Penyembuhan Psoriasis Secara Alami Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Oleh: Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APU


Psoriasis adalah nama penyakit kulit berasal dari bahasa Yunani yakni Psora yang artinya gatal. Namun tidak selalu kalau kegatalan itu harus bersamaan dengan psoriasis. Sebaliknya eksema biasanya selalu disertai gatal.


Apa itu psoriasis? Secara singkat, siklus pergantian lapisan kulit normal itu, biasa terjadi setiap 28 hari atau sebulan sekali. Namun pada psoriasis, proses pergantian kulit dipercepat antara 3-4 hari sekali.

Tipe Psoriasis Yang Sering Ditemukan

* Bentuk vulgaris (Bentuk plak)
* Bentuk bentik bintik (Guttate)
* Bentuk Pada Bagian Lipetan (Flexura)
* Bentuk Menyebar luas atau Eritroderma (Seluruh kulit)
* Bentuk gelembung bernanah (Pustula))
* Bentuk Mengelupas (Exfoliative)
* Psoriasis Sendi (psoriasis yang diserta redang sendi)



Psoriasis itu penyakit tidak menular, hanya menyebabkan si penderita tidak nyaman, apalagi kalau sedang kumat, hingga pergaluan sosialnya bisa terganggu.



Data Statistik

Psoriasis bisa terjadi pada semua individu, tidak ada hubungan dengan jenis kelamin, etnik, warna kulit atau bangsa.
Penyakit ini bisa timbul kapan saja, dari bayi (jarang) sampai orang lanjut usia. Namun puncak umur rata rata adalah antara 15 dan 25 tahun. Kulit gelap lebih jarang kena psoriasis daripada kulit pucat atau putih. Secara statistik diperkirakan sekitar 2 % pendudk dunia bisa terjangkit psoriasis.


Mekanisme Terjadinya Psoriasis
Biasanya didahului dengan semacam luka memar atau benturan di salah satu bagian kulit tubuh, setelah kejadian itu, bagian yang kena trauma itu tidak kunjung sembuh. Bahkan sebaliknya makin memburuk dan mulai menyebar. Kemudian ada lagi luka memar di bagian kulit lain. Luka luka itu bisa tetap kecil dan menghilang atau sebaliknya melebar dan meluas. Setelah berjalan beberapa lama biasanya penyakit ini meluas, hingga orang itu mencari pengobatan.
Pada ibu sedang hamil, nampaknya penyakit ini seperti sembuh dan menghilang. Namun setelah melahirkan psoriaisisnya kembali kambuh lagi.


Apakah Seorang Penderita Psoriasis Itu Sehat?
Kebanyakan dokter menganggap psoriasis itu adalah hanya masalah pada bagian lapis kulit saja. Padahal itu tidak benar sama sekali. Perubahan pada bagian kulit hanya sebagai tanda awal permulaan dari suatu penyakit, Jadi penderita psoriasis itu sebetulnya bukanlah seorang yang sehat badani. Karena di bagian dalam tubuh ada yang tidak beres kerja dan fungsinya.


Terapi Yang Tersedia Sekarang
Cara pengobatan psoriasis sejak dulu sampai sekarang sangat banyak variasinya umpamanya seperti dengan obat luar, obat sistemik atau keduanya sekaligus. Fotokemoterapi seperti kombinasi antara obat dan disinar ultraviolet. Hasilnya sangat bervariasi, ada yang merasakan secara dramatis, akan tetapi ada pula yang merasakan seperti mendapat malapetaka. Seperti juga pada pengobatan penyakit lain ada yang sembuh ada pula yang tidak cocok.
Cara pengobatan ortodoks, biasanya menggunakan pengolesan obat luar, seperti salf, krim, dan lotion, tetapi teknik pelaksanaan bisa berbeda beda dari mulai dengan mandi ter (tar). Sampai fotokemoterapi. Dengan menggunaka senar lesser. Sekali lagi hasilnya tidak selalu konsisten dari berhasil sampai gagal dan tidak ada gunanya.
Zalf campuran steroid dan flourin, injeksi steroid, dan glukokortikosteroid sering juga digunakan, namun harus diawasi dan dipantau oleh dokter dengan ketat, sebab sering mengakibatkan efek samping yang buruk.
Haemodialisa cara untuk mencuci darah pada penderita gagal ginjal sudah pernah dicoba, tetapi dalam jangka panjang belum diketahui manfaatnya.
Aromatik Retinoid adalah obat seperti vitamin A. Pernah dicoba, hasilnya pada kondisi psoriasis yang parah kadang sangat mujarap sekali. Namun demikian cara pengobatan harus hati hati, karena jika menggunakan dosis tinggi, bisa menyebabkan radang pada bibir, rambut rontok, kekeringan pada mata ,mulut dan kulit.
Sinar Ultraviolet tipe A (UVA) bukan cara yang baik untuk menghilangkan psoriasis. Sebab jika terlalu berlebihan cara pakainya bisa menyebabkan efek samping muskil. Kalau juga mau menggunakan harus dilakukan dibawah pengawasan dokter atau di rumah sakit.
Sinar ultraviolet Tipe B (UVB) adalah yang paling banyak dipakai dan sudah digunakan lebih dari 50 tahun yang lalu. Penderita harus bisa bertoleransi terhadap sinar ini, hingga harus dimulai dengan dosis kecil dulu dan lambat laun dinaikan sampai dosis maksimun, dari mulai hanya beberapa detik terus dinaikan secara palahan lahan. Sebetulnya efek ultraviolet B ini sama dengan kalau anda berjemur dibawah sinar matahari saja. Sinar ini tidak menembus sampai di bawah kulit.
Methatrexate (MTX) adalah obat untuk kanker. Biasanya diminum pada penderita yang sangat muskil. Hati hati karena obat ini racun terhadap hati, maka harus dipantau terus agar fungsi hatinya tidak terganggu atau rusak.
Etretinate (Tergison) adalah obat yang relatif baru (1986). Ia adalah derivat dari Vitamin A. Bisa diminum sendriri atau dikombinasi dengan sinar ultraviolet. Hal ini dilakukan pada penderita yang sudah bandel dengan obat obat lainnya yang terdahulu.
Activated Vitamin D Cream adalah penemuan terakhir (1999) dan menurut DR. Micheal Holick, Direktur Klinik Pusat Reset di fakultas kedokteran, Boston University,banyak penderita psoriasis mengalami penyembuhan yang luar bisa. Mudah-mudah obat ini akan disetujui oleh DIRJEN POM Amerika dalam waktu dekat.
Pengobatan dengan cara merendam dalam air Laut Mati di Israeli. Air laut ini jenuh dengan garam dan tidak satu makluk yang bisa hidup dalam air ini. Juga bisa menyebuhkan Psoriasis, sakit radang sendi dan rheumatiks, hanya saja harus tinggal lama di Isreal dan makan biaya besar.
Ada Cara Lain Untuk Psoriasis ?
Ya, Dr. John O.A. Pagano mendapat gagasan dan cara baru mengobati psoriasis. Ia memandang psoriasis bukan sebagai masalah penyakit kulit saja, tetapi menurutnya hal ini disebabkan karena ada sesuatu fungsi organ tubuh dalam yang tidak beres. Jadi pengobatannya bukan pada permukaan kulit, melainkan harus dimulai dari dalam yaitu dengan cara alternatif lain. DR. Pagano menemukan bahwa penyebab psoriasis adalah akibat penyerapan racun dan toksin melalui dinding usus yang "menipis dan bocor". Jikalau kelainan pada dinding usus ini bisa diperbaiki dan tidak bocor lagi, maka tidak ada lagi racun dan toksin terserap kedalam tubuh dan merusak lapisan kulit.
Adakah Terapi Herbal Untuk Psoriasis ?
Ada, beberapa bulan yang lalu dalam majalah Trubus pernah dimuat, bahwa ada beberapa orang yang berhasil diterapi dnegan menggunakan tanaman obat yaitu dengan kapsul dan simplisia buah mahkota dewa. Disamping itu menurut Pakar pengobatan dari Yogyakarta Pegagan (Centela Asiatica) juga bisa membantu meringankan penyakit Psioriasis. Namun dalam pengobatannya perlu dikombinasikan dengan Sambiloto ataupun Meniran sebagai antibiotika alami.
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

saya penderita psoriasis ketika dirawat di R.sakit karena liver dan selama 2 minggu diberikan beberapa obat liver seperti lamivudin.dll.ternyata kulit saya bener -benar bersih dari psoriasis...Saya tdk tahu apa karena lamivudin atau obat lain atau karena tinggal diruang ber AC sehingga kuli saya bersih..
Tapi setelah beberapa bualan keluar dari Rs eh psoriasis kambuh lagi...nasib..
semoga aku bisa sabar atas semua cobaan ini..amien..
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Bernama.com
--------------------------------------------------------------------------------
Am 21 Disember, 2006 19:02 PM
Krim Halia Ciptaan UKM Mampu Sembuh Penyakit Kulit Psoriasis




BANGI, 21 Dis (Bernama) -- Sejenis krim halia, produk penyelidikan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), yang dihasilkan dari sejenis sebatian aktif dari pokok halia terbukti dapat menyembuh penyakit kulit "psoriasis".

Pensyarah Pusat Pengajian Biosains dan Bioteknologi, Fakulti Sains dan Teknologi UKM, Prof Dr Azimahtol Hawariah Lope Pihie yang mengetuai penyelidikan itu berkata krim itu dinamakan Psorcare terbukti berkesan setelah diuji pada 250 pesakit psoriasis.

Katanya, pihaknya kini menerima tempahan daripada pelanggan luar negara termasuk Switzerland, France, England dan Kuwait.

"Krim ini diperbuat daripada sejenis keluarga halia yang dipanggil halia hutan dan ianya anti gatal, anti fungus, anti bakteria dan anti melanin," kata Hawariah pada sidang akhbar di sini hari Khamis.

Katanya, psoriasis yang berpunca dari kegagalan fungsi sel darah putih yang menyebabkan inflamasi dan gerak balas keradangan pada kulit mengakibatkan proliferasi sel hingga berlaku pertumbuhan kulit bersisik dan kemerahan pada keseluruhan tubuh pesakit.

Hawariah berkata krim itu, yang diproses di sebuah kilang di Bandar Baru Bangi dengan bahan utamanya, halia, yang ditanam di tanah seluas 20 hektar di Banting, akan bertindak membunuh sel-sel psoriasis yang rancak membahagi di samping menggalakkan pertumbuhan normal sel-sel berkenaan.

Beliau berkata kadar penyembuhan seseorang pesakit bergantung kepada luas jangkitan psoriasis.

"Sekiranya ia menjangkiti seluruh badan, tempoh antara satu hingga dua bulan diperlukan untuk sembuh, manakala jika hanya berlaku di bahagian kecil seperti di tangan, ia hanya mengambil masa dua minggu," katanya.

"Sebanyak 99 peratus daripada pesakit yang menggunakan krim ini sembuh. Pesakit datang berjumpa saya di rumah untuk mencuba krim ini dan pada mulanya mereka tidak yakin dengan produk ini. Tetapi selepas menggunakannya, barulah mereka percaya," kata Hawariah sambil menunjukkan beberapa contoh testimoni pesakit yang telah menggunakan krim itu.

Beliau berkata krim Psorcare, yang mendapat sokongan daripada pakar perubatan kulit, boleh digunakan bersama krim lain yang dibeli di farmasi dan klinik kerana ianya tidak mendatangkan kesan sampingan.

Krim itu boleh didapati di pejabat fakulti itu di nombor telefon 03-89213183 dengan harga RM40 sekotak.

-- BERNAMA



Copyright 2007 BERNAMA. All rights reserved.
This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed in any form except with the prior written permission of BERNAMA. Disclaimer.
Best viewed in Internet Explorer 4.0 & above with 800 x 600 pixels
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

krim psorcare tersebut hanya ada di malaysia ya?
ada yang tau dimana bisa dapat itu cream di indonesia?
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Saya adalah penderita psoriasis menahun, banyak obat-obat yang telah saya pakai baik oral, maupun krim, serta dokter kilit (dermatology) sudah bergantian dari yang ada di Bandung, Tasik, dan Cirebon, namun hasilnya NIHIL. Saya sendiri bingung dan heran setiap konsultasi dokter mengatakan sangat sulit disembuhkan namun hanya bisa diminimalisasi, saya coba ke alternatif dari Depok, Bandung malah biaya yang dikeluarkan sangat besar hasil masih NOL. Tapi mungkin Tuhan memberi jalan ternyata saya dapat informasi ada di Tasik seorang alternatif yang khusus mengobati segala macam penyakit kulit, Alhamdulillah 95 % sembuh, pengobatan dengan cara alami berbentuk dari rempah2 dan minyak tanah. tapi sekarang masih ada tinggal sedikit lagi hanya 5% sisa di kaki, kelamin, dan sikut. ok, saya tertarik mencoba krim psorcare bisa didapat dmn? saya tinggal di Bandung
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Dik saya juga punya anak yang mengalami sakit psoriasis seperti adik udah lama kami berobat kemana saja hingga 3 th lamanya anak saya psoriasisnya kadang sembuh kadang kumat dan kami juga pernah mencoba obat alternatif belum juga ada hasil udah banyak biaya yang kami keluarkan dengan surat ini mungkin adik bisa memberikan informasi harus berobat kemanakah anakku ini.

Hari Gresik
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Saya juga penderita psoriasis, sudah lama, pertama kali muncul saat kuliah sekarang umur saya sudah hampir 40 tahun. Sudah capek berobat kesana kemari dari dokter di Jkt sampai pengobatan herbal di London. Saya tertarik sekali dengan psorcare. Tolong dishare informasi dimana bisa didapat yach...
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

Terima kasih ats infonya.daerah tasiknya dimana?
Wass.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

adik saya sudah menderita penyakit ini lebih dari 3 tahun, sekarang sudah hampir seluruh badan (10% wajah sudah mulai).
saya mencoba menghubungi tempat penjualan cream (no telp diatas) tapi kenapa tidak bisa juga, apakah ada no lain??
kami sangat memohon bantuannya.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Penyembuhan Psoriasis Secara Alami

saya penderita psoriasis sudah sejak lama, kata orang tua sih sejak masih bayi. saya pernah berobat ke dokter kulit secara reguler karena ingin sembuh total memang ketika saya memakai obat-obatan itu terlihat ada perubahan pada kulit saya, tapi ketika dihentikan pengobatan penyakit ini kambuh lagi ...... saya bingung dengan penyakit ini. Dokter pu tidak memberi solusi, malah berkata penyakit ini tidak akan sembuh secara total alias sembuh-kambuh
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mencegah kerontokan rambut secara alami nurcahyo Kesehatan 5
Psoriasis meningkatkan risiko MCI nurcahyo Kesehatan 1
Psoriasis nurcahyo Kesehatan 3
Mencegah kerontokan rambut secara alami nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.