Hibernate Pada Komputer

joxze

New member
Tadi waktu saya mampir disuatu forum internet langganan saya, saya melihat sebuah artikel tentang hibernate.
Sebuah kata yang cukup asing di telinga saya. Setelah saya baca-baca thread itu lebih jauh ternyata sangat menarik, dan saya jadi tau kalau Hibernate adalah suatu fitur yang disediakan sistem operasi yang memungkinkan komputer kita berhibernasi, maksud hibernasi disini sama seperti hibernasi pada hewan, yaitu komputer melakukan tidur"berbeda dengan sleep".
yaa sebenarnya hampir sama sih dengan sleep, perbedaannya dalam mode hibernate komputer tidak membutuhkan daya " berarti sama dengan shutdwon",
tapi jika dalam mode hibernate ini, saat kita menyalakan komputer maka data-data yang sebelumnya kita buka akan di load kembalisama seperti sllep
Mengapa bisa begitu??????
Itu karena pada mode hibernate, akan memindahkan semua data yang ada di ram ke hyberfil.sys (yang ada di hard disk) makanya hyberfil.sys itu besarnya sama dengan ram anda hybernate itu sama seperti shutdown, yang beda hanya jalannya counter waktunya.

cara melakukan hibernate:
1. Klik Start > Control Panel.
2. Di jendela Control Panel pilih menu “Performance and Maintenance”, kemudian pilih menu “Power Options”.
3. Di jendela “Power Options Properties” pilih tab menu “Hibernate”, kemudian ceklist pilihan “Enable hibernation” lalu klik tombol “OK”.

Sedangkan untuk meng-hibernate komputer kalian tersebut, caranya adalah dengan menekan tombol “Turn Off Computer” seperti biasa, lalu ketika muncul menu shutdown-nya kalian tekan saja tombol “h” di keyboard kalian, maka secara otomatis komputer kalian pun akan meng-hibernate dirinya.

Sumber
 
Back
Top