UU KKR Dinyatakan Tidak Mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

UU KKR Dinyatakan Tidak Mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat

UU KKR Dinyatakan Tidak Mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat

Kapanlagi.com - Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan UU no 27 tahun 2004 tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR)bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945, oleh karena itu UU tersebut dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Keputusan Mahkamah Konstitusi itu disampaikan dalam sidang pleno Mahkamah Konstitusi yang dipimpin Ketua Majelis Jimly Asshiddiqie, di Jakarta, Kamis.

Majelis berpendapat bahwa tidak ada kepastian hukum baik dalam rumusan normanya maupun kemungkinan pelaksanaan normanya di lapangan untuk tujuan rekonsiliasi seperti yang diharapkan.

"Mahkamah Berpendapat bahwa asas dan tujuan KKR sebagaimana yang termaktub dalam pasal 2 dan pasal 3 UU tersebut tidak mungkin dapat diwujudkan karena tidak adanya jaminan kepastian hukum," kata Jimly.

Oleh karena itu Mahkamah Konstitusi menilai UU tersebut secara keseluruhan bertentangan dengan UUD 1945 sehingga harus dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Putusan MK tersebut tertuang dalam putusan atas permohonan uji materi UU KKR yang diajukan oleh Asmara Nababan dkk yang diregistrasi dengan nomor 006/PUU-IV/2006.

Pemohon mengajukan uji materi atas pasal 27, pasal 44 dan pasal 1 angka 9 UU KKR. Pasal-pasal itu bunyinya pasal 27 UU KKR "Kompensasi dan rehabilitasi sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 19 dapat diberikan apabila permohonan amnesti dikabulkan"

Pasal 1 angka 9 UU KKR berbunyi Amnesti adalah pengampunan yang diberikan oleh presiden kepada pelaku pelanggaran HAM yang berat dengan memperhatikan pertimbangan DPR.

Pasal 44 UU KKR berbunyi "Pelanggaran HAM yang berat yang telah diungkapkan dan diselesaikan oleh Komisi, perkaranya tidak dapat diajukan lagi kepada pengadilan HAM".

Pemohon mendalilkan bahwa pasal-pasal tersebut bertentangan dengan UUD 1945, yakni pasal 1 angka 9 UU KKR bertentangan dengan pasal 28 D ayat (1) UUD 1945 yang memberikan pengakuan, jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil dan pasal 28 I ayat (5) UUD 1945 yang menyatakan untuk menegakkan dan melindungi HAM sesuai dengan prinsip negara hukum yang demokratis sehingga pelaksanaan HAM harus dijamin UU yang sesuai dengan UUD.

Pasal 27 UU KKR oleh pemohon dinilai bertentangan dengan pasal 27 ayat (1) UUD 1945, pasal 28 D ayat (1), pasal 28I ayat (2), serta pasal 28 I ayat (4). Sedangkan pasal 44 UU KKR dinilai oleh pemohon bertentangan dengan pasal 28 D ayat (1) UUD 1945, pasal 28 I ayat (2) dan pasal 28 I ayat (4) UUD 1945.

Pembacaan putusan yang dihadiri oleh sembilan hakim MK itu dihadiri oleh para pemohon antara lain Asmara Nababan, dan kuasa hukum pemohon antara lain Taufik Basari.
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: UU KKR Dinyatakan Tidak Mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat

123
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Ketentuan di Laut Tidak Dicampuradukkan Dengan Hukum di Udara nurcahyo Politik, Ekonomi & Hukum 0
Bantahan terhadap orang yang menganggap bahwa hukum-hukum syari'at Islam tidak andy_baex Islam 0
hukum tidak mengingkari kemungkaran nurcahyo Islam 0
hukum tidak percaya Al Qur`an sbg penawar nurcahyo Islam 0
Apakah anda mempunyai Asset? neo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.