RI-Singapura Sepakat Percepat Proses Perundingan Ekstradisi

nurcahyo

New member
RI-Singapura Sepakat Percepat Proses Perundingan Ekstradisi

Kapanlagi.com - Pemerintah RI dan Singapura telah sepakat akan mempercepat proses perundingan perjanjian ekstradisi antara kedua negara.

Hal itu dikemukakan Menkum dan HAM Hamid Awaludin dalam penjelasannya mengenai masalah-masalah aktual pada Raker dengan Komisi III DPR di Jakarta, Rabu (06/12).

Hamid menjelaskan bahwa dalam pertemuan perundingan ke sembilan (9) antara kedua delegasi masih terdapat hal-hal yang pending (ditangguhkan-Red) dan masih memerlukan kesepakatan dari kedua delegasi pada perundingan berikutnya.

Hal-hal yang masih pending itu antara lain mengenai pasal 2 ayat (3) huruf b tentang berlaku surut, Indonesia dan Singapura belum sepakat terhadap ketentuan ini walaupun secara prinsip sama sama mengakui bahwa perjanjian ini dapat berlaku retroaktif.

Namun Indonesia perlu membahas usulan Singapura terhadap prinsip retroaktif yang terbatas tersebut.

Selain itu mengenai pemberlakuan asas double criminality, Indonesia dan Singapura belum sepakat terhadap ketentuan ini walau secara prinsip sama sama mengakui bahwa perjanjian ini menganut double criminality.

Untuk memperoleh titik temu terhadap hal-hal yang masih pending langkah yang akan dilakukan adalah melakukan pertemuan antara anggota delegasi untuk membahas lebih dalam lagi.

Perundingan lanjutan untuk membahas permasalahan yang masih pending tersebut direncanakan dilaksanakan pada bulan Desember 2006 di Indonesia.
 
Back
Top