laut Flores gelombangnya bisa mencapai 1,5 – 4 meter. Dan, angin kencang yang berhembus bisa mencapai kecepatan antara 10 – 50 km per jam ada di kawasan Samudera Indonesia bagian selatan Jatim.



vivanews
mojave
Mod

Post: 51.344
 
Reputasi: 1181

d-net:

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Puting Beliung dan La Nina Ancam Pelayaran

cuaca yang ekstream
rizalolo
Mod

Post: 45.525
 
Reputasi: 261

__________________
Pangeran kegelapan

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Korban Puting Beliung Disantuni KalinaMaryadi Politik, Ekonomi & Hukum 1
Puting Beliung Hajar Glenmore KalinaMaryadi Politik, Ekonomi & Hukum 0
Puting Beliung Sepanjang 2007 gupy15 Politik, Ekonomi & Hukum 3


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.