Busyro Jadi Ketua KPK

afpurnama

New member
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekali lagi, Busyro Muqoddas jadi bintang di ruang Komisi III DPR RI, Kamis (25/11/2010). Meski baru saja terpilih sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi melalui mekanisme voting, Busyro kembali terpilih melalui voting menjadi Ketua KPK yang baru.
Dengan demikian, Busyro akan memimpin KPK hingga Desember 2011. Busyro mengalahkan empat pimpinan KPK lainnya yang juga menjadi kandidat, yaitu Haryono, M Jasin, Bibit S Rianto, dan Chandra M Hamzah, yang sudah menjalani masa jabatan sebagai pimpinan KPK selama tiga tahun. Busyro menang telak dengan 43 suara. Dia mengalahkan calon lainnya, Bibit dengan 10 suara dan Jasin yang hanya mengantongi 2 suara.
Di awal, terjadi perdebatan di antara anggota Komisi III mengenai mekanisme pemilihan Ketua KPK. Fraksi Golkar dan PDI-P keukeuh dengan pendiriannya untuk menggunakan mekanisme voting dalam pemilihan Ketua KPK. Sementara fraksi lain berkehendak pemilihan dilakukan secara aklamasi.
"Karena saat ini memilih orang, maka harus dilakukan secara voting. Karena ini menyangkut orang, maka harusnya dilakukan secara tertutup," kata Wakil Ketua Komisi III Azis Syamsuddin yang berasal dari Fraksi Golkar. Perdebatan sempat memuncak. Namun, akhirnya Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman mengetuk palu untuk penggunaan mekanisme voting.
 
moga aja bisa bener2 mengungkap koruptor, tapi mungkin ga setegas antasari,,,,!


jayalah negeriku tanpa koruptor
 
Back
Top