Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?



Sejak kita kecil kita pasti mengeluhkan rasa makanan yang tidak enak saat menyantap makanan, bahkan kerap kita mengeluhkan bahwa makananapapun yang kita makan akan berubah rasanya menjadi pahit seperti jamu hemm kira-kira apa sih penyebabnya??



Saat badan kurang sehat, seringkali semua makanan terasa pahit. Makanan yang manis sekalipun, rasanya menjadi sepahit jamu sehingga selera makan berkurang.

Sensasi pahit di lidah biasanya tidak hadir sendirian. Gejala tersebut selalu hadir menyertai kondisi lain yakni mulut kering dan napas tidak sedap.

Untuk diketahui, makanan perlu dilarutkan dengan liur agar bisa dirasakan oleh lidah. Karena itu jika mulut sedang kering, kemampuan lidah untuk mengecap rasa juga akan berkurang.

Dikutip dari The Breath, Rabu (5/5/2010), mulut kering umumnya disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur karena berbagai hal. Liur sedikit artinya oksigen juga berkurang, sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob.

Bakteri-bakteri tersebut memproduksi gas sulfur dalam jumlah besar dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bakteri itu sendiri juga bisa menyebabkan sensasi pahit di lidah.

Beberapa orang memiliki lidah dengan permukaan lebih kasar, sehingga lebih rentan ditumbuhi bakteri. Karena papila atau tonjolan-tonjolan di lidah lebih besar, sekilas lidahnya tampak lebih putih dan berbulu.

Menurut Dr. Rob Danoff dari Frankford Hospitals, dikutip dari MSN, Rabu (5/5/2010), kemampuan lidah dalam mengecap juga erat kaitannya dengan kemampuan hidung dalam mencium bau.

Lidah pahit ini biasa terjadi saat seseorang mengalami flu, demam, sinusitis, infeksi hidung, polip, maupun rhinitis alergi. Meskipun lidahnya berfungsi dengan baik, kemampuan mengecap rasa akan bermasalah karena hidung tidak bisa mencium bau dengan baik.

Masih menurut Dr. Rob, faktor-faktor lain yang menyebabkan lidah pahit antara lain:


1. Obat-obatan (anti-tiroid, sediaan seng, antibiotik, obat-obat syaraf, dll)
2. Radiasi dan obat-obat kemoterapi
3. Penuaan (fungsi pengecapan dan penciuman menurun)
4. Kondisi medis (Bell's Palsy, Parkinson, Diabetes, GERD, dll)
5. Cedera pada mulut, hidung atau kepala
6. Kebersihan mulut yang tidak terjaga
7. Infeksi jamur pada lidah atau area mulut
8. Kanker di kepala atau leher


Sedangkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mulut kering seperti dikutip dari The Breath antara lain sebagai berikut:


1. Hindari produk-produk yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (terdapat di beberapa jenis shampoo, detergen dan pasta gigi)
2. Kurangi jus beraroma sitrus (tomat, jeruk, dll)
3. Hindari kopi dan rokok
4. Gunakan obat kumur selama 90 detik/hari
5. Minum air putih 8 gelas/hari
6. Rajin mengkonsumsi vitamin C setiap hari.


Detik.com
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

oh ternyata seperti itu alasannya
Village Level

Post: 74
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

Alhamdulillah karena kita diberi rasa yang sehat tanpa kekurangan, paling kurang yang laen... mobil, rumah mewah dl....
agusaricahyadi
Village Level

Post: 27
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

Kutip:
Sedangkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mulut kering seperti dikutip dari The Breath antara lain sebagai berikut:
1. Hindari produk-produk yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (terdapat di beberapa jenis shampoo, detergen dan pasta gigi)
2. Kurangi jus beraroma sitrus (tomat, jeruk, dll)
3. Hindari kopi dan rokok
4. Gunakan obat kumur selama 90 detik/hari
5. Minum air putih 8 gelas/hari
6. Rajin mengkonsumsi vitamin C setiap hari.
No 1 : kya'a gak pernah pakai,, dan gak tahu juga,,

no 2 : kalau dulu sering minuman2 seperti itu tapi sekrang gak pernah,, eh gha kalau minuman di warung seperti ale-ale,,dsb itu termasuk gha yah,,, soalnya aku masih sering minum tuh kadang2,,

no 3 : nah ini dia yang susah di hindari,, apalgi sekarang aku kerja malam kya'a gak bisa deh kalau tanpa ngopi,, kalau kata "khalil ghibran" bagaikan malam tanpa bintang,, hwaaahh,, terus rokok hadddddddeeeehh,, nyerah deh kalau yang ini gw...

no 4 : gak pernah,,

No 5 : sering gha,, malahan 20 gelas x perhari,, makanya aku sering bangets ke toilet,, Beseeeeerr hwhahahh

No 6 : Gak pernah,, paling makan buah-buahan atau yang lain'a...

Selama ini aku masih ngerasa lidahku baik2 aja,,
dari cara yang di atas aku jalanin,, ( belum aja x yah,, jangan deh,,)
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

waaaahh Hulk, lidahmu kebal sekali yah
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

Sodium Lauryl Sulfate itu detergen, jadi ada di semua sabun cuci yang berbusa atau pasta gigi yang berbusa. Tapi ada pasta gigi yang nggak mengandung SLS, seperti yang gw pakai, merknya Enzim.

Promosi nggak sih??

depe_3rd
National Level

Post: 1.334
 
Reputasi: 262

__________________
Berani Sumpah!!
Gw itu lucu!!!





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

@depe
Ak juga pk enzim tuh


nice info
Repu buat TS non megha
mojave
Mod

Post: 51.329
 
Reputasi: 1180






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit?

hehe ternyata begitu tah rahasianya
City Level

Post: 219
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mengapa gigitan Nyamuk Terasa Gatal? Megha Kesehatan 1
Mengapa Jangan Minum Teh Saat Sahur mojave Islam 13
Alasan Mengapa Wanita Merasa Sakit Saat Melahirkan galels Humor 1
Saat Dada Terasa Perih Irawansaja Kesehatan 5
Saat hidup terasa tidak menarik EsterAntonia Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 6


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.