Survey Waktu Yang Dihabiskan oleh Gamer Konsol

soc

New member
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nielsen untuk melihat pola penggunaan game konsol, menemukan streaming video, browsing web, fungsi jaringan sosial yang sedang naik hampir seperempat dari gamer Wii yang bermain secara online. Dengan penambahan fungsi online-enable seperti video streaming, browsing web dan jaringan sosial, game konsol semakin menjadi pusat hiburan yang paling dituju. Hasil studi Nielsen yang dilakukan minggu lalu membuktikan hal itu.

Survey yang dilakukan oleh Nielsen mengambil sampel penduduk Amerika Serikat tanpa melihat umurnya menghasilkan bahwa gamer Playstation 3 berusia 13 tahun menghabiskan rata-rata 49% waktu mereka bermain game. Sharing terbesar dari waktu yang dihabiskan berasal dari non-game yang dicatat dari menonton film di DVD ataupun Blu-Ray dengan persentase 27% dan 13% berasal dari mengunduh dan menonton film secara streaming.

Gaming dicatat 62% dari waktu yang dihabiskan berasal dari game konsol Xbox 360, dengan melihat trailer DVD 11% dan dari jasa mengunduh/ streaming menghabiskan waktu 16%. Gaming didominasi oleh pengguna Nintendo Wii yaitu 69% waktu yang dihabiskan.

Survei juga dibagi menjadi 2 kategori yaitu waktu secara offline dan juga online. Microsoft Xbox 360 memiliki perbedaan yang kecil dari 2 kategori tersebut yaitu 34% yang menghabiskan waktunya bermain secara offline berbanding 28% yang bermain online. Walaupun PS3 dengan infrastruktur onlinenya yang gratis hanya 19% saja yang menghabiskan waktu bermain secara online dibandingkan dengan yang bermain secara offline 30%. Jumlah gamer Wii yang menghabiskan waktunya secara offline jauh lebih besar daripada yang bermain secara online yaitu 57% berbanding 12%.

Akhirnya Nielsen menarik kesimpulan dan melaporkan bahwa rata-rata jam yang dihabiskan konsumen menggunakan sistem masing-masing yaitu Xbox 360 menempati urutan puncak dengan 4,9 jam per minggu diikuti oleh PS3 dengan 4,1 jam per minggu dan terakhir adalah Nintendo Wii dengan 1,4 jam per minggu. (Premier-Esports)

console-share-of-time_22618_screen.jpg
 
Back
Top