Evakuasi 33 Penambang Chili

d-net

Mod
Suasana Emosional Warnai Evakuasi Penambang Terakhir

pineraafpd.jpg

Copiapo detiknews - Ke-33 penambang di Chili yang terkubur di perut bumi penambangan San Jose akhirnya bisa diangkat semua. Pemimpin penambang Luis Urzua menjadi penambang terakhir yang diangkat dengan selamat.

Detik-detik menantikan Urzua di atas perut bumi dengan kapsul 'Phoenix' itu sangat menegangkan sekaligus membahagiakan. Dari siaran langsung CNN, Kamis (14/10/2010) Presiden Chili Sebastian Pinera tampak terharu dan tak henti tersenyum menantikan kapsul 'Phoenix' itu.

Begitu kapsul 'Phoenix' muncul dan pintunya dibuka, sontak para penyelamat dan orang-orang yang berada di lokasi bersorak, termasuk Pinera. Sirene pun dibunyikan, tepat pada pukul 08.00 WIB. Evakuasi berlangsung 22 jam 37 menit seperti stopwatch yang dipasang CNN.

Urzua yang mengenakan kaca mata hitam pun keluar dan langsung berpelukan dengan Pinera dan beberapa kerabatnya. Pinera berkata kepada Urzua yang menjadi supervisor shift dari kelompok ini, dan membuat keputusan menyelamatkan kelompoknya pada hari pertama tambang runtuh.

"Kamu telah menjadi bos dan pemimpin yang baik dari kelompok ini," ujar Pinera dengan mata berkaca-kaca dan bersalaman dengan Urzua.

Pinera menambahkan dia bangga bahwa Urzua yang berhasil memenuhi tugasnya, tak lupa Pinera juga menyatakan rasa bangganya kepada para penambang.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya berdoa bahwa ini tidak terjadi lagi. Terima kasih kepada para penyelamat dan setiap orang yang datang ke sini," jawab Urzua.

Mereka kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Chili dan mereka berpelukan satu sama lain.
 
patut d acunging jempol tuh presidennya yg turun tangan langsung mengupayakan d keluarkannya k 33 penambang tanpa membedakan status sosial
 
Back
Top