Science Corner: Tempat Bertanya Tentang Dunia Science
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan alam~

suatu komunitas (community) adalah sekelompok populasi dari berbagai jenis di sauatu daerah tertentu. komunitas dapat mencangkup semua populasi di daerah tersebut, semua tumuhan, hewan dan jasad renik, atau mungkin didefinisikan lebih sempit lagi sebagai suatu kelompok tertentu, seperti komunitas paku atau komunitas burung pemakan biji di daerah itu. Mengapa komunitas ini memperlihatkan keanekaragaman yang khas???

Keanekaragaman adalah gabungan antara jumlah jenis dan jumlah individu masing-masing jenis dalam suatu komunitas. Pertanyaan penting lain adalah " mengapa suatu komunitas tertentu berada pada suatu lokasi tertentu??. Jawabannya harus dicari pada pengaruh-pengaruh lingkungan abiotik, bagamana interaksi komunitas-komunitas, dan bagaimana berubahnya komunitas dari waktu ke waktu. Suatu butir penting yang muncul dari biologi evolusi adalah bahwa komunitas-komunitas itu merupakan kelompok yang jauh lebih longgar daripada populasi, dan bahwa jawaban-jawaban mengenai masalah-masalah pada tingkat komunitas harus dicari juga dari sejarah evolusi dan penyusun populasi-populasi itu.
dianapple
dianapple dianapple is offline
National Level

Post: 1.093
 
Reputasi: 125

__________________

Recent Blog: untukmu yang tak menyadariku   
       





Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan al

Interaksi antarkomponen ekologi dapatmerupakan interaksi antarorganisme,antarpopulasi, dan antarkomunitas.
A. Interaksi antar organisme
Semua makhluk hidup selalu bergantung kepada makhluk hidup yang lain. Tiap individu akan selalu berhubungan dengan individu lain yang sejenis atau lain jenis, baik individu dalam satu populasinya atau individu-individu dari populasi lain. Interaksi demikian banyak kita lihat di sekitar kita.
Interaksi antar organisme dalam komunitas ada yang sangat erat dan ada yang kurang erat. Interaksi antarorganisme dapat dikategorikan sebagai berikut.
a. Netral
Hubungan tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak, disebut netral. Contohnya : antara capung dan sapi.
b. Predasi
Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh : Singa dengan mangsanya, yaitu kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus.
c. Parasitisme
Parasitisme adalah hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnya sehingga bersifat merugikan inangnya.
contoh : Plasmodium dengan manusia, Taeniasaginata dengan sapi, dan benalu dengan pohon inang.
d. Komensalisme
Komensalisme merupakan hubunganantara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan; salah satu spesies diuntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan. Contohnya anggrek dengan pohon yang ditumpanginya.
e. Mutualisme
Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh, bakteri Rhizobium yang hidup pada bintil akar kacang-kacangan.
B. Interaksi Antarpopulasi
Antara populasi yang satu dengan populasi lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung dalam komunitasnya.Contoh interaksi antarpopulasi adalah sebagai berikut.
Alelopati merupakan interaksi antarpopulasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi tumbuhnya populasi lain. Contohnya, di sekitar pohon walnut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Pada mikroorganisme istilah alelopati dikenal sebagai anabiosa.Contoh, jamur Penicillium sp. dapat menghasilkan antibiotika yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.
Kompetisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh, persaingan antara populasi kambing dengan populasi sapi di padang rumput.
C. Interaksi Antar Komunitas
Komunitas adalah kumpulan populasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan saling berinteraksi. Contoh komunitas, misalnya komunitas sawah dan sungai. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme, misalnya padi, belalang, burung, ular, dan gulma. Komunitas sungai terdiri dari ikan, ganggang, zooplankton, fitoplankton, dan dekomposer. Antara komunitas sungai dan sawah terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah dan peredaran organisme hidup dari kedua komunitas tersebut.
Interaksi antarkomunitas cukup komplek karena tidak hanya melibatkan organisme, tapi juga aliran energi dan makanan. Interaksi antarkomunitas dapat kita amati, misalnya pada daur karbon. Daur karbon melibatkan ekosistem yang berbeda misalnya laut dan darat.
D. Interaksi Antarkomponen Biotik dengan Abiotik
Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubunganantara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi.
Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem dapat mempertahankan keseimbangannya. Pengaturan untuk menjamin terjadinya keseimbangan ini merupakan ciri khas suatu ekosistem. Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka akan mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru.
dianapple
dianapple dianapple is offline
National Level

Post: 1.093
 
Reputasi: 125

__________________

Recent Blog: untukmu yang tak menyadariku   





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan al

ikutan ya..

Kenapa nyala api gas yang setelannya baik, selain panas, juga berwarna biru? kenapa bukan warna lain?

Ini berhubungan dengan kenyataan bahwa atom atom dan molekul-molekul yang terpanaskan dalam sebuah nyala dapat menyerap sebagian energi panas dan selanjutnya energi itu terpancar lagi berupa cahaya.
Setiap zat memiliki panjang gelombang atau warna cahaya masing masing yang khas dan terpancar akibat rangsangan oleh panas. (Dalam bahasa ilmiah: setiap zat mempunyai spektrum emisi masing-masing yang unik) Gas propana atau gas metana pada kompor gas dan gas asetilena pada alat las secara umum sangat mirip; semua tergolong hidrokarbon- senyawa-senyawa karbon dan hidrogen. Kebetulan molekul-molekul hidrokarbon memancarkan sebagian besar energi mereka dalam bentuk cahaya dengan panjang gelombang dalam spektrum biru dan hijau. Atom-atom dan molekul-molekul jenis lain, jika teruapkan dan terbakar, akan menghasilkan warna nyala masing-masing. Itu sebabnya kembang api dapat menghasilkan nyala yang warna warni.

sumber : Einstein aja gak tau ! Robert L. Wolke. Gramedia Pustaka Utama. 2003
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan al

kenapa terjadi nya penampakan ufo?
kenapa sering terjadi penampakan ufo dilangit malam pada waktu langit cerah?
karena pada saat itu kendaraan ufo dalam keadaan stabil sedang kan bumi
dalam keadaan hampa yang bisa menyebabkan perubahan ruang dan waktu
di di mensi berbeda
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan al

emang ufo itu ada ya?
achillez
achillez achillez is offline
National Level

Post: 647
 
Reputasi: 0

__________________
Gladiarnet







Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan al

banyak..
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan alam~

udah pernah liad ufo???
penasaran klo emg bener ada....
dianapple
dianapple dianapple is offline
National Level

Post: 1.093
 
Reputasi: 125

__________________

Recent Blog: untukmu yang tak menyadariku   





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan alam~

Kutip:
Oleh dianapple View Post
udah pernah liad ufo???
penasaran klo emg bener ada....
kalau kak lolo udah pernah dik

waktu kakak masih smp pada tahun 2000
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

dianapple: nice to meet you kak rizalolo... :)
__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan alam~

Kutip:
Oleh rizalolo View Post
kalau kak lolo udah pernah dik

waktu kakak masih smp pada tahun 2000
itu kk liadnya jelas yah? bentuknya gmn???
aku udh sering kak liad yg gitu...
pas masih kecil pernah, trus pas smp, sma... trus skrg dah jarang liad...
yg ada mah kmrn liad santet...
ada api melayang'' pas lepas maghrib...
dianapple
dianapple dianapple is offline
National Level

Post: 1.093
 
Reputasi: 125

__________________

Recent Blog: untukmu yang tak menyadariku   





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: pertanyaan demi pertanyaan dan penjelasan ttg ilmu pengetahuan alam~

Kutip:
Oleh dianapple View Post
itu kk liadnya jelas yah? bentuknya gmn???
aku udh sering kak liad yg gitu...
pas masih kecil pernah, trus pas smp, sma... trus skrg dah jarang liad...
yg ada mah kmrn liad santet...
ada api melayang'' pas lepas maghrib...

kakak melihat nya sangat jelas sekali dik,ufo nya berkerlap kerlip sinar lampu nya
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Dunia Science Itu Menyenangkan. Dipi76 Science & Penemuan 11
Cinta Vs Science Megha Science & Penemuan 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.