Angka Oktan Pada Bensin Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Otomotif
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Angka Oktan Pada Bensin

Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.

Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.

Bensin dengan bilangan oktan 87, berarti bensin tersebut terdiri dari 87% oktana dan 13% heptana (atau campuran molekul lainnya). Bensin ini akan terbakar secara spontan pada angka tingkat kompresi tertentu yang diberikan, sehingga hanya diperuntukkan untuk mesin kendaraan yang memiliki ratio kompresi yang tidak melebihi angka tersebut.

Umumnya skala oktan di dunia adalah Research Octane Number (RON). RON ditentukan dengan mengisi bahan bakar ke dalam mesin uji dengan rasio kompresi variabel dengan kondisi yang teratur.

Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:

• 87 → Bensin standar di Amerika Serikat
• 88 → Bensin tanpa timbal Premium-TT
• 91 → Bensin standar di Eropa
• 94 → Premix-TT
• 95 → Super-TT

Angka oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin. Menambahkan tetraethyl lead (TEL, Pb(C2H5)4) pada bensin akan meningkatkan bilangan oktan bensin tersebut, sehingga bensin "murah" dapat digunakan dan aman untuk mesin dengan menambahkan timbal ini. Untuk mengubah Pb dari bentuk padat menjadi gas pada bensin yang mengandung TEL dibutuhkan etilen bromida (C2H5Br). Celakanya, lapisan tipis timbal terbentuk pada atmosfer dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia. Di negara-negara maju, timbal sudah dilarang untuk dipakai sebagai bahan campuran bensin.

Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO. Belakangan diketahui bahwa MTBE ini juga berbahaya bagi lingkungan karena mempunyai sifat karsinogenik dan mudah bercampur dengan air, sehingga jika terjadi kebocoran pada tempat-tempat penampungan bensin (misalnya di pompa bensin) MTBE masuk ke air tanah bisa mencemari sumur dan sumber-sumber air minum lainnya.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.576
 
Reputasi: 1117

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Angka Oktan Pada Bensin

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.


-dipi-
Maksudnya bagaimana bahan bakar bisa terbakar sebelum ada percikan api dari busi?
budi_hendarto
City Level

Post: 139
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Angka Oktan Pada Bensin

Kutip:
Oleh budi_hendarto View Post
Maksudnya bagaimana bahan bakar bisa terbakar sebelum ada percikan api dari busi?
Disebabkan karena tekanan yang tinggi. Itulah kenapa compression Ratio (CR) suatu kendaraan harus disesuaikan dengan nilai oktan. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Sedangkan kita tahu bahwa bensin dengan oktan rendah itu cepat terbakar. Begitu juga dengan mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar akibat tekanan yang tinggi. Dan itu bisa terjadi bahkan sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Istilahnya Knocking kalo dari yang saya pelajari di bangku kuliah dulu. Jadi mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar yang berarti harus beroktan tinggi.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.576
 
Reputasi: 1117

darkgrey:





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Angka Oktan Pada Bensin

waaaah... keren kak dipi
darkgrey
National Level

Post: 1.885
 
Reputasi: 58

__________________
Abu abu paling gelap






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Angka Oktan Pada Bensin

koq bisa ada bensin yang bilangan oktannya lebih dari 100, (misalnya MTBE)?
maksimal angkanya gak 100 ya? (dari 100%)

tanya agak OOT:
misal motor 125 cc, volume 125cc ini volume apa ya?
arguncil
National Level

Post: 647
 
Reputasi: 91

__________________
This is RAINBOW
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Motor tanpa Bensin ndot_rendys Sepeda Motor 6
Angka-Angka Diseputar 911.... subhanluffy Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 13
bensin bakalan turun bener ga?? ubay Otomotif 10
Bensin shell = pertamax Rizki9anteng Otomotif 3
banjir bensin booo.... ubay Mobil 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.