News Seputar Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Dipi76

New member
Wikileaks ungkap sifat pemimpin dunia
29 November 2010 - 10:28 GMT

Sifat sejumlah pemimpin dunia terungkap dari dokumen yang dibocorkan Wikileaks.

Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi disebut diplomat Amerika Serikat sebagai orang "yang lemah, angkuh dan tidak efektif sebagai pemimpin modern Eropa".

Tahun 2008, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow melukiskan Presiden Dmitry Medvedev sebagai "Robin untuk Batman". Ungkapan ini merujuk ke Perdana Menteri Vladimir Putin orang kuat Rusia yang digambarkan sebagai Batman.

Kabel diplomatik dari Kedutaan Besar AS itu juga berkomentar mengenai kedekatan hubungan antara Berlusconi dengan Putin.

Komentar bocoran dari Kedutaan Besas AS itu juga menyebutkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il sebagai "pemimpin tua yang lembek" yang menderita stroke.

Sedangkan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dirujuk sebagai "Hitler".

Dalam dokumen yang dibocorkan Wikileaks disebutkan Menteri Kerja Sama Internasional Afrika Selatan menyebut Presiden Zimbabe Mugabe sebagai "orang tua gila".

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dikatakan orang yang kurus dan otoriter.

Sedangkan Kanselir Jerman Angela Merkel dilukiskan orang yang ingin "menghindari risiko dan jarang kreatif".

Bahkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai juga digambarkan diplomat Amerika "sangat lemah".

Sementara Kolonel Muammar Khadafi dari Libya selalu melakukan perjalanan dengan perawat Ukraina "berambut pirang yang montok".

Para pejabat Amerika Serikat tidak mengungkapkan sumber dari kebocoran itu namun kecurigaan diarahkan ke Bradley Manning, mantan agen intelijen militer yang ditangkap setelah video serangan terhadap wartawan di Irak disiarkan.

Sumber: BBC.

===============

Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia, Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Arab Saudi 'minta' Amerika Serikat serang Iran
29 November 2010 - 01:26 GMT

Salah satu dokumen resmi yang dibocorkan Wikileaks, situs pengungkap dokumen rahasia, menyebutkan bahwa Raja Abdullah dari Arab Saudi meminta Amerika Serikat menyerang dan menghancurkan fasilitas nuklir Iran.

Pesan dari raja Saudi soal Iran dilaporkan berbunyi: "Potong kepala ular."

Dokumen tentang permintaan Saudi dan berbagai pesan penting lain dimuat oleh lima surat kabar, di antaranya oleh The New York Times di AS dan The Guardian di Inggris.

Wartawan bidang Timur Tengah BBC Jeremy Bowen mengatakan kecurigaan Saudi, Yordania, dan beberapa negara lain di Timur Tengah tentang program nuklir Iran telah lama diketahui.

Yang mengejutkan adalah, kata Bowen, permintaan beberapa negara agar AS mengambil tindakan militer terhadap Iran.

Wartawan BBC mengatakan bocoran ini akan mempertajam pembahasan tentang program nuklir Iran dan kemungkinan aksi militer AS atau Israel terhadap Iran.

Dokumen tersebut juga akan membuat malu AS dan bagi para pemimpin Arab hampir dapat dipastikan mereka pasti akan marah karena pernyataan mereka dikutip di dokumen tersebut.
Sabotase komputer

Pesan-pesan lain yang dibocorkan Wikileaks mencakup Cina yang mengatur aksi sabotase komputer, termasuk upaya memasuki sistem komputer milik Google.

Ada pula dokumen yang menunjukkan agen-agen rahasia AS yang melancarkan operasi mata-mata terhadap para pejabat PBB.

Pemerintah AS mengecam keras penerbitan ratusan ribu dokumen rahasia dengan alasan pengungkapan dokumen tersebut mengancam jiwa diplomat dan sejumlah pihak lain.

Pernyataan Gedung Putih menyebutkan semua pihak yang selama mendukung pemerintah AS mendorong demokrasi dan pemerintah yang terbuka akan terancam dengan penerbitan dokumen ini.

"Presiden Obama mendukung pemerintah yang bertanggung jawab, akuntabel, dan terbuka di seluruh dunia. Penerbitan dokumen ini berbahaya dan mementahkan upaya pemerintah AS," kata Gedung Putih.

Pendiri Wikileaks, Julian Assange, menjawab tudingan ini dengan mengatakan pemerintah AS khawatir mereka akan dimintai pertanggungjawaban.
Sumber: BBC

================

Gawat kalo ada dokumen2 begini yang bocor...:))


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Swedia minta pendiri Wikileaks ditahan

Swedia mengeluarkan surat perintah penahanan internasional terhadap pendiri situs pembocor dokumen rahasia Wikileaks, Julian Assange, dalam kasus pemerkosaan.

Dia dicari atas dugaan melakukan pemerkosaan, pelecehan seksual dan pemaksaan ilegal, yang dia sangkal.

Berbagai tuduhan ini terkait dengan kunjungannya ke Swedia bulan Agustus lalu.

Assange, warga Australia yang tidak tinggal di Swedia, mengatakan berbagai tuduhan itu adalah bagian dari upaya untuk menghancurkan namanya.

Situs Wikileaks telah membeberkan beragam dokumen rahasia terkait kegiatan militer Amerika di Irak dan Afghanistan.

Jaksa penuntut di Stockholm memulai penyelidikan mengenai kasus ini Agustus lalu, namun kasus itu kemudian dibatalkan oleh jaksa agung sehari kemudian.

Bulan September lalu Direktur Penuntutan Swedia, Marianne Ny, membuka lagi penyelidikan, tetapi dia tidak meminta agar Assange ditahan.

Ny sekarang mengatakan Assange, 39 tahun, perlu diinterogasi.

Ketika tuduhan itu pertama kali muncul Assange mengatakan kemunculan tuduhan-tuduhan itu, ditengah berbagai kecaman terhadap Wikileaks karena membocorkan dokumen rahasia mengenai Afghanistan, sangat ganjil.
Sumber: BBC

-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Wikileaks menjadi kontroversi sejak berdiri
29 November 2010 - 02:43 GMT

Situs pembocor rahasia Wikileaks kini kembali menjadi pusat perhatian dunia.

Pemuatan seperangkat dokumen tentang kebijakan luar negeri Amerika Serikat tampaknya lebih menggemparkan dibanding dokumen tentang Afghanistan dan Irak.

Bulan lalu, Wikileaks memuat sekitar 400.000 dokumen tentang rincian peristiwa Irak setelah invasi 2003, sebulan setelah terungkapnya 90.000 dokumen yang mencatat insiden militer dan laporan intelijen tentang perang di Afghanistan.

Rangkaian dokumen-dokumen itu makin meningkatkan pamor Wikileaks dan sekaligus pula mengangkat kembali kontroversi atas situs internet ini.

Sebelumnya, pada 2009, Wikileaks memuat nama dan alamat dari anggota Partai Nasionalis Inggris, BNP -yang dituduh sebagai partai rasialis.

Begitu juga pada masa pemilihan presiden Amerika Serikat 2008, Wikileaks menjadi berita karena memuat tayangan kotak surat elektronik dan daftar alamat dari calon presiden Sarah Palin.

Wikileaks sebenarnya sudah memancing kontroversi ketika pertama kali muncul di dunia maya pada tahun 2006 dan terlibat dalam berbagai gugatan hukum.

Sebagian orang memujinya sebagai masa depan jurnalisme investigasi namun sebagian lain menganggapnya sebagai risiko.

Kontroversi itu terus membayangi Wikileaks, khususya setelah sejumlah dokumen rahasia milik negara juga diungkapkan oleh situs itu.

Pertengahan Maret 2010, pendiri Wikileaks, Julian Assange, sebuah dokumen milik dinas intelijen Amerika Serikat yang mempertimbangkan Wikileaks sebagai "ancaman bagi tentara Amerika Serikat."

Pemerintah AS kemudian membenarkan kepada BBC bahwa dokumen yang menganggap Wikileaks sebagai ancaman adalah asli.

Dan Wikileaks kini mengaku sudah memuat lebih dari satu juta dokumen.

Setiap orang boleh mengirimkan informasi ke Wikileaks tanpa harus menyebutkan nama, namun ada sebuah tim -yang terdiri dari para sukarelawan berupa wartawan dan staf Wikileaks sendiri- yang memutuskan apakah dokumen itu layak dimuat atau tidak di situs mereka.

"Kami menggunakan teknik kriptografi yang canggih dan juga secara hukum untuk melindungi sumber kami," kata Assange kepada BBC dalam sebuah wawancara Februari lalu.

Wikileaks secara resmi beroperasi di bawah organisasi yang diberi nama Sunshine Press dan mengaku mendapat dana dari para pegiat hak asasi manusia, wartawan investigatif, ahli teknologi, dan khalayak umum.
Sumber: BBC


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Soalnya takut sama Leak-nya Indonesia yang dari Bali itu...:))


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

WIKILEAKS
Julian Assange, Pembongkar Korupsi
Rabu, 1 Desember 2010 | 07:33 WIB

0731106620X310.jpg


KOMPAS.com — Bagi para penggemarnya, Julian Assange adalah seorang pejuang kebenaran yang gagah berani. Bagi para pengkritiknya, dia adalah pencari publisitas yang telah membahayakan jiwa banyak orang dengan menyajikan informasi peka ke ranah publik.

Assange adalah seorang wartawan Australia, aktivis internet yang dikenal sebagai juru bicara dan Pemimpin Redaksi Wikileaks, situs internet yang memasang dokumen-dokumen rahasia. Diluncurkan tahun 2006, organisasi nirlaba itu memiliki misi membocorkan informasi rahasia untuk memerangi korupsi pemerintah dan korporasi.

Menurut orang-orang yang pernah bekerja dengannya, Assange penuh semangat, ambisius, dan sangat cerdas, dengan kemampuan luar biasa untuk memecahkan kode-kode komputer.

Nomaden
Dia telah tinggal di beberapa negara. Dia mengatakan akan terus berpindah-pindah untuk menangani Wikileaks dari lokasi yang berubah-ubah. Dia bisa lama tidak makan dan memusatkan perhatian kepada pekerjaan dengan hanya sedikit tidur, demikian menurut Raffi Khatchadourian, reporter majalah New Yorker yang selama beberapa pekan bepergian dengannya, seperti disebutkan dalam profil yang disiapkan BBC News.

”Dia menciptakan atmosfer di sekelilingnya, yang membuat orang-orang yang dekat dengannya ingin mengurusnya untuk membantu dia terus bekerja,” kata Khatchadourian. ”Ini mungkin karena karismanya.”

Julian Paul Assange lahir di Townsville, Queensland, Australia, tahun 1971, dari orangtua yang menjalankan sebuah kelompok teater keliling sehingga sering berpindah-pindah.

Dia meninggalkan rumah kala berusia 16 tahun dan pada usia 18 tahun mempunyai seorang putra. Dia dan pacarnya kemudian berebut hak pengasuhan anak.

Tahun 1992, Assange ditangkap polisi federal Australia dan mengaku bersalah atas 24 tuduhan kegiatan hacking dan dibebaskan dengan denda 2.100 dollar Australia.

Dia sempat belajar fisika dan matematika di Universitas Melbourne walau tidak sampai mendapat gelar.

Assange memulai Wikileaks—yang tidak ada hubungannya dengan Wikipedia—tahun 2006 bersama sekelompok orang dengan pikiran serupa: membocorkan dokumen-dokumen rahasia untuk memerangi korupsi pemerintah dan korporasi.

Dia duduk dalam badan penasihat dengan sembilan anggota dan, walau tak mau disebut sebagai ”pendiri”, keputusan menerbitkan dokumen ke situs itu ada di tangannya.

Pembocoran dokumen mengenai Irak, Afganistan, dan Iran membuatnya dianggap berbahaya bagi pemerintah tertentu. Itu salah satu alasan dia terus berpindah-pindah. (Reuters/DI)


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

WIKILEAKS
Gaddafi Lengket dengan Perawat Bohai
Rabu, 1 Desember 2010 | 09:05 WIB

KOMPAS.com — Pemimpin Libya, Kolonel Muammar Gaddafi, dilaporkan bergantung kepada perawat Ukraina yang sangat "menggairahkan" yang mengikutinya ke mana-mana. Kabar itu berdasarkan dokumen rahasia Departemen Luar Negeri AS yang dibocorkan ke publik oleh situs web Wikileaks.

Para diplomat di Tripoli menggambarkan bagaimana pemimpin Libya itu tampak sangat bergantung kepada Galyna Kolotnytska. Gaddafi dilaporkan "tidak dapat melakukan perjalanan" tanpa Kolotnytska.

Dalam satu kawat untuk Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, yang dikirim pada September 2009, para petugas kedutaan memberi gambaran tentang Kolonel Gaddafi, yang memiliki banyak ketakutan dan eksentrik. Memo rahasia, berjudul "Sekilas tentang Eksentrisitas Pemimpin Libya Gaddafi", itu menyatakan, dia "tampaknya bergantung" kepada perawat seniornya. "Gaddafi sangat bergantung kepada perawat Ukraina itu, Galyna Kolotnytska," yang telah digambarkan sebagai "si pirang yang menggairahkan," demikian menurut bocoran tersebut sebagaimana diberitakan Telegraph, Selasa (30/11/2010).

Kolonel Gaddafi bahkan sampai mengirim jet pribadi untuk membawa perawat itu dari Libya ke Portugal untuk bertemu dengan Gaddafi ketika perempuan itu tertunda keberangkatannya akibat permohonan visa yang terlambat.

Dokumen tersebut menambahkan, "Seorang perwira politik Ukraina baru-baru ini memastikan bahwa perawat Ukraina itu bepergian ke mana-mana bersama pemimpin Libya tersebut."

Laporan itu berlanjut dengan rincian tentang "ketakutan" Gaddafi tinggal di lantai atas bangunan bertingkat dan keengganannya untuk terbang di atas air.


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Dokumen WikiLeaks
Geger, Amerika Punya Nuklir di Belanda!
Selasa, 30 November 2010 | 07:47 WIB

0800194620X310.jpg

KOMPAS.com — Situs WikiLeaks bikin geger lagi dengan rilis terbarunya yang masih terkait pembongkaran dokumen rahasia diplomatik secara bertahap.

Kali ini, Senin (29/11/2010), organisasi yang didirikan Julian Assange itu merilis informasi sensitif soal proyek senjata nuklir Amerika Serikat di Eropa.

Itu terungkap lewat memo dari Duta Besar AS untuk Jerman yang diunggah WikiLeaks pada laman ini.

Dalam sebuah diskusi tentang penarikan senjata AS dari Eropa, memo tersebut menyatakan: "Penarikan senjata nuklir dari Jerman dan mungkin dari Belgia dan Belanda bisa sangat mempersulit secara politik bagi Turki untuk mempertahankan cadangannya sendiri."

Memo itu ditulis oleh Duta Besar AS Philip Murphy pada November 2009. Kerajaan tidak pernah menyatakan bahwa nuklir tersebut berada di negeri Belanda.

Anggota Parlemen dari Partai Sosialis Belanda, Harry van Bommel, mendesak pemerintah agar tidak lagi diam, dan mengakui keberadaan nuklir tersebut.

Menurut koran Volkskrant, WikiLeaks memiliki 3.021 memo yang dikirim oleh Duta Besar AS di Den Haag, tetapi belum dipublikasikan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Belanda tahun 2003-2007, Ben Bot, sudah merasa bahwa dokumen yang dibocorkan WikiLeaks itu akan menjadi pukulan telak bagi diplomasi Amerika.


-dipi-
 
Re: Dokumen-Dokumen Wikileaks Yang Bocor

Ini Lima Poin Bocoran WikiLeaks yang Menghebohkan
JUM'AT, 11 MARET 2011 | 10:10 WIB

unduha10.jpg

TEMPO Interaktif, Jakarta - Dengan judul "Yudhoyono 'Abused Power'", koran Australia The Age hari ini (11/3) menggegerkan Indonesia. The Age mengutip WikiLeaks yang mengambil sumber kawat-kawat diplomatik Amerika Serikat.

Selain The Age, koran The Sydney Morning Herald juga menurunkan topik serupa dengan judul "Corruption allegations against Yudhoyono."

Apa saja yang dibocorkan? Berikut intisarinya:

1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menurut sumber-sumber diplomat yang kemudian dibocorkan Wikileaks, pada Desember 2004 memerintahkan Hendarman Supandji, waktu itu Jaksa Agung Tindak Pidana Khusus untuk menghentikan penyidikan kasus korupsi yang melibatkan Taufiq Kiemas, suami mantan presiden Megawati.

2. Yudhoyono pernah diam-diam memerintahkan Kepala BIN Syamsir Siregar untuk memata-matai Menteri Hukum dan Hak Asasi Yusril Ihza Mahendra. "Pengintaian dilakukan saat Menteri Yusril melakukan perjalanan rahasia ke Singapore untuk menemui seorang pebisnis Cina".

3. Keluarga Yudhoyono, khususnya Ibu Negara Ani Yudhoyono, "memanfaatkan posisi politiknya untuk mendapatkan uang".

4. Bocoran lain adalah tentang Jusuf Kalla. Menurut WikiLeaks, Jusuf Kalla telah menyebar uang dalam jumlah besar untuk bisa memenangkan pemilihan Ketua Umum Golkar pada 2004. Dokumen ini juga menyebut keluarga Yudhoyono, khususnya Ibu Negara Ani Yudhoyono, memanfaatkan posisi politiknya untuk mendapatkan uang".

5. Selain bocoran tersebut, menurut WikiLeaks, diplomat-diplomat Amerika di Jakarta membuat kesimpulan mengenai kekuasaan Yudhoyono. Meski menang dalam pemilihan presiden dengan perolehan suara luar biasa, Yudhoyono dinilai tidak mendapat dukungan politik dan praktis "lumpuh".

Menanggapi itu, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyebut berita tersebut fitnah.

Sedangkan, Jusuf Kalla mengakui dia menyebar uang untuk memenangkan pemilihan Ketua Umum Golkar pada 2004. “Ya, sekitar Rp 2 sampai Rp 3 miliar lah,” kata Jusuf Kalla, kepada Sutarto dari Tempo, Jumat (11/3).

Sementara, Yusril mengaku belum tahu dan belum membaca The Age .
 
kalo Ufo itu tepatnya negara bagian apa ya kak lolo??

wah itu berita yang mengengangkan dari The Age dan Wikileaks, jujur banget sih kalo memaparkan rahasia.

kalau si pendiri ini membeberkan privasi sebuah negara atau bahkan personal bukankah dia pantas dihukum ya? kan melanggar hak>> eh bener gak sih??
 
Sedangkan, Jusuf Kalla mengakui dia menyebar uang untuk memenangkan pemilihan Ketua Umum Golkar pada 2004. “Ya, sekitar Rp 2 sampai Rp 3 miliar lah,” kata Jusuf Kalla, kepada Sutarto dari Tempo, Jumat (11/3).
JK keren.
Nggak pakai ngeles segala.
 
Sedangkan, Jusuf Kalla mengakui dia menyebar uang untuk memenangkan pemilihan Ketua Umum Golkar pada 2004. “Ya, sekitar Rp 2 sampai Rp 3 miliar lah,” kata Jusuf Kalla, kepada Sutarto dari Tempo, Jumat (11/3).


pengakuan yang sangat jujur dan apa ada nya
 
Back
Top