Komputer Apple terjual US$210.000

allodie

New member
101124021819_apple_i_226x170_nocredit.jpg



Prosesor Apple 1 seribu kali lebih lambat dibandingkan iPad

Harga US$210.000 untuk sebuah komputer bagi banyak orang tentu sangat mahal.

Namun tidak demikian halnya bagi kolektor asal Italia, Marco Boglione.

Bagi Boglione, yang juga seorang pengusaha tersebut, uang itu layak untuk membeli salah satu generasi pertama komputer buatan Apple, yang kemarin dilelang oleh rumah lelang Christies di London.

"Marco tertarik dengan komputer yang dilelang dan mengajukan tawaran karena ini adalah bagian dari sejarah komputer dunia. Selain itu ia memang menyukai dunia komputer," kata saudara Marco Boglione, Francesco, kepada para wartawan di London.

Ketika diluncurkan pada 1976, komputer yang diberi nama Apple 1 tersebut diberi label harga US$666,66.

Dalam lelang ini, pemilik Apple 1 menyertakan kardus asli dan surat penjualan yang ditandatangani salah seorang pendiri Apple, Steve Jobs.

Mitra Jobs ketika itu, Steve Wozniak, hadir di acara lelang dan ikut membubuhkan tanda tangan.

"Saya puas dengan orang yang membeli komputer ini," kata Wozniak.

Francesco Boglione mengatakan besar kemungkinan Apple 1 (beberapa kalangan menyebutnya Apple One dan Apple I) akan diperbaiki terlebih dahulu sehingga bisa dioperasikan, sebelum bergabung dengan koleksi komputer lain milik Marco Boglione.

Rumah lelang Christies mengatakan ketika dijual pada 1976, Apple 1 adalah satu-satunya komputer pribadi dengan model motherboard yang langsung siap dipergunakan, meski pengguna masih memerlukan keyboard dan monitor.

Prosesor Apple 1 dianggap canggih di era 1970-an tapi bila dibandingkan dengan era saat ini, kecepatan komputer ini seribu kali lebih lambat dibandingkan iPad, komputer tablet buatan Apple.


[<:)

sumber

_______________
Info Seputar Komputer dan Toko Komputer
 
Back
Top