Mitologi Nordik Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Mitologi Nordik




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Mitos] Mitologi Nordik



Mitologi Nordik merupakan kepercayaan masyarakat Eropa utara (negara Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia) sebelum kedatangan agama Kristen. Kepercayaan dan legenda ini menyebar ke negara-negara Eropa utara lain, termasuk Islandia yang memiliki sumber-sumber mitologi tersebut.

Mitologi tersebut merupakan kumpulan dari kepercayaan kuno orang-orang Eropa utara yang berisi kisah-kisah tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos lainnya yang ditulis berbentuk puisi atau prosa dan terangkum dalam Edda. Mitologi tersebut ditulis sebelum dan setelah kedatangan agama Kristen di Eropa utara.

Dalam cerita rakyat Skandinavia, mitologi tersebut masih bertahan, dan di daerah pedesaan, tradisi-tradisi kuno tersebut masih tampak sampai sekarang. Mitologi tersebut juga memberi pengaruh dan inspirasi dalam kesusastraan zaman sekarang.

Sumber-Sumber

Mitologi Nordik dituturkan dari mulut ke mulut dan kini sudah banyak ditinggalkan atau hilang. Pada zaman dulu, kisah-kisah tersebut dikumpulkan dan dicatat oleh sarjana-sarjana Kristiani, terutama dalam Edda dan Heimskringla. Edda yang ditulis berbentuk prosa dan syair, isinya menceritakan tentang karakter Dewa-Dewi dan kisah-kisah mitologi. Beberapa Edda itu ditulis oleh Snorri Sturluson, yang merupakan seorang penyair, sastrawan, dan sarjana Kristiani yang menganggap bahwa Dewa-Dewi Nordik lebih mirip manusia daripada dianggap sebagai setan.

Kutip:
Dipi's note:

Snorri Sturluson adalah sejarawan, penyair dan politikus Islandia. Ia dipilih dua kali sebagai kepala parlemen dalam parlemen Islandia, Althing. Ia adalah pengarang Prose Edda, Skaldskaparmal, dan Hattatal. Ia juga merupakan pengarang Heimskringla.
Di samping sumber-sumber tersebut, ada legenda hidup yang berkembang di masyarakat Skandinavia, misalnya beberapa legenda yang muncul dalam kesusastraan Jerman, dan cerita-cerita mitologi di Deor. Ketika beberapa cerita itu bertahan, para ahli bisa mengungkapkan cerita yang belum ditulis. Sebagai tambahan, ada ratusan tempat di Skandinavia yang dinamai setelah Dewa-Dewa mereka.

Ada beberapa peninggalan yang mengungkapkan kisah-kisah dalam mitologi Nordik. Peninggalan-peninggalan tersebut berupa lukisan, arca, dan pahatan.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

 

   






Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Kosmologi

Dalam mitologi Nordik, dikenal adanya sembilan dunia, yang mana sembilan dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil. Dalam mitologi Nordik, pohon Yggdrasil merupakan pusat dunia. Pada cabang-cabang dan akar-akarnya terdapat dunia-dunia yang berbeda, yaitu:
  • Asgard, dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd.
  • Vanaheim, dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa.
  • Alfheim, dunia para elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.
  • Midgard, dunia manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi
  • Jötunheimr, dunia para Jotun atau para raksasa
  • Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan
  • Niddhavellir, dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam
  • Niflheim, dunia bawah tanah yang dingin, rumah para Jotun (raksasa) es, dikuasai oleh Hel, saudara perempuan Loki
  • Muspell atau Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api

Kutip:
Yggdrasil


Dalam mitologi Nordik, Yggdrasil (bahasa Norwegia Kuno: Yggdrasill; lafal: ˈygˌdrasil) adalah pohon kehidupan, pohon raksasa yang sangat besar dan keramat yang menghubungkan sembilan dunia dalam kosmologi Nordik. Kadangkala disebut Mímameiðr atau Lérað. Pada cabangnya terletak Ásgard, Vanaheim, dan Álfheim. Pada batangnya terletak dunia manusia yang bernama Midgard, yang mana Jötunheim (dunia para raksasa) juga berada di sekitarnya, dan di bawahnya terletak Nidhavellir yang juga disebut Svartálfheim. Ketiga akarnya menembus tiga dunia yang bernama Hel, Niflheim, dan Muspelheim, meskipun hanya dunia pertama yang memperoleh mata air Yggdrasil.

Yggdrasil muncul dalam mitologi Ragnarök. Dalam mitologi tersebut, hanya dua manusia yang berhasil menyelamatkan diri dari Ragnarök, bernama Lif dan Lifthrasir, yang berlindung pada cabang Yggdrasil. Dimana mereka hidup dari embun dan dilindungi oleh pohon tersebut.

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Makhluk supernatural

Menurut mitologi Nordik, Ada tiga golongan makhluk yang lebih berkuasa daripada manusia, yaitu: Æsir, Vanir, dan Jotun. Æsir dan Vanir merupakan golongan yang sangat dekat, karena merupakan golongan para Dewa. Æsir dan Vanir bersama-sama menciptakan alam semesta, mengatur kehidupan manusia, meskipun mereka pernah bertarung dengan sesama.

Musuh para Æsir dan Vanir adalah para Jotun atau raksasa (bahasa Inggris kuno: Eontenas atau Entas). Mereka mirip dengan para Titan dan Gigantes dalam mitologi Yunani. Kata Jotun sering diterjemahkan sebagai raksasa, meskipun kata troll atau setan lebih cocok. Para Jotun atau raksasa tidak selamanya jahat. Æsir sebagai golongan para Dewa berselisih dengan Jotun, meskipun para Dewa dan Jotun pernah menjalin hubungan dan saling menikah, seperti Thor menikah dengan Járnsaxa; Odin bersaudara dengan Loki; Hel (setengah Dewi setengah raksasa) bersaudara dengan Loki. Dalam mitologi, Jotun wanita biasanya tidak jahat (seperti dalam kisah, Grid membantu Thor) dan menikahi golongan Dewa (seperti dalam kisah, Thor menikahi Járnsaxa).

Selain Dewa dan raksasa, mitologi Nordik juga menyebutkan adanya monster seperti Jörmungandr (Si ular laut) dan Fenrir (srigala raksasa) yang dapat ditemukan di sekitar Midgard. Dua monster tersebut dikatakan sebagai anak buah Loki, Dewa pencari masalah, seorang keturunan Jotun. Makhluk mitologi yang lain adalah Hugin dan Munin (yang berarti “pikiran” dan “ingatan”), dua gagak yang menjaga Odin.

Kutip:
Æsir

Dalam mitologi Nordik, Æsir (bentuk tunggal: Ás, wanita: Ásynja, wanita-jamak: Ásynjur, Anglo-Saxon Ós, dari bahasa Proto-Jerman Ansuz) adalah Dewa-Dewi pokok dan utama di antara ras Dewa-Dewi dalam phanteon mitologi Nordik. Dewa-Dewi utama tersebut seperti: Odin, Frigg, Baldr, Thor, dan Tyr. Mereka adalah Dewa-Dewi yang sering muncul dalam mitologi Norwegia.

Dewa-Dewi dalam mitologi Nordik adalah makhluk yang hidup abadi, punya kemahakuasaan, wujudnya seperti manusia namun bukan manusia. Beberapa di antaranya berasal dari keturunan raksasa (Jotun). Mereka adalah suatu ras dari makhluk yang lebih berkuasa dari umat manusia. Mereka tidak bisa mengalami penyakit dan tidak terkena dampak usia tua, karena memakan apel dari Idun. Mereka bisa terbunuh dalam pertempuran, namun bisa juga hidup abadi sampai Ragnarok tiba. Kisah-kisah mengenai mereka tertulis di dalam kitab-kitab yang disebut Edda.

Penyembahan kepada para Dewa-Dewi kini tidak begitu penting dan jarang muncul dalam mitologi. Namun Dewa Odin dan Thor sangat penting dan terkenal, baik dalam mitologi maupun pemujaan.

Dalam mitologi Nordik dikenal adanya golongan Æsir dan Vanir. Golongan Æsir adalah Dewa-Dewi utama, seperti yang dipaparkan di atas. Golongan Dewa-Dewi yang kedua disebut Vanir, yang juga muncul dalam kisah-kisah Skandinavia kuno. Mereka adalah: Dewa Njord dan anak-anaknya, Freyr dan Freyja, yang merupakan Dewa-Dewi utama kaum Vanir yang bergabung bersama Æsir sebagai sandera ketika kaum Æsir dan Vanir berperang.

Kaum Vanir cenderung sebagai Dewa-Dewi yang mengatur masalah kesuburan dan sesuatu yang berkaitan dengan alam, sedangkan Aesir cenderung sebagai Dewa-Dewi yang memiliki kekuatan dan menguasai peperangan.

Vanir dan Æsir berinteraksi seperti dua kaum berbeda antara yang tua dan yang muda, seperti dalam mitologi Yunani, antara para Titan dan para Dewa di Olympus. Selayaknya manusia, Vanir dan Æsir juga pernah bertarung dengan sesama, membuat perjamuan, dan pernah saling menukar sandera (contohnya seperti Freyr dan Freyja). Tema seperti itu sudah sering muncul dalam mitologi rumpun Indo-Eropa, yakni konflik antara para Dewa langit yang sangat berkuasa dalam peraturan melawan para Dewa bumi yang biasa mengatur kesuburan di muka bumi.
Kutip:
Vanir

Vanir adalah salah satu kelompok Dewa-Dewi dalam mitologi Nordik. Mereka memiliki hubungan dengan Æsir, meskipun mereka dikelompokkan berbeda. Kaum Æsir cenderung sebagai penguasa peraturan, ahli perang, dan lebih berkuasa, dibandingkan Vanir, kaum Dewa-Dewi yang mengatur kesuburan dan fenomena alam.

Ayah kaum Vanir dan Dewa-Dewi laut adalah Njord. Kaum Vanir berada di bawah kaum Æsir. Dewa-Dewi yang termasuk kaum Vanir seperti: Freyr, Dewa kesuburan, dan Freyja, Dewi kasih sayang dan seksualitas, yang tinggal di antara kaum Æsir di Yggdrasil.

Karakteristik

Vanir adalah kaum Dewa-Dewi yang menguasai kesuburan, lautan, dan kemakmuran. Jika Æsir adalah kaumnya Dewa perang, maka Vanir adalah Dewa-Dewi yang memberi kemakmuran, kekayaan, kebahagiaan, dan kedamaian. Mereka memiliki pengetahuan yang tinggi tentang ilmu sihir, sehingga mereka juga bisa mengetahui masa depan.

Tempat tinggal

Kaum Vanir tinggal di suatu tempat yang bernama Vanaheimr, disebut juga Vanaland. Snorri Sturluson menyebut tempat mereka Tanakvísl atau Vanakvísl. Vanaheimr dan Asgard, merupakan tempat tinggal para Dewa di pohon kehidupan Yggdrasil.

Vanir dan para Elf

Vanir dikatakan dekat sekali hubungannya dengan Elf (bahasa Norwegia: Alfar). Mereka sama-sama pengatur kesuburan dan juga pengatur alam. Meskipun demikian, Elf dan Vanir juga dikatakan memiliki status yang berbeda. Elf merupakan Dewa kecil yang menguasai kesuburan, sedangkan Vanir adalah Dewa utama yang menguasai kesuburan.
Kutip:
Jotun

Dalam mitologi Nordik, Jotun adalah raksasa, ras manusia perkasa dan memiliki ukuran tubuh yang besar dan kekuatan menakjubkan. Mereka bertikai dan bermusuhan dengan para Dewa, meskipun di antara mereka ada yang menikahi para Dewa. Benteng terkuat mereka bernama Utgard, terletak di suatu tempat yang disebut Jötunheimr, dunia para Jotun, salah satu di antara sembilan dunia dalam kosmologi Norwegia. Dunia para raksasa, Jotunheimr, terpisah dengan dunia manusia, Midgard dan dibatasi oleh pegunungan tinggi dan hutan belantara. Jotun yang tidak tinggal di Jötunheimr biasanya tinggal di gua-gua dan di tempat-tempat yang gelap.

Dalam bahasa Norwegia kuno, mereka disebut ‘’’Jötnar’’’ (tunggal: Jötunn), atau ‘’’Risar’’’ (tunggal: Risi), kadangkala disebut ‘’’Bergrisar’’’, atau ‘’’Þhursar’’’ (baca: Thursar; tunggal: þhurs). Kaum raksasa berjenis kelamin wanita disebut Gýgr.

Bersambung

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Beberapa Dewa dan Dewi dari Nordik
  • Buri (makhluk pertama atau Dewa pertama yang lahir dari es yang di jilat oleh Audhumbla. Ayah dari Borr.)
  • Borr (Ayah dari Odin, Ve dan Vili yang didapatnya dari istri seorang raksasa bernama Bestla.)
  • Baldr (Dewa orang yang tak berdosa dan Dewa keindahan)
  • Bragi (sang penyanyi dan penyair)
  • Forseti (Dewa keadilan)
  • Freyja (Dewi kasih sayang dan seksualitas)
  • Freyr (Dewa kasih sayang dan kesuburan)
  • Frigg (pemimpin para Dewi)
  • Heimdall (sang pengawas dan penjaga)
  • Hodhr (Dewa buta, penguasa kegelapan dan musim dingin)
  • Hoenir (Dewa yang tak bisa mengambil keputusan)
  • Iðunn (Dewi keremajaan, kemudaan, kesuburan, dan kematian)
  • Loki (si penipu, si pengacau, saudara angkat Dewa Odin)
  • Njord (Dewa pelayaran)
  • Odin (pemimpin para Dewa, penguasa kebijaksanaan dan peperangan)
  • Thor (Dewa petir dan pertempuran)
  • Tyr (Dewa perang dan keberanian)
  • Ull (si pemburu, pemanah)
  • Vé (saudara Odin, yang menganugerahi manusia kemampuan bicara)
  • Vidar (Dewa kesunyian, Dewa pembalasan dendam)
  • Vili (Dewa penguasa air.)


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Penciptaan Alam Semesta Dan Isinya

Alam semesta dan semua isinya menurut mitologi Skandinavia tercipta dengan cara yang unik. Dikatakan pada suatu waktu di dunia ini hanya ada 3 dunia yaitu, sebuah jurang besar (abyss), yang disebut Ginnungagap. Lalu di bagian utara dari tempat ini terdapat sebuah daerah yang selalu dingin, gelap dan membeku yang disebut Nifleheim. Kabut es selalu muncul dari dalam sumur Hvergelmer, dan membentuk aliran air yang mengaliri sebelas sungai yang bermuara ke Ginnungagap.

Nifleheim sendiri sebuah tempat yang nantinya menjadi dunia orang mati, setiap orang atau dewa sekalipun yang telah masuk kemari tidak akan bisa keluar lagi. Bahkan Nifleheim juga masih akan selamat dari kehancuran Ragnarok nantinya.

Dari sisi selatan Ginnungagap, terdapat Muspellheim sebuah daerah yang keadaannya panas membara, percikan api dan aliran lahar. Lahar panas dari Muspellheim juga mengalir menuju Ginnungagap. Pertemuan dari dua iklim yang saling bertentangan ini menghasilkan dua divine being pertama.

Yang pertama seekor sapi yang bernama Audhumbla, dan yang kedua seorang raksasa yang bernama Ymir. Ymir mendapatkan makanan dari susu Audhumbla, sedangkan sapi ini mendapat makan dari bongkahan es yang menempel di bebatuan. Hingga pada suatu saat kedua makhluk ini melahirkan makhluk-makhluk lainnya.

Dari bongkahan es yang dijilat oleh Audhumbla lambat laun terbentuk wujud manusia. Manusia ini disebut Buri, yaitu nenek moyang para dewa yang suatu saat akan memiliki keturunan yang terkenal yaitu Odin, Vili, dan Ve.

Di lain pihak Ymir juga melahirkan makhluk lain dari bagian-bagian tubuhnya, yaitu sepasang raksasa es dan monster berkepala 3, terkadang ada juga yang mengatakan monster berkepala 6.

Dari kedua kelompok divine beings ini sering timbul pertentangan dan kebencian. Hingga pada akhirnya Odin dengan kedua saudaranya berhasil membunuh Ymir dan membuat tubuhnya sebagai fondasi atas dunia yang mereka ciptakan. Tubuh Ymir berubah menjadi tanah, darahnya menjadi lautan, tulang-tulangnya menjadi pegunungan, rambut dan giginya menjadi pohon dan batu.

Sedangkan tengkoraknya digantung di udara dan diubah menjadi langit. Odin lalu melihat ada binatang yang memakan mayatnya di tanah, untuk itu dia mengubah mereka menjadi dwarf dan dark elves, yang bertugas menambang bebatuan. Binatang lain yang hidup dari dalam tanah, diubahnya menjadi light elves yang ditempatkan berbeda di Alfheim.

Darah Ymir yang berubah menjadi lautan berhasil menenggelamkan seluruh kaum raksasa kecuali satu yang selamat. Kejadian ini selanjutnya akan membawa akibat panjang permusuhan kaum raksasa dengan para dewa yang akan berakhir pada Ragnarok. Untuk membuat cahaya yang menerangi dunia mereka mengambil percikan api dari Muspellheim.

Odin dan para saudaranya juga membuat tempat tinggal untuk para raksasa es dan batu yang disebut Jotunheim, para raksasa sering disebut Jotuns, berada di tingkatan yang sama dengan Midgard. Antara Midgard, dunia tempat tinggal manusia yang mereka ciptakan, dengan Jotunheim terdapat pemisah berupa sungai besar yang airnya tidak pernah membeku.

Untuk tempat tinggal mereka sendiri, dipilih langit sebagai lokasinya. Mereka membuat sebuah tempat yang disebut Asgard ( ada juga yang menyebutkan kalo asgard terletak di pucak pohon yggradasil ). Di samping Asgard masih ada satu dunia lagi di tingkatan yang sama yaitu Vanaheim. Vanaheim merupakan kediaman dewa dari ras Vanir.asgard sndiri merupakan tempat tinggal dewa dari ras Æsir

Di dalam Asgaed yang luas terdapat banyak aula tempat tinggal beberapa dewa dewi salah satunya adalah Valhalla, tempat Odin menjamu Einherjarnya setiap malam. Valhalla digambarkan begitu luasnya sehingga memiliki lima ratus empat puluh pintu, pilar-pilar penopang atapnya dari tombak, atapnya sendiri terbuat dari kumpulan perisai, kursi-kursinya berlapis breast plate armor. Seekor serigala menjaga salah satu pintu bagian barat, sedangkan seekor elang terbang mengitari bangunan ini. Dari tempat inilah delapan ratus orang Einherjar akan berbaris keluar untuk ikut serta dalam Ragnarok

Asgard dan Vanaheim sendiri dipisahkan oleh sebuah dinding besar yang dibuat oleh manusia bernama Blast, yang sebenarnya raksasa yang menyamar. Sebagai imbalan pembangunan dinding ini dia minta bulan dan matahari serta dewi Freya sebagai istri.

Walaupun akhirnya dia tidak pernah mendapatkan imbalannya karena akal bulus Loki dan Odin. Di mana Odin menyuruh Loki untuk menggagalkan rencana pembangunan ini sebelum tempo 6 bulan selesai. Untuk itu Loki berencana menarik jauh Svaldifari kuda milik Blast yang digunakannya untuk menarik beban berat. Maka Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina dan merayu kuda tersebut pergi, setelah rencana Blast gagal maka Odin tidak perlu menepati janjinya. Beberapa hari kemudian Loki dan Svaldifari kembali, dengan membawa keturunan mereka Sleipnir yang diberikan sebagai hadiah untuk Odin.

Penghubung antara Asgard dan dunia di bawahnya yaitu sebuah jembatan berwarna pelangi, Bifrost. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan 3 elemen yaitu air, api, dan udara sehingga berwarna warni seperti pelangi. Jembatan Bifrost dijaga oleh dewa Heimdall, yang tugasnya mengawasi kesembilan dunia yang ada.

Heimdall memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam ke segala arah. Midgard sendiri sebagai tempat tinggal manusia dihuni oleh 2 manusia pertama, yaitu Ask dan Embla. Menurut mitos mereka tercipta dari 2 batang pohon yang menurut Odin dan para saudaranya memiliki keindahan.

Untuk itu mereka memberinya jiwa, perasaan, gerak, darah dan warna. Setelah itu Norns, 3 dewi pengatur nasib dan takdir memberikan roh yang akan mengikuti setiap manusia sejak lahir sampai mati. Dari dalam Ginnungagap sendiri tumbuh sebuah pohon ash raksasa yang besar bernama Yggdrasil.

Pohon ini memiliki banyak cabang dan akar yang melingkupi sembilan dunia yang ada. Karenanya sering disebut juga "pohon dunia". Yggdrasil sebagai pohon yang menjadi tulang punggung alam semesta memiliki tiga akar yang paling kuat berada di 3 alam yaitu Asgard, Midgard, dan Niflheim (Helheim).

Dikatakan di bawah Nifleheim ini berdiam seekor ular bernama Nidhogg, yang menggigiti akarnya dan setelah berhasil maka itu tandanya Ragnarok tiba. Tapi ada juga versi yang mengatakan Ragnarok terjadi saat Surt membakar Yggdrasil.

Di atas pohon Yggdrasil inilah Odin pernah menusuk dirinya sendiri dengan Gungnir selama 9 hari 9 malam untuk mendapatkan pemahaman tentang 18 rune. Selain itu dalam versi game Valkyrie Profile diceritakan bahwa pohon Yggdrasil hanya melingkupi 3 alam, Asgard, Midgaed, dan Nifleheim dan tidak pernah disinggung peranannya dalam kehancuran dunia.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Mitologi Nordik

bukan nya mereka ini alien
rizalolo
Mod

Post: 45.201
 
Reputasi: 256

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Dalam mitologi Norse, ada beberapa penggolongan dari dewa-dewinya. Aesir adalah sebutan bagi para dewa yang tinggal di Asgard dibawah pimpinan Odin. Sedangkan para dewinya disebut Asynjur [Asynjer]. Ada juga Vanir, sebutan untuk para dewa-dewi yang tinggal di Vanaheim, mereka originalnya lebih tua [more ancient] dari dewa-dewi di Asgard. Sebelum perang antara Aesir dan Vanir, mereka dipimpin oleh dewa kembar, Frey dan Freya. Setelah perang usai, Frey, Freya, dan Njord pindah ke Asgard. Para dewa-dewi Norse, diantaranya adalah sebagai berikut :

Odin



Odin adalah raja para dewa, ia adalah dewa perang dan kematian, dewa langit, dewa pengetahuan dan kebijaksanaan. Ia sering disebut Alfodr [Ayah para dewa]. Dari Frigg, ia merupakan ayah dewa lainnya, diantaranya: Balder, Vali, Tyr dan dalam beberapa versi, Thor. Ia merupakan saudara dari Vili dan Ve, dan berperan besar dalam proses penciptaan. Di Asgard, ia tinggal di Valaskjalf. Tahtanya bernama Hlidskjalf. Memiliki dua burung gagak yang bernama Hugin dan Munin, sebagai pembawa berita. Dua serigala yang bernama Geri dan Freki, serta memiliki kuda berkaki delapan yang bernama Sleipnir. Ketika bertempur, Odin menggunakan Helm bersayap elang. Tombaknya yang legendaris disebut Gungnir dan memiliki cincin yang disebut Draupnir.

Odin hanya memiliki satu mata. Matanya yang lain diberikan kepada Mimir untuk ditukarkan dengan kebijaksanaan. Ia memiliki tempat lain yang disebut Valhalla, yaitu tempat dimana ia menjamu para pahlawan yang tewas dalam pertempuran dan yang nantinya akan membantunya dalam Ragnarok untuk menghadapi para Jotun.

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Thor



Thor (Thunderer) adalah dewa Guntur dan Badai. Dia adalah salah satu dewa terkuat, kemarahannya seperti api yang menyala-nyala namun dicintai oleh para dewa, disegani oleh para raksasa dan disembah oleh manusia. Ia adalah anak dari Odin dan Jord [dalam versi lainnya disebutkan anak dari Odin dan Frigg]. Memiliki dua orang istri: Jarnsaxa [Ironstone] yang memberinya putra : Modi dan Magni. Dan istri lainnya, Sif [Golden-Haired] yang memberinya dua orang putri: Lora dan Thrud.

Thor tinggal di Thrudheim, di rumahnya, Bilskirnir [Lightning/Petir]. Thor tidak memiliki kuda, sebaliknya, ia memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing besar, Tanngniost dan Tanngrisnir. Roda keretanya berbunyi seperti guntur yang bergemuruh jika ia lewat.

Thor memiliki palu yang legendaris yang bernama Mjollnir. Palu ini selalu tepat sasaran dan tidak pernah meleset, walaupun demikian, ia juga sering digunakan sebagai simbol kesuburan dalam perkawinan, dan kebangkitan dalam acara penguburan. Selain Mjollnir, Thor memiliki sarung tangan besi dan ikat pinggang yang bernama Megingjardir, yang akan melipatgandakan kekuatannya jika dipakai. Thor adalah dewa yang membunuh Jormungand dalam Ragnarok.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

Megha: makasih kak Dipi ;)





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Loki



Dewa ini adalah salah satu yang jahat, ia adalah bapak dari kebohongan dan tipu-muslihat. Ia sebenarnya senang bermain, menarik tapi seiring berjalan waktu, ia menjadi lebih sinis, jahat dan lepas kendali. Ia dapat berubah bentuk menjadi apa saja. Ia adalah personifikasi dari dua aspek api yang menyengat dan merusak. Loki adalah anak dari Farbauti [Giant] dan Laufey [Giantess] atau Nal. Ia memiliki dua orang istri, yang pertama adalah Ogress yang menakutkan, Angrboda, yang memberinya anak: Hel (dewi kematian), Jormungand dan Fenrir (keduanya adalah yang menakutkan dalam mitologi Norse). Istri lainnya berada di Asgard, Sigyn yang memberinya dua orang anak: Narfi dan Vali.

Loki dihitung sebagai dewa namun tidak termasuk dalam dewa-dewa di Asgard karena ia lahir dari para Jotun yang merupakan musuh para dewa. Namun dalam beberapa versi disebutkan bahwa ia adalah saudara sedarah dengan Odin, yang membuatnya tidak tersentuh oleh dewa lain, separah apapun perbuatannya. Loki ditampilkan / digambarkan sebagai dewa yang tampan dan mengagumkan yang mampu menciptakan situasi apapun. Ia bertindak sangat cepat dan sepertinya mempunyai semua jawaban, walaupun pada akhirnya beberapa dewa harus menyesal menerima saran darinya.

Dewa ini bisa berganti kelamin dan berubah ke bentuk apa saja yang ia inginkan, bahkan Loki menjadi ibu dari Sleipnir, kuda Odin yang berkaki delapan. Ia adalah dewa yang menipu Frigg [ibu dari Balder] untuk mendapatkan rahasia yang menjadi kelemahan dewa Balder yang menggiringnya pada kematian. Ia nantinya yang akan menjadi pemimpin para Jotun melawan para dewa dalam Ragnarok.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mitologi Nordik

Balder


Dewa Balder adalah anak dari Odin dan Frigg yang paling dicintai, bukan hanya oleh para dewa tapi juga oleh semua mahkluk diluar Asgard. Dia adalah yang paling indah dan dijuluki sebagai dewa kebaikan dan dewa cahaya. Ketika masih muda, ia bermimpi tentang kematiannya. Hal ini diceritakan kepada Odin dan Frigg, ibunya, tapi tidak ada satu dewa-pun yang mampu untuk mengartikannya.

Odin kemudian mengambil inisatif untuk mencari tahu, dengan kudanya Sleipnir ia menuju ke Niflheim [tempat kematian] untuk bertemu Volva [peramal]. Odin memperkenalkan diri sebagai Vegtam, anak dari Valtam. Odin kemudian bertanya, kenapa neraka seperti akan mengadakan pesta penyambutan, Volva kemudian menjawab bahwa itu untuk menyambut dewa Balder. Odin kembali bertanya, siapa yang akan membunuhnya. Volva menjawab, Hodur saudaranya. Odin semakin penasaran, kemudian bertanya siapa yang akan membalas dendamnya, Volva menjawab, Vali anak Odin dengan Rinda pada umur sembilan hari. Dan saat itu, Volva tiba-tiba sadar bahwa ia bukanlah Vegtam, tapi Odin raja para dewa, ia kemudian lari, masuk kedalam kuburannya.


Odin kembali kepada Frigg istrinya. Mengetahui keselamatan anaknya terancam, Frigg kemudian mengirim utusannya ke seluruh sudut dunia untuk menyampaikan pesannya dan meminta janji mereka untuk tidak membahayakan putra kesayangannya. Batu dan logam, air dan angin, ikan dan burung, reptil dan mamalia, pohon dan bunga, serangga, laba-laba dan semua makhluk hidup dan semua benda kecil maupun besar bersumpah bahwa mereka tidak akan menyakiti Balder. Hanya ada satu yang tidak menyampaikan janjinya, ‘the mistletoe’, tumbuhan merambat yang hidup di pohon ek diluar Asgard, yang lolos dari kunjungan para kurir Frigg, karena dianggap terlalu lemah untuk diperhatikan. Dan rahasia ini, hanya diketahui oleh Frigg, dan disimpannya rapat-rapat.

Kabar ini segera tersebar diseluruh Asgard, bahwa tiadak ada yang mampu untuk melukai Balder dan para dewapun mulai bermain, melemparkan apa saja kepada Balder, bahkan senjata seperti pedang dan tombak. Dan benar, tidak ada satupun yang mampu melukainya. Mereka sangat senang dan menikmati permainan ini. Hanya Loki yang tidak bermain. Ia malah menyamar sebagai wanita tua, mengomentari permainan para dewa atas Balder dan akhirnya berhasil menipu Frigg untuk memberitahu rahasia kelemahan Balder.

Setelah memperoleh informasi yang ia butuhkan, Loki segera mencabut mistletoe yang ada diluar Asgard dan merangkainya menjadi senjata dan kembali ke Idavoll tempat para dewa sedang bermain. Ia kemudian memberikannya kepada Hodur, dewa yang buta dan menawarkan diri untuk menuntunnya kepada Balder supaya ia juga bisa bermain. Hodur dengan senang hati menerimanya. Hodur maupun Balder tidak menyadari niat busuk Loki, Hodur kemudian melemparkan senjatanya, seketika itu juga menghujam tubuh Balder dan membunuhnya. Tiba-tiba kesunyian melanda para dewa dan Asgard. Semua yang ada di Asgard maupun diluarnya, berduka atas kematian Balder. Hodur pada mulanya dipersalahkan, namun Hodur sangat mencintai Balder, adiknya. Kemudian mereka akan sadar bahwa ini semua adalah ulah dari Loki.

Para dewa lalu membuat tumpukan kayu besar diatas Hringhorni, kapal naga Balder. Diatasnya, diletakan permadani dan tumpukan bunga dimana mereka akan membaringkan tubuh Balder, besertanya terdapat makanan, pakaian, senjata dan perhiasan berharga, sebagaimana tradisi kematian bangsa Norse.

Nanna istri balder yang sangat mencintainya, sangat terpukul dan jatuh mati diatas tubuh suaminya. Para dewa kemudian menempatkannya secara lembut disisi tubuh Balder. Merekapun lalu membunuh kuda dan anjingnya, dan ditempatkan disini tuannya. Satu persatu para dewa mendekat dan mengucapkan selamat tinggal pada saudara dan teman yang mereka cintai, dan yang terakhir dari mereka adalah Odin, ayahnya. Odin melepaskan cincinnya Draupnir dan meletakan diatas tubuh anaknya, lalu ia membungkuk dan berbisik di telinga Balder. Tidak ada yang tahu apa yang dibisikan Odin.


Ketika para dewa berusaha untuk mendorong kapal ke lautan, terasa sangatlah berat. Bahkan kekuatan fenomenal Thor, tidak mampu membuat kapal Balder bergerak. Mereka kemudian menerima bantuan dari Hyrokkin, seorang Raksasa [Giantess] yang mengendarai serigala besar, dan berhasil mendorong kapal Balder menuju lautan. Thor kemudian naik ke kapal naga, dengan Mjollnir, palu-nya yang legendaris, ia mendatangkan petir yang kemudian membakar tumpukan kayu dimana Balder dan Nanna diletakan. Saat Thor sedang melakukan ritual, Lit seorang Dwarf masuk kebawah kakinya. Thor kemudian menendangnya ke tumpukan kayu, dan terbakar menjadi abu bersama-sama dengan jasab Balder dan Nanna. Kapal terus hanyut menuju lautan sambil terbakar. Para dewa melihatnya dengan penuh perkabungan, dan tidak meninggalkan pantai hingga kegelapan tiba.

Ketika Frigg mulai bisa mengatasi rasa berkabungnya terhadap Balder, ia kemudian meminta bantuan salah satu dewa untuk mengunjungi Hel penguasa Niflheim [alam kematian], dan memohon untuk mengembalikan Balder ke Asgard. Hermod salah satu anak Odin kemudian menawarkan diri. Odin meminjamkan Sleipnir kepadanya. Setelah sembilan hari sembilan malam, tibalah Hermod tiba di sungan Gjoll, didepan gerbang Helgrind. Sleipnir bisa melompatinya dan tiba tempat Hel. Balder memang berada disana, tapi dia tidak bisa meninggalkan Niflheim tanpa izin dari Hel [kekuasaan Hel di Nifleheim adalah Absolut, bahkan Odin tidak bisa mencampurinya], dan Hel menolak melepaskan-nya kecuali seluruh dunia harus meneteskan air mata untuk Balder [syarat ini terpenuhi sesudah Ragnarok, pada era Regenerasi]. Hermod kemudian banyak menghabiskan waktunya dengan Balder dan Istrinya, Nanna. Mereka memberikan Hermod hadiah, termasuk Draupnir cincin Odin, untuk dikembalikan ke Asgard. Hermod pun kembali ke Asgard, menyampaikan berita bahwa seluruh dunia harus memberikan airmatanya supaya Balder bisa kembali.

Hodur yang membunuh Balder, kemudian tewas ditangan Vali, anak Odin dan Rinda, ketika ia baru berumur sembilan hari seperti yang diramalkan oleh Volva.

Source


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mitologi penciptaan Jepang shisio Japanese 2
Mitologi Batak Dipi76 Sejarah & Budaya 0
Mitologi Jepang Dipi76 Sejarah & Budaya 6
Mitologi Ciuman Megha Cinta & Romantis 4
Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah? KILLUA_ZAOLDYEK Sejarah & Budaya 18


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.