penyebab kesemutan Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

penyebab kesemutan

apa penyebabnya manusia bisa meraskan kesemutan???????????
arjiati
City Level

Post: 136
 
Reputasi: 94

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: penyebab kesemutan

Kesemutan itu terjadi jika syaraf pembuluh darah mengalami tekanan dalam waktu yang lama, seperti karena duduk bersila, posisi tidur yang tidak teratur, dll, sehingga aliran darah terganggu. Ketika aliran darah kembali lancar, maka akan hilang dengan sendirinya.

Tapi ada juga kesemutan yang menjadi gejala penyakit tertentu yang berbeda dengan hal yang sudah aku sebutin di atas, dan biasanya kesemutan seperti ini akan berlangsung dalam waktu lama.

Penyakit2nya antara lain:
Kutip:
  • Radang sumsum tulang belakang (myelitis)
    Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV). Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.
  • Diabetes mellitus atau kencing manis
    Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.
  • Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
    Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 – 2 tahun.
    Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.
  • Jantung
    Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.
  • Rematik
    Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.


Doktersehat.com

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.576
 
Reputasi: 1117

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
10 hal penyebab kesialan Megha Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 19
Apa Penyebab Perselingkuhan? Megha Keluarga & Berumah Tangga 35
Penyebab Bau Badan her_is_mine Kesehatan 1
Gejala kesemutan : tak selalu seringan semut nurcahyo Kesehatan 0
Penyebab Kematian andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.