Ribuan Kertas Suara Pilkada NAD Rusak

nurcahyo

New member
Ribuan Kertas Suara Pilkada NAD Rusak

Kapanlagi.com - Sekitar 5.500 lembar kertas suara untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur Aceh yang tersebar kabupaten/kota dilaporkan mengalami kerusakan, sehingga harus segera diganti.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, M. Jafar di Banda Aceh, Senin, menyatakan, hampir di seluruh kabupaten/kota mengalami kerusakan kertas suara, namun baru beberapa daerah yang dilapor ke KIP Aceh.

Kertas suara yang paling banyak rusak terdapat di Kabupaten Aceh Timur, yakni 4.000 lembar lebih, Kabupaten Gayo Lues 1.000 lembar lebih, Kabupatan Aceh Barat Daya 400 lembar, dan Sabang 150 lembar.

Jafar menyatakan, kertas suara yang mengalami kerusakan tersebut akan segera diganti untuk memenuhi kekurangan itu. Kerusakan itu terjadi pada warna gambar kandidat .

"Kita sudah minta ke KIP kabupaten/kota untuk segera membuat berita acara kerusakan kertas suara ke KIP Aceh dan selanjutnya kita minta ganti ke percetakan di Jakarta," katanya.

Jumlah kertas suara yang dicetak sebanyak 2.698.758 lembar termasuk cadangan sebanyak 2,5%.

Ia menyatakan, kertas suara sejak beberapa hari lalu sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota dan saat ini masih dalam proses pensortiran dan pelipatan kerta suara.

Kemudian pada tanggal 8 Desember atau tiga hari sebelum pemungutan suara sudah harus didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Gampong (PPG), katanya.
 
Back
Top