Makanan Penambah Kesuburan Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Makanan Penambah Kesuburan

Makanan Penambah Kesuburan



Banyak ibu muda ingin segera memiliki buah hati. Sayangnya, keinginan itu tak diikuti dengan usaha cukup memenuhi gizi penunjang. Padahal, usaha sederhana bisa dimulai dari pemilihan jenis makanan untuk konsumsi harian. Makanan ini juga bisa dikonsumsi suami istri yang belum berhasil mendapatkan anak.

Sebelum memilih jenis makanan yang mampu menambah kesuburan, sebaiknya kita mengenal empat kelompok makanan berikut:

1. Daging dan alternatifnya.
Berbagai daging, unggas dan ikan, telur, kacang-kacangan (kacang polong atau kedelai), kacang tanah dan biji-bijian seperti biji bunga matahari atau labu.

2. Buah dan sayuran, terutama yang mentah. Makanan segar lebih baik dari yang beku. Namun, makanan beku masih lebih baik dari makanan kalengan. Jus buah atau sayuran, buah kering, kismis, kurma atau buah ara.

3. Roti dan sereal.
Pilihlah yang tidak diolah, seperti roti, bubur, makanan kering dari biji-bijian atau gandum, spageti, dan beras merah.

4. Susu dan produk olahannya.
Yogurt termasuk salah satu produk olahan susu. Pilihlah yang alami dan tanpa gula. Keju juga termasuk salah satunya. Hindari keju olahan dan keju oles, karena telah bercampur dengan bahan lain.

Dari empat kelompok makanan itu, pilihlah yang belum disuling seperti nasi, roti, sereal dan krispi biji-bijian, atau wholewheat pasta. Pilih juga makanan segar seperti sayur-sayur baru setiap hari. Hal ini sebenarnya sudah menjadi pengetahuan umum, namun banyak orang tak menerapkannya.

Telur merupakan sumber protein terbaik. Jika anda ingat telur adalah benih anak ayam yang tak jadi, maka di dalamnya sudah terkandung nutrisi bagi pertumbuhan anak ayam. Nutrisi itu sama dengan zat yang diperlukan guna menambah kesuburan manusia.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dari tanaman sangat bagus. Kacang polong kering lebih baik dari kacang beku. Namun, kacang beku lebih baik ketimbang kacang kaleng. Bila anda bukan vegetarian, usahakan mengkonsumsi ikan sekali seminggu, tanpa membatasi jenisnya. Ikan herring, makerel, sprat, sardine, dan tuna sama bergizinya dengan jenis ikan yang lebih mahal seperti trout dan salmon. Ikan coley juga sama baik dengan ikan cod atau haddock.

Nutrisi lain yang penting adalah vitamin B. Kekurangan asam folic, B6 dan B12 berpengaruh pada kesuburan. Wanita yang mengalami anemia juga cenderung berkurang kesuburannya. Pada kasus ini, suplemen zat besi dapat mengembalikan fertilitas. Wanita yang sangat kurus (bisa juga dialami atlet seperti pelari jarak jauh) sering terganggu siklus menstruasinya.

Makanan yang dihindari
Sebisa mungkin hindari makanan olah dan mengandung bahan-bahan tiruan. Makanan ini mencakup keju olahan, beberapa jenis daging olahan (sosis dan ham), makanan beku, serta makanan kalengan dan kemasan lain. Sesuai peraturan perundangan, kandungan yang ada dalam makanan itu harus tercantum dalam kemasan. Jadi biasakan untuk membacanya.

Gunakan sedikit mungkin makanan kalengan, hanya dalam keadaan darurat saja. Dari sekian jenis makanan kalengan, carilah yang paling sedikit perubahan kandungan gizinya akibat proses pengalengan, seperti ikan tuna dan sardine, tomat, dan nanas. Bila membeli buah-buahan lain, pilihlah yang dikalengkan dalam jusnya sendiri, jangan yang hanya memakai sirup kental.

Sebaiknya gunakan sesedikit mungkin sayur kalengan, snack asin kacang dan minyak terhidrogenasi. Hindari pula roti putih, tepung putih (kecuali kadang-kadang saja, itu pun dicampur dengan tepung biji-bijian). Juga jangan banyak memakan makanan dari tepung, seperti kue, dan biskuit, campuran kue, pudding instan, serta sereal manis. Susu kalengan juga kurang baik. Jika memungkinkan, minumlah susu murni.

Buah arbei selama ini juga dikenal sebagai makanan penambah kesuburan. Buah ini merangsang pertumbuhan kelenjar di bawah otak yang memproduksi hormon progesterone selama minggu kedua siklus haid. Buah arbei sendiri tak mengandung hormon.

Sebenarnya untuk menambah hormon tersedia krim progesterone alamiah (terbuat dari sari ubi rambat) digunakan pada kemaluan wanita. Ada juga yang berbentuk serum. Krim ini bisa membantu jika hormon progesterone di tubuh menurun pada minggu kedua siklus haid. Krim digunakan 12 hari sebelum menstruasi sebanyak seperempat sendok teh. Namun, untuk amannya, lebih baik diskusikan dengan dokter anda.

Terpenting, hindari kafein. Zat ini menyebabkan berkurangnya kesuburan wanita. Sebuah studi di AS pernah menemukan, penurunan fertilitas terjadi saat wanita minum empat gelas kopi per hari. Kafein mengurangi kandungan darah dalam hormon prolactin. Rendahnya hormon prolactin berasosiasi dengan rendahnya fertilitas. Sebaliknya, jika hormon ini terlalu tinggi kadarnya juga tak baik. Tingginya kadar hormon prolactin dipengaruhi konsumsi alkohol berlebihan, sehingga siklus haid terganggu.

Pada dasarnya diet untuk menambah kesuburan sama dengan diet pada umumnya, rendah lemak, cukup protein, memperbanyak buah, sayur, dan padi. Selain menghindari kopi, alkohol, dan rokok, lakukan juga olahraga teratur, menghindari stress, dan memilih waktu untuk hamil yang tepat. Kuncinya, terapkanlah dengan teliti dan teratur. Mudah-mudahan sang buah hati segera menghiasi hari-hari anda.
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Makanan Penambah Kesuburan

good info
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Makanan Penambah Kesuburan

banyak juga ya buah2an yang bisa dicoba....
TamanDewi
City Level

Post: 414
 
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Terapi Sayur Dan Buah Untuk Kesuburan Suami Istri T-Rex Kesehatan 2
Vitamin Penambah Nafsu Makan ?! nurcahyo Kesehatan 4
Apakah Berat Badan Mampu Pengaruhi Kesuburan? nurcahyo Kesehatan 1
Keracunan Makanan nurcahyo Kesehatan 0
Makanan bebek andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.