Bush tetapkan 'misi kebebasan'

andree_erlangga

New member
Ratu dan Presiden Bush di Istana Buckingham
Presiden Amerika Serikat, George Bush, menyampaikan pembelaan keras atas penyerbuan dan pendudukan di Irak dan bersumpah untuk memenangkan perang melawan teror.

Dalam hari pertama kunjungan kenegaraan bersejarahnya ke London, dia mengatakan Amerika Serikat dan Inggris "sama-sama bermisi" sebagai pembela kebebasan di seluruh dunia.

Dan dia mengatakan kepada hadirin di Wisma Perjamuan (Banqueting House) London bahwa ancaman teroris yang menggunakan senjata pemusnah massal dengan dibantu para diktator, merupakan "baya terbesar di abad kita."

"Tanggungjawab besar sekali lagu berada di pundak demokrasi besar. Kita akan menghadapi ancaman ini dengan mata terbuka dan kita akan mengalahkan mereka," kata Presiden Bush.

Pidato di depan para pakar masalah luarnegeri itu berlangsung di tengah penjagaan keamanan ketat untuk lawatan presiden.


Siapa yang akan mengatakan bahwa Irak lebih baik ketika Saddam Hussein berkuasa dan membunuh atau bahwa dunia ini lebih aman sewaktu dia berkuasa?

Presiden Bush

Pada hari Rabu polisi melakukan sejumlah penahanan ketika para pengunjukrasa berkumpul di jalan besar di depan Istana Buckingham.

Dalam pidatonya, Bush mengatakan reaksi global diperlukan untuk menangani ancaman seperti itu, bersamaan dengan kesadaran bahwa "dalam sejumlah kasus, penggunaan kekuatan terbatas semata-mata untuk melindungi kita dari kekacauan dunia yang dikuasai oleh kekuatan".

Dia mempertahankan perang di Irak dengan mengatakan, "Sang diktator sudah diberi banyak kesempatan untuk memebentangkan program senjatanya. Sekarang, berbagai reolusi yang diabaikannya, dilaksanakan dengan paksa.

"Siapa yang akan mengatakan bahwa Irak lebih bagus ketika Saddam Hussein berkuasa dan membunuh, atau bahwa dunia lebih aman ketika dia berkuasa?"

BBC - homepage - Home of the BBC on the Internet
 
Last edited:
Back
Top