The Transformers Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Anime, Manga & Komik
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


The Transformers




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Transformers] The Transformers


Kutip:
Perang abadi Autobots yang dipimpin Optimus Prime vs. Decepticons yang dipimpin Megatron.

Penulis : Hasbro/Takara
Ilustrator : Jim Shotter, Dennis O’Neil, Bob Budiansky, Aaron Archer
Negara : Amerika Serikat,Inggris,jepang
Bahasa : Inggris/Jepang
Subyek : Fiksi ilmiah
Genre : Laga/Petualangan
Penerbit : Marvel Comics,IDW Publishing,Dreamwave Productions,BotCon Exclusives
Tanggal terbit :1984–sekarang
Transformers adalah sebuah waralaba media populer tentang robot alien fiksi ciptaan Hasbro.Mereka berasal dari planet Cybertron, dan mempunyai dua grup utama. Pertama adalah grup heroik Autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime/Rodimus Prime dan grup penjahat Decepticons yang dipimpin oleh Megatron/Galvatron. Mereka semua memiliki kemampuan untuk berubah dan menyesuaikan bentuk tubuh mereka dengan beragam model benda-benda yang ada di Bumi, seperti kendaraan darat, pesawat terbang, hewan, dan alat-alat elektronik modern (contohnya handphone dan CD player). Karena itu pula, mereka dapat merubah massa berat tubuh mereka sendiri (seperti membesar atau mengecil), atau beberapa hal lain seperti bergabung menjadi satu dengan robot yang lain. Semboyan Transformers yang paling terkenal adalah: More Than Meets the Eye dan Robots in Disguise. Semua seri dan franchise Transformers yang ada saat ini merupakan sekuel yang berbasis dari versi original tahun 1984 yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Cerita Transformers yang terbesar adalah Transformers: Generation 1, yang ditampilkan dalam bentuk serial TV dan komik yang dikarang oleh Marvel, dengan dua versi lain di Jepang dan Inggris. Sekuelnya adalah Transformers: Generation 2, dan Beast Wars. Kemudian di awal 2000 muncul beberapa seri lain yaitu Robots in Disguise dan Unicron Trilogy. Selain itu, film live-action juga muncul pada 2007 lalu dan disusul sekuelnya yang berjudul Revenge of the Fallen pada 2009. Sampai saat ini seri terbaru dari Transformers adalah serial The Animated besutan Cartoon Network.

Awal mula

Generasi 1 (1984-1992)

Generasi 1 (G1) merupakan serial perdana Transformers yang dirilis pada 1984. Sebenarnya basis asli Transformers adalah serial mainan Jepang tahun 1970-an, Microman dan Diaclone, dimana di mainan-mainan tersebut, yang dalam bentuk robot digambarkan bisa berubah menjadi sesuatu hal seperti mobil, alat-alat, dan binatang.

Hasbro kemudian berhasil membeli hak paten dari Diaclone Toys, dan kemudian menjual sebagian hak patennya kepada Takara dari Jepang.Sebelumnya Jim Shotter dan Dennis O’Neil dipecat dari Hasbro, padahal mereka berdualah yang berjasa menciptakan robot Autobots, Optimus Prime.Setelah itu beberapa karakter robot Transformers lain dibuat oleh Bob Budiansky.

Konsep utama dari G1 adalah pertarungan abadi antara Autobots pimpinan Optimus Prime melawan Decepticons pimpinan Megatron. Dimana saat mereka bertarung di luar angkasa, pesawat mereka (The Ark dan The Nemesis) tertarik gaya gravitasi Bumi, dan akhirnya mendarat di Bumi zaman pra-sejarah, sebelum akhirnya para Transformers tersebut bangkit kembali di tahun 1984.

Serial TV Transformers yang dibuat pertama kali tahun 1984 diproduksi oleh Sunbow Productions, dengan mengambil jalan cerita yang berbeda dari karya Bob Budiansky. Kebanyakan jalan ceritanya mengambil dari komik Marvel. Ddalam versi ini, perbedaan antara serial TV dengan komik adalah: Shockwave loyal pada Megatron di TV,sementara di komik ia adalah pemimpin Decepticons. Lainnya, Dinobots adalah sub-grup Autobots, sementara di komik mereka adalah independen.Decepticons beralih menjadi Autobots (Jetfire alias Skyfire), Constructicons yang bisa bergabung menjadi Devastator, dan si raksasa Omega Supreme. Dalam komik Marvel, Optimus Prime diciptakan dari Creation Matrix, namun lucunya di serial TV season dua, yang mencitpakan Optimus Prime adalah Alpha Trion dengan memakai super komputer Vector Sigma.

Di tahun 1986 film teater perdana Transformers berjudul The Transformers: The Movie dirilis. Dengan jalan cerita di tahun 2005. Dalam film ini, Matrix milik Optimus Prime berpindah tangan ke Ultra Magnus dikarenakan Optimus tewas. Selanjutnya sang pemakan planet, Unicron menggunakan kekuatannya untuk menolong Megatron dan merubahnya menjadi Galvatron, dan kemudian Rodimus Prime muncul, dengan memakai Matrix warisan Optimus Prime. Ia lantas menghancurkan Unicron.

Di season ketiga yang berbasis dari The Movie, Quintessons muncul sebagai pencipta semua Transformers di Cybertron yang mereka sebut sebagai pabrik.Quintessons sebenarnya tidak mau robot ciptaan mereka menjadi mempunyai kecerdasan, dan karena sesuatu hal, robot-robot ciptaan Quintessons akhirnya memiliki perasaan dan kekuatan. Mereka lah yang kini kita kenal dengan Autobots dan Decepticons. Di akhir season ketiga, Optimus Prime berhasil bangkit dari kematian dan menjadi pemimpin Autobots kembali.

Namun di Jepang, dengan pebedaan kultur dan juga jalan cerita, versi AS tidak dirilis secara resmi, dan mereka kemudian membuat lagi beberapa serial Transformers, seperti The Headmasters, Super-God Masterforce, Victory, dan Zone. Meskipun begitu di AS, versi karya Marvel tetap dilanjutkan dalam bentuk komik, dengan mengetengahkan Grimlock yang menjadi pemimpin Autobots setelah Optimus Prime dan Megatron tewas.

Sementara di versi Inggris, jalan cerita tampil berbeda dari AS dan Jepang. Di Inggris, Primus menjadi pencipta dari semua Transformers, dan menjadi rival abadi dari Unicron. Perbedaan lainnya adalah, di versi AS jumlah komik yang diterbitkan mencapai 80 edisi, sementara di Inggris mencapai 332 edisi.

Generasi 2 (1992-1995)

Versi ini merupakan versi lanjutan dari G1. Dirilis pertama kali tahun 1993 dengan jumlah buku komik mencapat 12 edisi. Sementara di versi Inggris, ada lima edisi. Cerita yang diketengahkan adalah Transformers yang aseksuali, dan kemudian dihentikan oleh Primus. Selanjutnya, sebuah koloni, entah Autobots atau Decepticons, tampil dan menjadi jalan cerita utama komik G2, jauh sebelum perang antara Optimus Prime melawan Megatron

Beast Wars/Machines (1996-2001)

Kontradiksi dengan versi G1, di serial TV 1996, Beast Wars, tampil dua grup jauh sebelum munculnya Autobots dan Decepticons. Mereka adalah grup heroik Maximals (pimpinan Optimus Primal) dan Predacons (pimpinan Megatron). 300 tahun setelah perang besar, dua grup ini mendarat dengan darurat di sebuah planet mirip Bumi, namun dengan dua satelit alam dan energon dengan level tinggi. Bentuk alternatif robot-robotnya juga memakai bentuk hewan.Merujuk pada Bob Forward dan Larry DiTillio, setelah mereka mempelajari G1, mereka lantas berkeinginan untuk membuat sebuah cerita seri Transformers dengan memakai unsur sejarah purba.Dan oleh sebab itulah, Beast Wars termasuk dalam G1, yang muncul dalam kartun dan komik karya Marvel. Di akhir season satu, salah satu satelit alam planet yang mirip Bumi tersebut dihancurkan.

Sebagai akibat dari penghancuran satelit kedua, adalah energi misterius yang muncul dalam beberapa karakter transmetal, dan planet kemudian di sebut sebagai Bumi prasejarah. Ini menggiring kita kepada The Ark dan The Nemesis dimana Megatron berencana membunuh Optimus Prime.Namum di akhir season ketiga, Primal memimpin tim untuk mencari spark. Dalam dua season awal, Cybertron adalah sebuah planet organic, dengan Megatron yang berencana untuk menghancurkannya.

Namun perbedaan kembali muncul di Jepang, ketika serial Transformers versi Kanada (Beast Wars bukan buatan dari Amerika Serikat), hanya datang dengan 13 episode, mereka merasa terlalu pendek, dan terlalu lama untuk menunggu yang baru, akhirnya sambil mereka menunggu versi Kanada, mereka lantas membuat dua serial TV eksklusif Jepang, sekarang kita kenal dengan nama Beast Wars II dan Beast Wars Neo, untuk mengisi slot waktu impor Kanada ke Jepang.

Transformers: Universe

Robots in Disguise (2000-2002)

Ini merupakan kali pertama serial Transformers diimpor dari Jepang untuk kawasan AS, dengan jumlah episode 39. Sementara dalam versi komik, AS tetap punya peranan utama sebagai induk pencipta Transformers. Robots in Disguise diimpor dari Jepang ke AS pada 2001. Dalam cerita ini, Megatron menciptakan Decepticons sebagai sub-grup dari Predacons, dengan cerita yang disebut-sebut orang merupakan kelanjutan dari Beast Wars/Machine. Selanjutnya beberapa karakter dari Robots in Disguise tampil dalam Transformers: Universe, diantaranya adalah Optimus Prime, Side Burn, dan Prowl.

Unicron Trilogy (2002-2006)

Tiga buah serial baru, yang kemudian disebut sebagai Unicron Trilogy oleh salah satu kreator Transformers, Aaron Archer.Ketiga serial tersebut adalah, Armada, Energon, dan Cybertron. Serial ini merupakan serial produksi bersama Hasbro (AS) dan Takara (Jepang), dan karena itulah, serial ini dirilis secara bersamaan di dua negara tersebut.

Armada mengisahkan tentang Autobots dan Decepticons yang menemukan Mini-Cons di Bumi, dengan beberapa diantaranya merupakan senjata dari Unicron. Energon diset 10 tahun kemudian, dengan Autobots yang menghentikan usaha Decepticons dari kebangkitan Unicron dengan energon.

Lagi-lagi perbedaan muncul di Jepang, ketika Transformers: Cybertron muncul berbeda dengan versi AS. Ini menyebabkan perbedaan mendasar ketika Hasbro menjual serial Cybertron sebagai kelanjutan dari Armada dan Energon. Beberapa plot diganti oleh pihak Jepang, namun intinya masih sama, meneruskan cerita seputar Unicron.

Satu pertanyaan mungkin muncul di kepala kita, kenapa di sebut Unicron Trilogy? Karena di ketiga serial tersebut hampir semuanya menceritakan tentang Unicron. Bahkan dengan tidak memasukan unsur cerita di G1, Unicron adalah tokoh utama yang sepak terjang kejahatannya sama dengan yang di G1, sebagai pemakan planet dan penghancur planet.

jika di versi G1 komiknya didominasi oleh Marvel, maka di versi serial ini, Dreamwave Productions menjadi penerbit resmi komik Transformers. Pertama adalah Armada yang dibuat dalam 18 seri, dengan cerita yang berbeda dengan versi serial TV. Kemudian mulai edisi 19 pihak Dreamwave menyebutnya sebagai Energon. Sayangnya Dreamwave keburu bangkrut, sampai-sampai cerita yang dibuat tidak sampai 30 edisi. Namun beberapa fans menyebut edisi-edisi terakhir komik Dreamwave sebagai era Transformers: Cybertron.

The Universe (2003-2006)

Diset sebagai lanjutan dari Beast Machine dan disisipi pula beberapa alur cerita dari Robots in Disguise, dengan beberapa karakter yang sama (seperti misalnya Optimus Prime) dan beberapa karakter-karakter yang baru. Ceritanya tertuang dalam bentuk buku komik yang tidak jelas akhir ceritanya, dan kini ada di Klub Kolektor Transformers yang resmi.

Transformers: Animated (2008)

Stasiun TV kartun, Cartoon Network memproduksi Transformers: Animated, yang mulai disiarkan di beberapa stasiun TV di dunia mulai akhir 2007 lalu hingga saat ini. Nama aslinya sebenarnya adalah Transformers: Heroes.Animated di set di kota Detroit pada abad 22, ketika robot dan manusia hidup berdampingan.Basis cerita di serial Transformers: Animated merupakan penggabungan antara Transformers versi film 2007 dan Transformers G1 di era 1980-an.

Sampai saat ini, baru tiga season dari Transformers: Animated yang dirilis. Rumor menyebutkan di 2010 nanti season keempat dari serial ini akan dirilis. Tapi pada pertengahan 2009, seri ini dihentikan dengan alasan yang tidak jelas.

Hal lain

Perbandingan dengan franchise lain

Transformers, seperti kebanyakan franchise media lain, merupakan salah satu ikon fiksi era modern. Di dunia, franchise Transformers berada di peringkat tiga dibawah Harry Potter dan James Bond. Sementara jika dihitung dari alur cerita, Transformers menempati posisi dua dibawah James Bond dan diatas Pokémon sebagai salah satu dari tiga cerita fiksi yang alur jalan ceritanya masih terus di update sesuai perkembangan zaman. Jika James Bond memegang image orang kaya berpendidikan tinggi, dan Pokémon mengusung gaya pop, maka Transformers sering disebut sebagai pembawa ikon alternative.

Penghargaan

Optimus Prime sebagai ikon utama Transformers dari Autobots, merupakan satu-satunya pemimpin fiksi yang banyak menjadi idola para pemimpin negara-negara di dunia. Salah satu penyebabnya adalah ketegasan dan dedikasinya bagi Autobots. Sehingga pernah dalam salah satu episode Transformers G1, Rodimus Prime berkata: Sulit bagi kita semua untuk bisa menyamai Optimus Prime dalam hal kepemimpinan. Sebagai wujud penghormatan kepada Optimus Prime, sebuah patung Optimus Prime setinggi 12 meter, ditemukan di Provinsi Yunnan, China, tepatnya di kota Kunming. Transformers telah masuk ke China sejak tahun 1990, dan menjadi tayangan TV favorit disana. Patung ini dibuat untuk mengingatkan generasi muda China agar kelak tampil menjadi pemimpin dengan dedikasi tinggi seperti Optimus Prime.

Sementara itu, Megatron yang menjadi tokoh antagonis utama dalam Transformers (dari Decepticons), dinobatkan sebagai salah satu diktator paling legendaris didunia. Dalam majalah Wizard, posisi Megatron adalah di posisi 68 dari 100 diktator legendaris dunia (baik yang dari dunia nyata, maupun dari dunia fiksi). Selain Megatron, salah satu karakter Transformers yang lain yaitu Blurr, mencatat sejarah dengan masuk sebagai nomor satu dalam majalah Forbes. Ini terjadi setelah majalah tersebut menobatkan Blurr sebagai fastest fictional car di tahun 2008 dengan kecepatan 800mph.

Kontroversi

Salah satu kontroversi yang paling sering diperdebatkan dalam Transformers adalah soal hak cipta karakter. Berbeda dengan Pokemon yang hampir semuanya asli dari Jepang dan kemudian diberikan versi English-nya, di Transformers baik versi Jepang (Takara) maupun versi Amerika Serikat (Hasbro) secara umum adalah berdiri sendiri dan tidak bekerjasama secara umum. Dan bahkan gara-gara masalah itulah, sering terjadi kebingungan antara fans Transformers jika melihat mainan Transformers versi Jepang dan versi AS. Walaupun dijual dengan nama yang sama misalnya, tetapi skema warna dan keterangannya selalu berbeda. Hingga saat inipun, pihak Transformers versi Jepang dan Transformers versi AS belum bisa menyatukan pendapatnya secara umum.

Di Sydney, Australia, mainan Megatron sempat disweeping oleh pihak berwenang karena bentuk Megatron sebagai replika pistol Walther P38 bisa diubah oleh pemiliknya menjadi pistol sungguhan yang berbahaya. Alhasil semua mainan miniatur Megatron di Australia harus mempunyai izin kepolisian jika Anda membeli mainan tersebut ditoko mainan. Kemudian di beberapa bandara di Amerika Serikat, para turis yang membeli mainan Megatron dalam bentuk pistol harus kecewa setelah oleh-oleh mereka tersebut disita oleh pihak kepolisian bandara, lagi-lagi karena bentuk Megatron sebagai pistol yang diyakini bisa dipakai untuk senjata api sungguhan. Setelah melihat hal tersebut, pihak Hasbro kemudian membuat model lain dari mainan Transformers. Megatron kemudian tampil dalam bentuk mainan tank M1A1 Abrams. Selain tentunya bentuk jet Cybertronian dalam film Transformers 2007.
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Autobot



Autobots adalah grup robot protagonis dalam serial Transformers. Mereka berasal dari planet Cybertron. Musuh utama mereka adalah Decepticons. Baik Autobots maupun Decepticons adalah robot berbentuk seperti manusia yang bisa berubah menjadi benda lain seperti mobil, pesawat terbang, hewan, dan juga kaset. Khusus untuk Autobots, mereka kebanyakkan bisa berubah menjadi mobil, binatang purba (dinosaurus), dan sebagian kecil bisa berubah menjadi pesawat dan roket (seperti Omega Supreme, Skyfire, Cosmos, Powerglide, dan tim Aerialbots).

Autobots dipimpin oleh Optimus Prime. Selain Optimus Prime, Autobots juga pernah dipimpin oleh Rodimus Prime dan Ultra Magnus. Warna mata para anggota Autobots adalah biru (sedangkan warna mata Decepticons adalah merah).

Autobots mempunyai beberapa sekutu, yaitu Dinobots, Aerialbots, Technobots, dan Protectobots. Selain itu mereka juga punya teman manusia, yaitu Sparkplug Witwicky, Spike Witwicky, Carly, Daniel Witwicky, dan Chip Chase.

Transformers G1

Dalam serial Transformers asli era 1980-an, Autobots adalah sebuah grup robot komersial yang diciptakan oleh Quintessons di Cybertron.Tubuh mereka diciptakan oleh Plasma Energy Chamber, sementara kecerdasan mereka diberikan oleh super mega computer Vector Sigma.

Namun karena terjadi suatu masalah antara A-3 (pemimpin produksi robot) dan Quintessons, maka Cybertron yang tadinya sangat kaya akan sumber daya tiba-tiba berubah menjadi sebuah planet mati. Akhirnya Autobots yang merupakan robot komersil, ingin menyamai Decepticons yang tadinya adalah robot untuk kalangan militer. Sehingga terjadilah perang besar, dan mengakibatkan Cybertron memasuki masa suram. Sementara itu Quintessons melarikan diri ke planet Quintessa dan sebagian lagi ada yang lari ke planet Junkion.

Ditengah perang besar antara Decepticons dan Autobots, pihak Decepticons memiliki satu keuntungan yaitu pemimpin (dalam hal ini Megatron). Sementara pihak Autobots tidak memiliki pemimpin, hingga akhirnya A-3 yang kemudian berubah nama menjadi Alpha Trion menjadi pelindung sementara Autobots sekaligus Cybertron.

Lima juta tahun berlalu, perang antara Autobots dan Decepticons malah mengakibatkan Cybertron kehabisan energi. Untuk itu Autobots dibawah pimpinan Optimus Prime memutuskan untuk mencari sumber energi baru. Namun Decepticons ternyata juga mengetahui niat Autobots tersebut dan mengikuti mereka. Terjadilah perang antar pesawat antara pesawat Ark milik Autobots dengan pesawat Nemesis milik Decepticons, hingga akhirnya gaya gravitasi Bumi menarik pesawat Autobots dan akhirnya jatuh menabrak sebuah gunung berapi.

Empat juta tahun kemudian, tepatnya di 1984, gunung berapi tersebut mengalami erupsi dan mengakibatkan komputer Teletraan I hidup kembali. Dengan menggunakan satelit mini, Teletraan menghidupkan kembali semua anggota Transformers. Yang lebih dulu dihidupkan adalah Decepticons, baru kemudian Autobots. Autobots akhirnya mendapat teman manusia selama berada di Bumi.

Memasuki abad 21, Autobots menciptakan Autobot City sebagai markas utama mereka selain The Ark, dimana ketika itu Decepticons mengontrol penuh Cybertron. Pada 2005 Decepticons menyerang Autobot City dan menyebabkan Optimus Prime meninggal. Sebelum meninggal, Optimus kemudian menyerahkan Matrix of Leadership kepada Ultra Magnus. Namun dilain tempat, Decepticons ternyata berkerjasama dengan Quintessons dan juga Unicron. Setelah serangan bertubi-tubi Decepticons, Para anggota Autobots terpaksa harus menyebar ke beberapa planet selain Bumi seperti Junkion dan Quintessa.

Namun seorang Autobot muda bernama Hot Rod memberanikan diri menantang Galvatron (reinkarnasi dari Megatron) dan ia akhirnya berhasil merebut Matrix of Leadership dari tangan Galvatron. Selain itu Hot Rod juga berhasil mengalahkan Unicron dan akhirnya ia menabsihkan diri menjadi Rodimus Prime. Dengan kemenangan tersebut, Autobots berhasil merebut kembali Cybertron dari tangan Decepticons.

Tahun 2006 setelah perang besar Autobots vs. Decepticons usai, kini muncul lagi masalah lain, yaitu spora matahari (Hate Plague) yang menyerang semua manusia, juga Transformers. Rodimus Prime juga terkena infeksi. Sebelum terkena, Rodimus sempat memerintahkan Sky Lynx untuk mencari Quintessons guna membangkitkan kembali Optimus Prime. Satu anggota Quintesson berhasil ditemukan dan akhirnya Optimus kembali hidup. Optimus lantas merebut Matrix dari tangan Rodimus yang terinfeksi dan kemudian menyembuhkan seluruh makhluk hidup termasuk para Transformers dengan menggunakan Matrix tersebut.

Setelah satu tahun perdamaian tercipta antara Autobots dan Decepticons, pada 2007 Galvatron mencoba mengakses Plasma Energy Chamber. Ia berencana memindahkan Cybertron ke Bumi dan menggunakan energinya untuk menghisap energi matahari. Namun semua rencana tersebut ternyata sudah direncanakan oleh Vector Sigma untuk mengembalikan masa emas Cybertron. Dengan pertolongan Spike Witwicky dan para Nebulans, Autobots berhasil menghentikan usaha Decepticons dan akhirnya Autobots bisa mewujudkan kembali masa keemasan Cybertron, juga menyelamatkan Bumi dan matahari.

Transformers: Animated

Petualangan Autobots di Transformers: Animated dimulai ketika Optimus Prime menonton video yang menceritakan masa lalu dari Autobots dan Decepticons, dimana Megatron dimasa silam (yang gambarnya merupakan kilas balik Transformers G1) dengan kejam berperang melawan Autobots.

Optimus bersama Bulkhead, Bumblebee, dan Ratchet merupakan lulusan dari akademi Autobots dibawah pimpinan Ultra Magnus. Ketika mereka menemukan Allspark, tanpa diduga mereka dikuntit oleh Decepticons. Dan kemudian Decepticons menyerang mereka hingga akhirnya mereka sampai di Bumi dan jatuh disekitar Detroit.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, barulah mereka semua ditemukan oleh Sari Sumdac. Sebelumnya kepala Megatron ditemukan oleh ayah Sari, Isaac Sumdac, dan menjadi salah satu barang rahasia miliknya di Sumdac Tower.
Selanjutnya Autobots kembali berperang melawan Decepticons untuk melindungi manusia dan Allspark yang mereka temukan.

Beberapa Daftar anggota Autobots

Generasi Satu

Primes / Pemimpin Prime

Prima
Prime Nova
Alpha Prime
Guardian Prime
Sentinel Prime – Cybertronian Truck
Optimus Prime – Freightliner COE Tractor Trailer
Rodimus Prime – Cybertronian RV

Komandan

Komandan Kota
Ultra Magnus - Freightliner COE Car Carrier
Pemimpin dari Persatuan Sesepuh Autobot
Emirate Xaaron
Komandan Autobot Wanita
Elita One - Cybertronian Car
Pemimpin Pemberontakan
Alpha Trion - (Sebelumnya dikenal dengan nama A-3, model alternatifnya adalah Cybertronian Jet/Spacecraft.)
Beta

Mobil

Bluestreak - Nissan 280ZX Turbo (Selanjutnya disebut juga "Silverstreak".)
Hound - Mitsubishi J59 (Selanjutnya disebut juga "Autobot Hound".)
Ironhide - Nissan C20 Vanette
Jazz - Porsche 935 Turbo (Selanjutnya disebut juga "Autobot Jazz" atau "Meister" (nama Jepang-nya).)
Mirage - Ligier JS11 F-1 Racing Car
Prowl - Nissan 280ZX Police Car
Ratchet - Ambulan Nissan C20 Vanette (Selanjutnya disebut juga "Autobot Ratchet".)
Sideswipe - Lamborghini Countach LP500S (Selanjutnya disebut juga "Side Swipe".)
Sunstreaker - Supercharged Lamborghini Countach LP500S
Trailbreaker - Toyota Hilux
Wheeljack - Lancia Stratos Turbo
Grapple - Mitsubishi Fuso Crane Truck (Selanjutnya disebut juga "Autobot Grapple".)
Hoist - Toyota Hilux Tow Truck
Skids - Honda City Turbo (Selanjutnya disebut juga "Autobot Skids".)
Smokescreen - Racing-modifikasi Nissan 280ZX-R
Tracks - Chevrolet Corvette C3 (Selanjutnya disebut juga "Autobot Tracks".)
Inferno - Mitsubishi Fuso Fire Truck
Red Alert - Fire Chief-styled Lamborghini Countach
Hot Rod - Cybertronian Pontiac Firebird (Selanjutnya menjadi Rodimus Prime, pemimpin Autobots.)
Kup - Cybertronian Pickup Truck
Blurr - Cybertronian Car

Spy

Punch - Pontiac Fiero (Pindah aliansi menjadi Decepticon bernama Counterpunch.)

Autobots Wanita

Arcee - Cybertronian Car
Chromia - Cybertronian Van
Firestar - Cybertronian Pickup
Moonracer - Cybertronian Car

Kendaraan Mini

Brawn - Land Rover Defender
Bumblebee - Volkswagen Beetle
Cliffjumper - Porsche 924 Turbo
Gears - 4x4 Pickup
Huffer - Cab-Over-Engine Semi Truck Cab
Windcharger - Pontiac Firebird Trans-Am
Beachcomber - Dune Buggy
Cosmos - Piring terbang mirip pesawat UFO
Powerglide - A-10 Thunderbolt
Seaspray - Hovercraft
Warpath - M551 Sheridan tank
Wheelie - Cybertronian Car
Bumper - Mazda Familia 1500XG (Diperkirakan merupakan penggabungan Bumblebee dan Cliffjumper.)
Hubcap - Porsche 924 (retool of Cliffjumper)
Outback - Land Rover Defender (retool of Brawn)
Pipes - Cab-Over-Engine Semi Truck Cab (retool of Huffer)
Swerve - 4x4 Pickup (retool of Gears)
Tailgate - Pontiac Firebird Trans-Am (retool of Windcharger)

Dinobots

Grimlock - Tyrannosaurus rex
Slag - Triceratops
Sludge - Apatosaurus
Snarl - Stegosaurus
Swoop - Pteranodon
Paddles - Elasmosaurus (Tampil dalam The Transformers Legends)

Pelindung Kawasan Udara

Jetfire/Skyfire - VF-1 Valkyrie-styled Jet

Autobot City

Metroplex - Robot / Battle Station / City
Scamper - Cybertronian Car / Robot
Slammer - Tank / Tower
Six-Gun - Tower/Robot

Ilmuwan

Perceptor - Microscope

Pertahanan Terakhir

Omega Supreme - Rocket Defense Base

Letnan Komandan

Sky Lynx - Space Shuttle / Bird / Lynx

Detektif Pemburu

Devcon - Futuristic Jet (Tampil dalam episode The #####er.)

The Wreckers

Impactor (Pemimpin)
Rack'n'Ruin

Tanpa Kategori

Last Autobot - Cybertronian Spacecraft
Dion - Cybertronian Pickup (Dipercaya dibangun ulang menjadi Ironhide, Ultra Magnus, atau Huffer)
Toaster - Toaster (Kakak Blaster dalam komik versi Marvel UK.)
Karmen - Heated Hair Curler Set (Adik Blaster dalam komik versi Marvel UK.)
Scrounge - Wheel (Teman lama Blaster yang tewas dalam komik.)
Powerdasher - Drill Tank / Jet / Funny Car
Junkions
Wreck-Gar - Sepeda motor (Pemimpin)
Nancy
Avanti - Sepeda motor (disebutkan oleh Wreck-Gar dalam film)
Nitro - Sepeda motor (disebutkan oleh Wreck-Gar dalam film

Tim Kombinasi

Aerialbots / Superion

Silverbolt - Concorde - Pemimpin tim
Air Raid - F-15 Eagle
Fireflight - F-4 Phantom
Slingshot - AV-8B Harrier
Skydive - F-16 Fighting Falcon

Protectobots / Defensor

Hot Spot - Blue Fire Engine - Pemimpin tim
Blades - UH-1 Iroquois
First Aid - Ambulance
Groove - Police Motorcycle
Streetwise - Police modified Nissan 300ZX

Technobots / Computron

Scattershot - Cybertronian Jet / Artillery Cannon - Pemimpin tim
Afterburner - Cybertronian Speedbike
Lightspeed - Cybertronian Car
Nosecone - Drill Tank
Strafe - Spacefighter w/ twin heavy cannons

Komunikasi

Blaster - Boombox

Kaset Blaster

Eject - Blue Robot / Microcassette
Ramhorn - Badak / Microcassette
Rewind - Black Robot / Microcassette
Steeljaw - Singa / Microcassette
Grandslam - Tank / Microcassette

Generasi Dua

Komandan

Optimus Prime - Freightliner COE Tractor Trailer

Mobil Autobot

Sideswipe - Lamborghini Countach
Inferno - Fire Engine
Jazz - Porsche 935 Turbo

Minibots

Bumblebee
Hubcap
Seaspray
Beachcomber

Dinobots

Grimlock
Snarl
Slag

Gestalt Teams
Aerialbots / Superion - Lihat di Generasi Satu

Rotor Force
Manta Ray - Speedboat
Leadfoot - F-1 Racer

Laser Rods
Optimus Prime - Mid 1990s Western Star 4964EX Truck with Tank Trailer
Electro - Gold Pickup
Volt - Red Hot Rod

Laser Cycles

Road Rocket - Red Speedbike

Cyberjets

Air Raid - F-117 Nighthawk
Jetfire - Navalised F-22 Raptor
Strafe -Modified X-29

Axelerators

Dirilis tahun 1993, nama dan warna dengan beragam variasi dirilis di Eropa..

Rapido - Cybertronian Car
Skram - Chevrolet Corvette
Turbofire - Pickup Truck (Also called "Hotrider")
Windbreaker - Pontiac Firebird (Disebut juga "Rush" atau "Zap")

Power Masters

Tidak ada hubungan dengan G1 Powermasters, figure ini hanya tampil dengan sedikit perbedaan pada roda.

Ironhide - Hummer H1
Staxx - Tractor-Trailer Cab
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Decepticon



Decepticons (atau disebut juga Destrons atau Deathtrons di Jepang) adalah musuh utama dari Autobots dan merupakan grup antagonis dalam serial Transformers. Mereka bisa berubah menjadi bermacam-macam benda, diantaranya mobil, pesawat terbang, dan peralatan militer. Decepticons dipimpin oleh Megatron (dan juga Galvatron). Kebanyakkan dari mereka berwarna ungu, dan juga bermata merah. Salah satu keunggulan mereka adalah ketangkasan di udara. Hampir semua anggota Decepticons bisa terbang, dan ini sangat berbeda dengan Autobots yang ahli di jalan raya.

Pengertian-pengertian lain Decepticons dalam beberapa bahasa antara lain: Decepticans (di Prancis), Distructors (di Italia), Robotikák atau Álcák (di Hungaria), Robotikus (di Malaysia), Decepticonit (di Finlandia), Bedragarna (di Swedia) dan Shakranikim (di Israel).

Sama seperti Autobots, Decepticons juga memiliki beberapa sekutu, antara lain Constructicons, Insecticons, Combaticons, Terrorcons, Predacons, dan Seacons.

Transformers G1

Nyaris sama seperti Autobots, Decepticons adalah sebuah grup robot yang diciptakan oleh Quintessons sebagai alat untuk kegiatan militer (sementara Autobots untuk komersial). Salah satu keunggulan Decepticon ketimbang Autobots adalah pada teknologi, dimana hampir semua anggota Decepticons bisa terbang, sedangkan Autobots tidak.

Sembilan juta tahun yang lalu, Megatron secara kejam telah membunuh para pemimpin Autobots. Ia lantas diidolakan oleh seorang robot muda bernama Orion Pax karena kemampuan terbangnya tersebut. Ketika Pax bertemu Megatron, ia sama sekali tidak menduga bahwa Megatron adalah seorang penjahat. Pax kemudian dibunuh secara kejam oleh Megatron. Namun sekelompok robot tidak dikenal (yakni Aerialbots) berhasil menolong Pax. Tubuh Pax yang hancur kemudian dibawa ke bengkel milik Alpha Trion, dan akhirnya ia dirakit ulang menjadi Optimus Prime.

Empat juta tahun sesudahnya, pihak Decepticons menerima kabar bahwa Autobots akan meninggalkan Cybertron yang sedang terkena krisis energi. Tak lama setelah itu, Megatron memutuskan akan mengikuti Autobots dengan tujuan menghancurkannya. Ketika kapal Autobots dan Decepticons bersinggungan di luar angkasa, tanpa sengaja gaya gravitasi Bumi menarik mereka dan akhirnya baik Autobots dan Decepticons terdampar di planet Bumi. Pesawat Autobots dan Decepticons kemudian mengalami kecelakaan dengan menabrak sebuah gunung berapi.

Pada tahun 1984, atau lima juta tahun setelah kecelakaan tersebut, gunung berapi tersebut mengalami erupsi dan mengakibatkan computer Teletraan I hidup kembali. Dengan menggunakan satelit mini, Teletraan menghidupkan kembali semua anggota Transformers. Yang lebih dulu dihidupkan adalah Decepticons, baru kemudian Autobots. Autobots akhirnya mendapat teman manusia selama berada di Bumi. Sedangkan Decepticons memutuskan untuk mengumpulak energi sebanyak-banyaknya, dan kalau bisa sampai habis selama mereka berada di Bumi. Dan energi tersebut akan dikirimkan kepada Shockwave yang berada di Cybertron dengan memakai jembatan angkasa.
Namun tak selamanya pihak Decepticons bermusuhan dengan Autobots. Baik Megatron dan Optimus Prime pernah beberapa kali bekerjasama, diantaranya untuk menghentikan ulah Insecticons yang mencoba menguasai energi listrik dunia dan meng-stop tindakan Starscream bersama Combaticons yang mencoba menabrakkan Bumi dan Cybertron

Pada tahun 2005, Decepticons berhasil menguasai Cybertron secara penuh, namun hanya sebentar sebelum serangan besar yang datang dari Unicron, dimana akhirnya Cybertron bisa di ambil alih oleh Autobots. Dalam perang besar tersebut, datang juga pihak Quintessons yang sudah lama menghilang akibat tidak bisa mengendalikan Autobots dan Decepticons. Mereka bermaksud untuk menghancurkan Autobots dan juga Decepticons sekaligus mengambil alih kendali Cybertron kembali. Untuk menjalankan maksudnya, Quintessons berpura-pura memihak Decepticons yang kini dipimpin oleh Galvatron (re-inkarnasi dari Megatron).

Pada akhirnya Decepticons kalah dalam perang tersebut. Sehingga Galvatron memutuskan untuk mencari galaksi lain yang bisa mereka taklukan, dan membiarkan Autobots bersenang-senang di Cybertron dan juga di Bumi.

Transformers: Animated

Di serial baru Transformers: Animated, Decepticons tampil untuk mencari Allspark. Setelah berhasil menidentifikasi barang yang ditemukan oleh Optimus Prime, Megatron kemudian langsung berinisiatif untuk menyerang Autobots dan merebut Allspark, namun tanpa sepengetahuan Megatron, Starscream menempelkan bom pada punggung Megatron, dimana ketika ia menyerang Autobots, bom itu meledak. Walaupun Megatron tidak tewas, Optimus berhasil menghancurkan Megatron, hingga jatuh ke Bumi didaerah Detroit, dan kemudian kepalanya ditemukan oleh Isaac Sumdac.

Lima puluh tahun kemudian, Starscream mencoba merebut Allspark dari tangan Autobots, namun gagal. Tak lama berselang Megatron bangkit kembali melalui kunci yang berada di tangan Sari Sumdac. Dengan bantuan Constructicons, Megatron berhasil mendapatkan tubuh baru, namun Starscream malah terbunuh dalam sebuah pertarungan dengan Autobots.

Megatron kemudian menciptakan pasukan Dinobots, yang ironisnya malah berafiliasi dengan Autobots. Sadar usahanya gagal, Megatron kemudian menciptakan Soundwave dan memberikannya kepada Sari sebagai hadiah ulang tahun. Sekali lagi usaha Megatron gagal, dan pada akhirnya ia harus berjibaku untuk melawan Autobots.

Beberapa Daftar anggota Decepticons

Generasi Satu

Pemimpin

Megatron - Walther P-38 Pistol
Galvatron - Laser Cannon / Futuristic Handgun
The Fallen - Decepticon satellite

Komandan

Komandan Operasi Militer

Shockwave - Cybertronian Space Gun

Headmaster

Scorponok - Scorpion / City
Lord Zarak
Fasttrack - Base Defense Vehicle

Gubernur dari Polyhex

Lord Straxus - Mobile Cannon
[sunting]Pretender
Bludgeon - Tank
Outershell - Samurai Skeleton

Mega Pretender

Thunderwing - Futuristic Jet

Jets

Seekers

Istilah Seekers digunakan untuk Jet Decepticons yang muncul sejak season satu.

Starscream - F-15 Eagle
Skywarp - F-15 Eagle
Thunder#####er - F-15 Eagle
Sunstorm - F-15 Eagle

Coneheads

Coneheads sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Seekers, mereka muncul di season dua, dengan kepala berbentuk seperti corong dan beragam modifikasi lain yang membedakan mereka dengan jet di season satu..

Dirge - Modified F-15 Eagle
Ramjet - Modified F-15 Eagle
Thrust - Modified VTOL F-15 Eagle

Lain-lain

Cyclonus - Cybertronian Jet
Scourge - High Flying Hovercraft
Sweeps - High Flying Hovercraft (model sama dengan Scourge)

Komunikasi

Soundwave - Microcassette Player

Kaset Soundwave

Ravage - Jaguar / Microcassette
Laserbeak - Rajawali / Microcassette
Rumble - Robot / Microcassette
Buzzsaw - Condor / Microcassette
Frenzy - Robot / Microcassette
Ratbat - Kelelawar / Microcassette
Overkill - Tyrannosaurus Rex / Microcassette
Slugfest - Stegosaurus / Microcassette
Beastbox - Ape / Microcassette
Squawktalk - Eagle / Microcassette
Beastbox dan Squawktalk bisa bergabung menjadi Squawkbox.

Reconnaissance

Reflector (SpyGlass, Spectro & Viewfinder) - Kamera

Decepticon City

Trypticon - Tyrannosaurus rex / Battle Platform / City
Full Tilt - Cybertronian Car / Robot
Brunt - Tank / Tower
Wipeout - Earth Car (Marvel Comics only)

Drone

Nightbird (Robot buatan manusia yang dimodifikasi menjadi Decepticons.)

Tim Kombinasi

Constructicons / Devastator

Scrapper - Front End Loader - Pemimpin tim
Bonecrusher - Bulldozer
Hook - Crane Truck
Long Haul - Dump Truck
Mixmaster - Concrete Mixer
Scavenger - Excavator

Stunticons / Menasor

Motormaster - Kenworth K100 - Pemimpin tim
Breakdown - Lamborghini Countach
Dead End - Porsche 928
Drag Strip - Tyrrell P34
Wildrider - Ferrari 308 GTB

Combaticons / Bruticus

Onslaught - Anti-Aircraft Truck - Pemimpin tim
Blast Off - Space Shuttle
Brawl - Leopard Tank
Swindle - Jeep
Vortex - UH-60 Black Hawk

Predacons / Predaking

Razorclaw - Singa - Pemimpin tim
Divebomb - Elang
Headstrong - Badak
Rampage - Harimau
Tantrum - Banteng

Terrorcons / Abominus

Hun-Grrr - Naga dua kepala (disebut juga "Hun-Grr", atau "Hun-Gurr") - Pemimpin tim
Blot - Mole Monster
Cutthroat - Pteranodon
Rippersnapper - Bipedal Shark
Sinnertwin - Orthus

Seacons / Piranacon

Snap Trap - Snapping Turtle - Pemimpin tim
Nautilator - Lobster
Overbite - Bipedal Shark
Seawing - Manta Ray
Skalor - Bipedal Coelacanth
Tentakil - Squid

Insecticons

Bombshell - Kumbang Jepang
Kickback - Belalang
Shrapnel - Kumbang

Generasi Dua

Komandan

Megatron - M1A1 Abrams Tank (also released as a Gobot)

Pahlawan Perang

Megatron - M1A1 Abrams Tank

Decepticon Jets

Starscream - F-15 Eagle
Ramjet - Modified F-15 Eagle

Stunticon

Breakdown - Lamborghini Countach

Tim Kombinasi

Constructicons / Devastator - Lihat Generasi Satu
Combaticons / Bruticus - Lihat Generasi Satu

Rotor Force

Ransack - Vought F4U Corsair
Powerdive - Helicopter

Laser Rods

Jolt - Old-Style Racer
Sizzle - Black Hot Rod

Laser Cycles

Road Pig - Motorcycle

Cyberjets

Skyjack - F-117 Nighthawk
Hooligan - Navalised F-22 Raptor
Space Case - Futuristic Jet

ATB

Dreadwing - B-2 Bomber / Tank
Smokescreen - Cybertronian Jet Fighter

Autorollers

Dirtbag - Payloader
Roadblock - Dump Truck

Skyscorchers

Eagle Eye - Eurofighter Typhoon
Afterburner - F-104 Starfighter
Terradive - A-7 Corsair II
Windrazor - F-16 Falcon

Power Masters

Tidak ada hubungan dengan G1 Powermasters, figure ini hanya tampil dengan sedikit perbedaan pada roda.
Meanstreak - Funny Car
Bulletbike - Motorcycle w/ Sidecar

Cybertronian Empire

Liege Maximo
Jhiaxus - Cybertronian Spacecraft
Rook (Jhiaxus' lieutenant)
Mindset - Cybertronian Tank
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Optimus Prime



Kutip:
Optimus Prime (Convoy dalam versi Jepang) adalah nama untuk karakter robot fiksi dan tokoh protagonis dari serial The Transformers.Ia merupakan pemimpin grup Autobots.Optimus adalah salah satu karakter Transformers yang paling banyak dikenal oleh masyarakat dunia selain Megatron, Starscream, Soundwave, Ironhide, Wheeljack dan Bumblebee.
Transformers G1

Profil

Optimus Prime adalah karakter utama dari serial Transformers.Ia adalah pemimpin Autobots untuk melawan semua kejahatan yang dilakukan oleh Decepticons, dengan pemimpinnya yaitu Megatron. Optimus Prime mendedikasikan dirinya untuk berjuang membela kebenaran di Cybertron, Bumi, dan juga alam semesta. Ia dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan juga dihormati oleh semua anggota Autobots, dan sebagian dari Decepticons.

Model alternative asli Optimus Prime adalah sebuah truk trailer dengan mesin yang berada didalam kabin. Di dalam dadanya tersimpan sebuah benda mistik yang kemudian dikenal dengan nama Autobot Matrix of Leadership,yang Optimus Prime warisi dari Sentinel Prime, dan kemudian ia wariskan kepada Rodimus Prime disaat Optimus wafat. Sementara bagian tubuhnya yang lain, yaitu kontainer trailernya, bisa berubah menjadi sebuah mobile battle-station, dan juga sebuah mobil buggy yang sangat berguna untuk menyelinap masuk ke daerah musuh yang sempit dan berbahaya.

Semua bagian tersebut mempunyai keterkaitan dengan tubuh Optimus dan mereka tidak akan bisa selamat jika Optimus tidak turun tangan bersama mereka. Sementara untuk pengisi suara, Optimus Prime versi bahasa Inggris diisi suaranya oleh aktor Kanada, Peter Cullen.Sementara di versi bahasa Jepang oleh Tessho Gendha. Pengecualian hanya untuk episode di season kedua, Masquerade, yang memakai jasa Roger C. Carmel sebagai pengisi suara versi bahasa Inggris.

Serial animasi

Season 1

Pada awal sejarahnya sekitar 9 juta tahun yang lalu saat masa keemasan Cybertron, Optimus dikenal dengan nama Orion Pax. Seorang robot muda yang tekun, rajin, serta berkepribadian baik. Ia mempunyai pacar bernama Ariel dan teman dekat bernama Dion. Orion mengaku bahwa dirinya mengagumi Megatron dan para anak buahnya, dikarenakan grup Decepticons mempunyai kelebihan yaitu mereka bisa terbang.

Namun Megatron yang saat itu mencoba merebut energi dari gudang milik Orion ternyata menunjukkan sikap yang tidak bersahabat. Ia membunuh Orion, Ariel, dan Dion.

Tanpa diduga, kelompok Aerialbots yang dikirim oleh Megatron ke masa lalu bertemu dengan mayat Orion. Mereka lalu mencoba menyelamatkan Orion dengan mendatangi Alpha Trion dan meminta Alpha untuk memperbaiki Orion. Pada awalnya Alpha Trion menolak karena di bengkel perbaikkannya sudah penuh dengan para prajurit. Namun karena pihak Aerialbots terus memaksa, akhirnya Alpha Trion memutuskan untuk merakit ulang Orion Pax dan mere-brandingnya dengan nama baru.

Sungguh tidak bisa diduga sebelumnya, ternyata Alpha Trion merakit ulang Orion menjadi Optimus Prime dan hal ini sangat mengejutkan kelompok Aerialbots. Alpha Trion bahkan menyebutkan bahwa robot yang baru saja dirakit ulang olehnya akan menjadi tentara pertama yang akan menyelamatkan seluruh kelompok Autobots dari kehancuran akibat ulah Megatron dan Decepticons. Sedangkan pacar Optimus yaitu Ariel dirakit ulang oleh Alpha Trion dan dinamai menjadi Elita One.Dan teman setianya, yaitu Dion dirakit ulang menjadi Ultra Magnus.

Selanjutnya, Optimus Prime bersama rekan-rekan Autobots-nya pergi meninggalkan Cybertron menuju Bumi, Dan bisa ditebak kepergian mereka juga diikuti oleh pihak lawan yaitu Decepticons.

Di Bumi, setelah pesawat The Ark (dengan ditempel oleh The Nemesis dari Decepticons) yang ditumpangi oleh Optimus bersama rekan-rekan Autobots menabrak sebuah gunung, dan menewaskan semua Autobots dan Decepticons. Empat juta tahun setelah tabrakan tersebut, gunung tersebut mengalami erupsi, dan membuat super komputer Teletraan I hidup kembali. Teletraan lantas meluncurkan satelit mini, dan menghidupkan kembali semua Transformers. Yang dihidupkan pertama kali adalah Decepticons, selanjutnya menyusul Autobots. Optimus mendapatkan mode sebuah truk trailer Bumi.

Baik Optimus dan rekan-rekannya di Autobots menyadari bahwa Decepticons yang diyakini mereka juga hidup, pasti akan menghabiskan seluruh sumber daya energi di Bumi. Lantas ia memerintahkan Cliffjumper dan Hound untuk mengawasi Decepticons. Namun mereka malah membuat masalah dan akhirnya Autobots dan Decepticons memulai perang mereka di Bumi.

Lantas Decepticons mencoba kabur kembali ke Cybertron, Optimus lalu memutuskan ia akan nekat untuk menghajar Decepticons. Optimus berhasil dan pesawat The Nemesis kemudian jatuh ke lautan Pasifik.Sekilas kemudian Autobots mengira bahwa Decepticons telah lebur dengan air laut, namun tidak lama setelah itu mereka hidup kembali.

Optimus kemudian memerintahkan Wheeljack, Ratchet, dan Spike Witwicky untuk membuat Dinobots, namun karena dinilai berbahaya ia meminta agar projek itu dibatalkan, hingga pada suatu ketika Optimus terjebak oleh Decepticons dan membuat Wheeljack tidak punya cara lain selain menghidupkan kembali Dinobots yang akhirnya menyelamatkan Optimus.

Season 2

Selain Dinobots, Optimus juga berperan besar atas terciptanya Aerialbots, yang mulai muncul di season kedua.Dimana tim ini sempat memusingkan Optimus dan rekan Autobots-nya, atas ulah mereka yang sombong. Namun pada suatu kesempatan di Cybertron, Aerialbots (yang diperdaya oleh Megatron dengan mengirimnya kembali ke masa lalu) menjadi saksi mata atas terciptanya Optimus Prime oleh Alpha Trion, dan setelah kejadian tersebut, para Aerialbots menjadi sadar atas apa yang terjadi baik di masa dulu maupun di masa sekarang.

Optimus juga sempat diburu oleh seorang pemburu ambisius bernama Lord Chormondeley (dalam episode A Prime Target), Setelah berhasil mencuri sebuah jet tempur Uni Soviet, ia lalu menginginkan kepala Optimus, karena akan berharga jutaan dollar. Ia lantas menculik beberapa anggota Autobots untuk memancing datangnya Optimus. Namun diluar dugaan, semua trik tipuan Chormondeley berhasil dihancurkan oleh Optimus. Dengan bantuan dua Decepticons Triple Changers, Astrotrain dan Blitzwing yang berpura-pura memihak Chormondeley, Optimus Prime akhirnya bisa mengalahkan pemburu ambisius ini.

Dalam episode The Revenge of Bruticus, Optimus berkerjasama dengan Megatron untuk menghentikan aksi Combaticons yang berniat akan menabrakan Cybertron dengan Bumi. Wheeljack dan Ratchet kemudian menciptakan sebuah alat yang diciptakan dari komponen Optimus dan Megatron. Dengan alat itu, kombinasi Optimus dan Megatron akhirnya mampu mengalahkan Combaticons bersama sang kreator, Starscream.

Transformers: The Movie

Dalam film menuju serial season ketiga ini, Optimus Prime diceritakan tewas dalam pertarungan dengan Megatron. Ia tewas dalam sebuah pertarungan di Autobot City, Bumi, dimana tembakan laras meriam besi Megatron mengenai tubuh Optimus, namun Megatron sendiri bukannya tampil selamat, ia juga nyaris tewas kalau saja tidak ditolong Unicron yang membuatkannya tubuh baru, sehingga ia berubah menjadi Galvatron.

Sebagai pemimpin pengganti Autobots dan pewaris Matrix, dimunculkanlah tokoh robot muda bernama Rodimus Prime, yang sebelumnya dikenal dengan nama Hot Rod.

Namun beberapa fans tetap meminta pihak produser serial kartun G1 untuk kembali menampilkan Optimus Prime. Dan akhirnya dalam serial Transformers season ketiga, tokoh Optimus Prime akhirnya dimunculkan kembali.

Season 3

Dalam episode Dark Awakening, melalui sebuah pekerjaan yang dilakukan Quintessons, Optimus Prime kembali hidup, namun tujuan Quintessons menghidupkan Optimus adalah untuk memusnahkan Autobots. Lantas, Rodimus Prime memberikan kembali Matrix yang ia pegang, dan mengakibatkan ia kembali lagi ke bentuk sebagai Hot Rod. Namun begitu mengetahui bahwa Optimus menjadi kelinci percobaan Quintessons, Rodimus (dengan terpaksa dan sedih) akhirnya memutuskan untuk mengambil kembali Matrix dan membiarkan pesawat Optimus menabrak Matahari.

Dalam episode The Return of Optimus Prime (Part 1 and 2), dua manusia Bumi, yaitu Dr. Morgan dan putrinya, Jessica berhasil mengambil tubuh Optimus Prime sebelum pesawatnya menabrak Matahari. Di Bumi, tubuh Optimus kemudian dijadikan sebagai umpan bagi Autobots dan Decepticons untuk saling menghancurkan diri melalui sebuah penemuan Dr. Morgan yang dinamakan spora matahari. Sayangnya, ia salah perhitungan, karena ternyata spora matahari tersebut malah menjangkiti seluruh makhluk hidup di alam semesta.
Lalu Rodimus Prime yang berhasil menyelamatkan tubuh Optimus kemudian meminta Sky Lynx mencari Quintessons untuk memperbaiki Optimus.

Beruntung, satu Quintessons berhasil ditangkap ketika ia sedang dikejar-kejar anak buahnya yang sedang terkena wabah spora matahari, dan Quintessons akhirnya berhasil membangkitkan kembali Optimus, sayangnya Rodimus terkena spora matahari, dan melalui alumunium anti radiasi (dengan dibantu Galvatron), Optimus akhirnya merebut kembali Matrix dari tangan Rodimus. Selanjutnya, melalui kekuatan Matrix, Optimus berhasil menyembuhkan seluruh Transformers dan juga seluruh makhluk hidup di alam semesta.

Ia juga mendapat tanda damai dari Decepticons, dengan ditandai oleh jabatan tangan dari Galvatron.

Dalam season keempat (tiga episode The Rebirth), Optimus akhirnya berhasil membangkitkan kembali masa keemasan Cybertron, dengan bantuan Spike Witwicky dan para Nebulons. Sebelumnya, ia berhasil menghajar Galvatron bersama Scorponok, yang mencoba untuk menggunakan kekuatan Vector Sigma untuk menghancurkan Bumi dan Cybertron, agar menyingkir dari Cybertron.

Dan dengan kembalinya masa keemasan Cybertron, sekaligus pula menjadi akhir dari penampilan Optimus Prime di serial original Transformers versi AS, ia lantas tampil dengan jalan cerita berbeda di Transformers: The Headmasters, yang khusus di produksi untuk pemirsa TV kawasan Jepang.

Transformers: The Headmasters

Dalam serial lanjutan G1 khusus Jepang ini (yang tidak terkait dengan tiga episode The Rebirth versi AS), Optimus Prime tampil kembali sebagai pemimpin penuh Autobots bersama Rodimus Prime, setelah ia berhasil bangkit kembali dalam episode The Return of Optimus Prime.

Ketika Decepticons (sekali lagi) diyakini sudah tidak ada lagi (karena sudah menyatakan berdamai dengan Autobots), Autobots memulai kembali mencari sebuah koloni di luar angkasa selain di Bumi, dan mereka menemukan planet Athenia. Namun Optimus tidak bisa memakai energinya secara penuh akibat kekuatan Matrix yang telah habis. Disaat Optimus kembali mengumpulkan energi, tiba-tiba Decepticons kembali datang dan menyerang Cybertron, dan mereka juga menyerang Vector Sigma. Serangan tersebut membuat Vector Sigma tidak stabil dan Optimus kemudian kembali ke Cybertron untuk menyerang Decepticons bersama para Headmasters.

Di tempat lain, Hot Rod mencoba untuk mendekati Vector Sigma, dan ia mendapatkan Matrix peninggalan Alpha Trion saat ia menyatukan dirinya dengan Vector Sigma dulu. Hot Rod lantas memakai Matrix tersebut dan akhirnya ia kembali berubah menjadi Rodimus Prime. Kemudian Optimus tiba di Vector Sigma untuk mengejar Galvatron, dan pertama kalinya, dua Prime bertarung melawan Galvatron. Setelah Galvatron kalah, Optimus kemudian memutuskan untuk mengorbankan dirinya agar Vector Sigma stabil kembali, sekaligus membuat Cybertron aman.

Super-God Masterforce dan Victory

Serial ini merupakan kelanjutan dari The Headmasters. Namun dalam Super-God Masterforce, Optimus tidak tampil secara resmi, namun hanya menampilkan tubuhnya saja.

Dalam serial ini, seorang sopir truk bernama Ginrai menggabungkan dirinya dengan Transtector, yaitu sebuah tubuh Transformers hidup, yang memiliki rupa sama dengan Optimus Prime. Anehnya selama 42 episode Super-God Masterforce, tidak dijelaskan siapa sebenarnya tubuh robot tersebut. Namun dalam suatu kesemapatan, sebuah video klip yang diproduksi setelah serial ini selesai menjelaskan bahwa tubuh tersebut akan digunakan oleh Prime, dan kemudian dicuri dan disembunyikan oleh Devil Z.

Ginrai kemudian tewas di tengah cerita serial Transformers: Victory, dan kemudian dibangun ulang sebagai Victory Leo.

Unicron Trilogy

Transformers: Armada

Profil

Dalam Transformers: Armada, Optimus tampil sebagai pemimpin Autobots yang mempunyai tujuan untuk melindungi kehidupan manusia dan para Transformers. Ia termasuk seorang robot yang mempunyai dedikasi tinggi dan disiplin, serta tegas dalam memerintah.

Optimus bisa berubah menjadi sebuah truk semi-trailer. Ia mempunyai partner dari Mini-Con, yaitu Sparkplug. Bagian kontainer trailer Optimus bisa berubah menjadi sebuah benteng pertahanan mobile yang dikendalikan oleh Sparkplug dan juga beberapa Mini-Cons. Selain itu, Optimus juga bisa berkombinasi menjadi sebuah Super Robot dengan mitranya yaitu Skyfire atau Overload. Penggabungan ini semata-mata untuk menambah tenaga saat menghadapi Decepticons. Dan yang pasti, ia juga masih memegang benda keramat Autobots, yaitu The Matrix.

Serial animasi

Pertama kali Optimus Prime muncul dalam serial ini adalah saat ia menerima sebuah sinyal telepati di Cybertron dari Mini-Cons di Bumi yang dipancarkan secara tidak sengaja oleh Rad White dan Carlos Lopez. Dan dilain tempat, Megatron bersama Decepticons juga menerima sinyal tersebut. Baik Autobots maupun Decepticons akhirnya memutuskan untuk datang ke planet Bumi, demi mencari Mini-Con dan senjata super mereka yang bernama [[]]Star Saber, yang merupakan penggabungan dari tiga Mini-Con. Dua bagian diantaranya berhasil didapatkan Autobots, dan satu lagi direbut Decepticons.

Tak lama berselang, Thrust yang dipengaruhi Unicron mencoba untuk merebut dua bagian yang ada di Autobots, dengan cara menjebak beberapa Mini-Con dan Autobots agar mendekati perangkapnya. Namun usahanya gagal ketika Scavenger yang membelot masuk menjadi anggota Autobots memberitahu rencana Decepticons kepada Optimus. Dengan bantuan dari Scavenger dan Skyfire, Optimus akhirnya berhasil mengalahkan Thrust.

Autobots sempat kewalahan saat tiruan Optimus yang bernama Nemesis Prime mengacaukan situasi. Sementara di lain tempat, Megatron memperbesar tenaganya hingga akhirnya ia menamakan diri sebagai Galvatron. Namun pada akhirnya, Nemesis Prime berhasil dikalahkan oleh Optimus dan Galvatron. Setelah itu keduanya sepakat beraliansi untuk mengalahkan Unicron yang hidup kembali oleh ulah Sideways. Ketika keduanya memasuki kepala Unicron, Galvatron berkhianat, dan ia kemudian mendapat lawan Starscream, sebelum akhirnya Starscream mengorbankan dirinya sendiri. Selanjutnya Galvatron dan Optimus saling bertarung, dan energi yang dipancarkan dari keduanya malah menguntungkan Unicron yang sedang bangkit. Hingga pada akhirnya, Galvatron memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi menghentikan usaha Unicron. Dan dengan usaha tersebut, secara tiba-tiba Unicron menghilang, dan kedamaian pun datang di Cybertron dan Bumi.

Transformers: Energon

Profil

Dalam Transformers: Energon, Optimus Prime menjadi seorang trainer bagi pasukan Autobots, ia mengajarkan teknik bela diri yang ia dapat dari Kumite. Perang Mini-Cons dan juga ulah jahat Unicron akhirnya membuat Optimus kembali harus turun tangan sebagai pemimpin Autobots.

Ia digambarkan sebagai seorang pemimpin yang simple, namun disiplin. Dedikasinya untuk memberantas kejahatan yang diakibatkan Megatron (Galvatron) dan Unicron ia pikirkan dengan matang dan penuh strategi.

Optimus Prime dalam serial versi ini, bisa mengkombinasikan dirinya dengan empat robot lain, yang tinggal dalam kontainernya, mereka adalah Prime Force, Copter Two, Digger Three, dan Submarine Four, dengan demikian ia juga bisa disebut sebagai Super Mode Optimus.

Serial animasi

Optimus Prime kali ini mendapat rekan yaitu Starscream, yang dibangun ulang oleh Alpha-Q untuk membantu tugas Optimus. Namun ia kemudian dicuci otaknya supaya patuh dan tunduk kepada Megatron dari Decepticons. Selain itu kembalinya Unicron membuat tugas Optimus semakin berat dalam memberantas kejahatan di Cybertron dan Bumi.

Untunglah datang pertolongan, Primus kemudian menciptakan robot bernama Wing Saber untuk membantu Optimus dalam melawan Decepticons. Optimus bersama Wing Saber kemudian bahu membahu melawan Unicron, yang ternyata mendapat bantuan dari Alpha-Q melalui tenaga dari kubus energon yang ia ciptakan. Selain itu Megatron juga mendapatkan sedikit keuntungan dari Alpha-Q dengan memakai sebagian tenaganya untuk mendapatkan kekuatan besar, dan ia juga berhasil membunuh Alpha-Q, namun gagal untuk menyaingi Unicron. Megatron lantas mendapat lawan seimbang, Omega Supreme dan Optimus Prime yang kemudian menggabungkan diri menjadi Optimus Supreme. Kombinasi ini ternyata berhasil menghancurkan Unicron, namun belum cukup kuat untuk menghentikan Megatron yang kini berubah menjadi Galvatron.

Galvatron kemudian mendapatkan kekuatan dari sisa-sisa tenaga Unicron. Dan ia mencoba untuk menguasai semua sisa-sisa suku cadang Unicron yang kemudian membuat tubuhnya menjadi semakin raksasa. Namun Optimus Prime yang mendapatkan kekuatan dari kubus energon super akhirnya juga bisa memperbesar ukuran tubuhnya dan melawan Galvatron. Dengan dibantu oleh para Autobots, Galvatron berhasil dikalahkan oleh Optimus, namun kini tenaga sisa dari Galvatron kembali masuk ke rangka tubuh Unicron. Dengan bantuan Primus, Optimus Prime kembali bisa mengalahkan Unicron, dan kemudian tenaga sisa dari Unicron dimanfaatkan oleh tubuh mati Alpha-Q untuk hidup kembali.

Transformers: Cybertron

Profil

Dalam Transformers: Cybertron, Optimus Prime kembali tampil sebagai pemimpin Autobots. Ia merupakan salah satu anggota dari tim elite Autobots. Ia sendiri mewarisi ilmu dari leluhur Autobots bernama Vector Prime. Sama seperti di versi sebelumnya, Optimus Prime bisa berubah menjadi sebuah truk semi trailer.

Serial animasi

Cerita diawali saat Vector Prime memberitahu Optimus tentang Black Hole yang bisa mengancam kehidupan alam semesta ini dan cara menghentikannya hanya satu, yaitu dengan memakai Cyber Planet Keys, yang tersimpan di suatu tempat, dan peta dari Vector Prime malah dicuri oleh Decepticons. Namun semua keterangan Vector Prime tentang Cyber Planet Keys mengarahkan Optimus Prime dan Megatron menuju Bumi.

Di Bumi, Optimus Prime kembali lagi berpasangan dengan Wing Saber. Kali ini lawan mereka berdua adalah Megatron dan Starscream. Megatron yang berhasil mendapatkan Cyber Planet Keys kemudian menggunakannya untuk kepentingannya sendiri, dan kali ini ia berubah menjadi Galvatron.

Kemudian Galvatron ditantang oleh semua pemimpin planet dan ia kalah, dan menyebabkan dirinya kembali menjadi Megatron. Kemudian Vector Prime mengorbankan dirinya untuk Autobots. Setelah itu Primus dengan dibantu semua anggota Autobots dan Decepticons berhasil menutup Black Hole tersebut dengan Cyber Planet Keys.

Namun ternyata,Megatron masih mempunyai nyali untuk bertarung, walaupun tanpa tentara (karena semuanya membelot menjadi Autobots) dan senjata, ia menantang Optimus Prime duel satu lawan satu dan akhirnya Megatron kalah. Di akhir cerita, semua Autobots dan Decepticons berdamai, dan Optimus kemudian membangun kembali Jembatan Luar Angkasa, hingga akhirnya semua Transformers pamit kepada para manusia Bumi, untuk selanjutnya pergi bertualang kembali di angkasa luar.

Transformers: Animated

Profil

Dalam serial Transformers baru versi 2008 ini, Optimus Prime diceritakan tampil sebagai salah satu pemimpin muda Autobots. Ia merupakan seorang lulusan dari Akademi Autobots di Cybertron yang dipimpin oleh Ultra Magnus. Berbeda dengan yang di versi G1, Optimus kali ini bertubuh sedikit ramping dan pendek. Ia bisa berubah menjadi sebuah truk pemadam kebakaran Bumi.Salah satu ciri khas yang tetap dipertahankan adalah visor pada mulutnya. Pengisi suara Optimus Prime dalam Transformers: Animated adalah aktor David Kaye.
[sunting]Serial animasi

Setelah ia menemukan Allspark, tanpa diduga ia bersama rekan-rekan Autobot-nya diikuti oleh Decepticons. Dan ketika pesawat mereka mencapai Bumi, Optimus dengan cepat menembak Megatron sehingga ia jatuh, sementara Optimus sendiri sempat tenggelam sebelum akhirnya tubuhnya ditemukan oleh Sari Sumdac, lima puluh tahun kemudian setelah Autobots jatuh di Bumi.

Selanjutnya Optimus menjadi tokoh pujaan di Bumi berkat beberapa aksinya dalam menyelamatkan Detroit dari kejahatan. Sekali lagi, seperti di G1, Autobots menyangka bahwa Decepticons telah hancur, hingga suatu ketika dalam sebuah pawai penghormatan untuk Autobots, sebuah pesawat Sukhoi Su-47 Berkut hadir dan menyerang Autobots. Pesawat itu tiada lain adalah Starscream. Starscream kemudian mencoba merebut Allspark dari Optimus, namun ia gagal.

Dalam episode ke-7 (Till of the Hunt), Optimus ditangkap oleh Lockdown, dikarenakan ia menjadi musuh utama Decepticons untuk menghancurkan Megatron, disaat ia tidak tahu bahwa Starscream-lah yang mencoba membunuh Megatron. Ia akhirnya berhasil lolos setelah dibantu oleh Ratchet.

Dalam Along Came a Spider, Optimus ternyata memiliki rival, dan rivalnya tersebut adalah sesama alumnus Autobot Academy, Sentinel Prime. Sentinel rupanya masih dendam karena Optimus tidak menyelamatkan Elita One saat mereka terjebak di sebuah planet organic.

Sementara Optimus berkilah bahwa Elita sudah mati, diluar kenyataan bahwa ia masih hidup dan berubah menjadi Blackarachnia. Sentinel sendiri kemudian menganggap bahwa Optimus tidak layak menjadi pemimpin Autobots, sampai suatu ketika ia dinasihati oleh Ultra Magnus, bahwasannya ada beberapa hal yang harus Sentinel pelajari dari Optimus, yaitu soal loyalitas dan kedisiplinan.
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Megatron



Kutip:
Megatron merupakan salah satu nama untuk karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia adalah pemimpin Decepticons, sebuah grup antagonis dari serial tersebut. Majalah Wizard menempatkan Megatron pada urutan 68 daftar penjahat dan diktator paling legendaris di dunia.Musuh bebuyutan Megatron adalah Optimus Prime dari Autobots.
Transformers G1

Profil

Megatron dalam serial kartun Transformers digambarkan bisa berubah menjadi sebuah pistol Walther P38. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam serial ini selain musuh bebuyutannya, Optimus Prime. Menurut Bob Budiansky, penulis komik Transformers, Megatron berasal dari dua kata, yaitu "Megaton" dan "Elektronik", tetapi Hasbro menolak pernyataan Budiansky ini. Lantas Budiansky membalas, "hal itu saya katakan karena Megatron merupakan karakter antagonis terbesar dalam serial ini". Hasbro kemudian menyetujui pernyataan terakhir Budiansky ini.

Megatron mempunyai senjata kanon di tangannya (disebut juga meriam besi oleh Chip Chase dan Spike Witwicky), yang mana bila ia berubah menjadi pistol, kanon itu adalah laras dari pistol Walther P38. Untuk pengisi suara, Frank Welker, aktor asal Coloardo, AS, dipercaya sebagai pengisi suara Megatron dalam versi bahasa Inggris, dan sempat digantikan oleh Gary Chalk (yang juga menjadi pengisi suara utama Megatron dalam Beast Wars) dalam satu episode ketika Welker sempat mengalami masalah dengan suaranya. Sementara dalam versi bahasa Jepang, suaranya diisi oleh Seizo Kato.

Satu hal yang unik, Megatron mampu membuat ukuran tubuhnya menjadi lebih kecil ketika ia berubah menjadi pistol. Sehingga pistol tersebut bisa dipegang oleh anggota Decepticons yang lain atau bahkan oleh manusia. Tinggi badan Megatron yang sesungguhnya adalah sekitar 10 meter. Namun ia bisa berubah menjadi sebuah pistol yang dapat dipegang dan digenggam oleh manusia. Ia juga bisa mempertahankan bentuk tubuhnya dalam ukuran asli (dalam episode Dinobot S.O.S), dan menempelkannya pada bagian bawah mode jet Starscream.

Serial animasi

Dalam serial Transformers G1, Megatron digambarkan sangat kuat. Ia mampu menghancurkan sebuah kota cukup dengan menembakkan kanonnya pada sebuah bangunan. Ia juga terkenal sebagai seseorang yang gila akan energi. Target ia selama berada di Bumi (bersama Decepticons lainnya) adalah menguras habis energi Bumi dan menciptakan planet Cybertron baru.

Grup Stunticons adalah salah satu ciptaan Megatron. Ia membuat grup ini sebagai tandingan atas Autobots yang ahli di jalan raya, dimana Autobots juga kemudian menciptakan grup Aerialbots, sebagai penanding kekuatan tim Seekers pimpinan Starscream. Megatron juga terkenal sebagai salah satu ahli ekperimen, walaupun kebanyakan eksperimen karya Megatron yang diniatkan untuk kejahatan selalu gagal dan dapat dihancurkan oleh Autobots.

Eksperimen-eksperimen yang Megatron ciptakan antara lain makhluk perusak energi listrik bernama Kreemzek, dan robot-robot android yang ia ciptakan dari hasil pencurian mobil milik manusia (bekerja sama dengan penjahat pencuri mobil).

Rekan dan ajudan terdekat Megatron adalah Starscream. Walaupun dianggap sebagai orang kepercayaan Megatron, Starscream sebenarnya sangat ingin mengkudeta Megatron dan merebut posisi Megatron sebagai pemimpin Decepticons. Salah satu bentuk wujud kudeta Starscream kepada Megatron adalah saat ia mengunci Megatron di sebuah lorong AC di tengah kota (dimana Starscream juga ikut-ikutan terkurung didalamnya), dan grup Combaticons yang ia buat untuk menandingi pasukan Decepticons yang dipimpin Megatron.

Musuh utama Megatron adalah Optimus Prime, dimana pada zaman dulu, ia sempat membunuh Orion Pax, yang kemudian oleh Alpha Trion dibangkitkan kembali menjadi Optimus Prime. Tak selamanya Megatron dan Optimus Prime bermusuhan. Mereka berdua pernah bekerjasama dalam menyelamatkan bumi dari kehancuran akibat ulah Starscream dan prajuritnya bernama Combaticons, selain itu ia juga (bersama Prime) pernah mengagalkan usaha Insecticons yang mencoba untuk menguasai energi bumi tanpa komando Megatron sendiri sebagai pimpinan tertinggi Decepticons.

Akhir penampilan Megatron di serial versi AS adalah pada saat ia bertarung melawan Optimus Prime, dimana ketika Optimus tewas, dan Megatron sekarat. Secara mengejutkan ia dibantu oleh Unicron untuk melarikan diri. Dan tak lama setelah itu, Unicron membangun ulang Megatron menjadi robot baru bernama Galvatron. Megatron kemudian tampil sebagai flash back pada beberapa episode serial season ketiga dan keempat.

Ia juga tampil sebagai flash back dalam episode perdana Transformers: Animated, dimana skema Megatron G1 yang muncul dalam serial The Animated merupakan versi pembatalan yang tidak pernah dimasukan dalam skema episode Transformers G1.

Manga Jepang

Megatron memang tidak tampil dalam serial Transformers: The Headmasters. Namun ia sempat muncul sebagai cameo dalam beberapa episode. Diluar itu, Megatron tampil dalam beberapa cerita komik.

Bersumber dari cerita film yang mengisahkan bahwa Galvatron tewas terkubur dalam gumpalan es, seorang penjahat bernama Dark Nova berhasil menyelamatkan tubuh Galvatron. Selanjutnya tubuh tersebut ia bangkitkan kembali menjadi Super Megatron, untuk melawan rival abadinya Star Convoy (alias Optimus Prime) dan Rodimus Prime. Kemudian Super Megatron ini kembali diupgrade menjadi Ultra Megatron, dan setelah Dark Nova menggabungkan tubuhnya dengan Ultra Megatron maka mereka berdua berubah menjadi Star Giant.

Unicron Trilogy

Megatron tampil sebagai pemimpin Decepticons dalam serial Transformers: Armada, Transformers: Energon, dan Transformers: Cybertron. Dalam ketiga serial tersebut, Megatron selalu tampil berbeda baik rupa dan warnanya. Dalam Armada dan Energon, Megatron tampil dengan model alternatif sebuah tank dan jet Cybertronian, yang kemudian sempat membuatnya menjadi sebuah Triple Changers. Dalam Cybertron, Megatron tampil dengan model alternatif sebuah mobil jet yang juga bisa terbang.

Satu persamaan antara Megatron yang tampil dalam ketiga serial tadi adalah: dirinya selalu mengembangkan kekuatannya menjadi lebih besar dengan memakai nama Galvatron, dan di bagian akhir cerita, Megatron/Galvatron selalu tewas oleh musuhnya, yaitu Optimus Prime.

Transformers film

Profil

Dalam film ini Megatron tampil dengan mode aslinya yaitu jet Cybertron. Michael Bay, sang sutradara film mengatakan:

“Tadinya kami sempat berdiskusi dengan para pegawai film untuk membuat Megatron tampil dalam mode aslinya, yaitu pistol, namun kami juga melihat bahwa jika ia bisa berubah dari kecil menjadi besar dalam waktu sekejap, itu mungkin akan sulit diterima oleh akal, sebab film ini adalah film nyata dan bukan kartun.”

Bay lantas menambahkan bahwa tokoh Megatron dalam film Transformers karyanya memiliki sifat arogan, karena disaat semua Autobots dan Decepticons lain tampil dalam mode Bumi, Megatron tetap memaksakan mode Cybertron-nya. Sampai suatu ketika saat ia dibangkitkan kembali oleh Scalpel, dan sebagian rangka tubuhnya kurang, maka akhirnya diputuskanlah oleh beberapa Decepticons bahwa Megatron akan dihidupkan dalam mode tank. Model kepala Megatron yang memakai helm merupakan perpaduan dari Darth Vader di franchise Star Wars dengan Megatron di G1.

Dalam pekuel sebelum dirilisnya film ini, aktor pengisi suara original Megatron, yaitu Frank Welker dipercaya sebagai pengisi suara. Hal ini sempat memunculkan gossip bahwa ia akan mengisi suara dalam film ini. Namun akhirnya gosip itu pupus setelah actor Hugo Weaving dipercaya sebagai pengisi suara Megatron. Frank Welker sendiri akhirnya dipercaya sebagai pengisi suara Megatron untuk versi video game dan The Movie 2007 Prequel.Sementara untuk versi film bahasa Jepang, pengisi suaranya adalah Nakamura Kotaro.

Transformers: Animated

Profil

Pada serial versi 2008 ini, Megatron tidak tampil sebagai pemimpin utama Decepticons sampai akhir season satu. Selanjutnya di season dua, Megatron baru tampil penuh sebagai pemimpin Decepticons, dann karakter antagonis utama dalam serial ini. Masih tetap mempertahankan warna aslinya yaitu abu-abu, Megatron dalam versi The Animated merupakan penggabungan ide dari serial G1 (untuk laras meriam besinya, walaupun lebih besar ketimbang di versi G1) dan film tahun 2007 (untuk helm wajahnya).

Model alternatif aslinya adalah sebuah pesawat alien Cybertronian, yang berubah menjadi pesawat tiltotor saat ia dibangun ulang di Bumi. Perbedaannya dengan di versi G1 dan film 2007 adalah, dalam The Animated, Megatron digambarkan memiliki tubuh yang kekar dan sangat tinggi, juga memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan Transformers lainnya.

Pengisi suara Megatron dalam serial The Animated adalah aktor Corey Burton. Perkataan khas Megatron dalam serial ini adalah "Decepticons, transform and rise up!", yang merupakan kebalikan dari perkataan klasik Optimus Prime: "Autobots, transform and roll out!"

Serial animasi

Dalam serial ini Megatron tetap menjadi pemimpin Decepticons, kali ini ia mencoba untuk mencari allspark. Namun ketika ia siap untuk menyerang pesawat Autobot, tanpa diduga Starscream menyelipkan bom ke punggungnya. Akibatnya ketika ia menyerang Autobots, bom tersebut meledak, walaupun Megatron masih hidup, Optimus kemudian menembaknya sekali lagi dan berakibat kepala Megatron hancur sampai akhirnya ia ditemukan oleh Isaac Sumdac.

Beberapa puluh tahun kemudian, setelah lama dicari oleh Blitzwing, Megatron kembali aktif melalui kunci yang dipegang oleh Sari Sumdac. Bahkan setelah ia bangkit, ia bisa mengendalikan beberapa robot non-Transformers yang ada di kota Detroit. Starscream bahkan tidak menduga sama sekali bahwa pemimpinnya yang sempat ia hancurkan bisa hidup kembali.

Selain berhasil mengendalikan robot-robot non-Transformers, Megatron juga berhasil membuat Dinobots, yang lucunya malah berpindah afiliasi ke Autobots. Professor Sumdac yang berhasil dikelabui oleh Megatron yang mengaku sebagai salah satu anggota Autobots kemudian berjanji akan membuatkan tubuh baru untuk Megatron.

Dalam episode "Megatron Rising", tubuh Megatron yang hancur lebur akhirnya bisa bangkit sendiri setelah Lugnut dan Blitzwing mampu mencuri kunci kecil milik Sari Sumdac. Sebelumnya, Starscream yang berhasil menemukan kepala Megatron di kantor Isaac Sumdac, sempat akan menghancurkannya sebelum Lugnut dan Blitzwing datang. Megatron lantas menghajar semua Autobots dan Decepticons yang ada disana, kemudian ia membunuh Starscream, dan membawa Lugnut dan Blitzwing pergi ke Pulau Dinobot untuk mengambil Allspark. Sayangnya di sana ia dihadang si raksasa Omega Supreme. Tak lama berselang tim Autobots juga tiba disana, dan menyerang Megatron, mengakibatkan Megatron terluka parah.

Setelah berhasil memulihkan dirinya, Megatron lantas menggunakan kepala Starscream, bersama dengan bagian-bagian dari tubuh Omega Supreme yang meledakan dirinya untuk membangun Jembatan Luar Angkasa dengan bantuan Isaac Sumdac yang ia culik. Ia juga sempat merekrut Mixmaster dan Scrapper untuk membantunya memasok minyak bumi curian, dimana Megatron sendiri kemudian dibohongi oleh dua Constructicons tersebut dan berujung dengan pemecatan Mixmaster dan Scrapper.

Kontroversi

Gambar tokoh

Dalam serial Transformers G1 versi Jepang, ada sedikit perbedaan mencolok untuk gambar tokoh karakter Megatron, dikarenakan pihak Hasbro AS belum memberikan lisensi resmi kepada Takara Jepang. Megatron digambarkan mempunyai kepala berhelm hitam dan bermata kuning, berbeda dengan di versi AS yang memiliki helm putih dan mata merah.

Desain Megatron versi Jepang dirancang oleh Shohei Kohara. Dan setelah lisensi dari pihak Hasbro AS sah, Hasbro juga kemudian memakai gambar rancangan Kohara tersebut sebagai gambar karakter Megatron dalam buku komik dan beberapa promosi.
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Rodimus Prime



Kutip:
Rodimus Prime merupakan salah satu karakter robot fiksi Transformers. Ia adalah pemimpin “sementara” Autobots sebelum kebangkitan kembali Optimus Prime oleh Quintessons dan Sky Lynx. Sebelum menjadi Rodimus Prime, ia dikenal sebagai robot muda penuh ambisi bernama Hot Rod.
Profil

Sebagai Hot Rod

Sebelum ia menjadi Rodimus Prime, karakter aslinya adalah sebagai Hot Rod, yaitu seorang robot muda yang sangat mengimpikan untuk bisa menjadi setangguh Optimus Prime yang tewas dalam perang.

Ketika Unicron bersama Galvatron menyerang planet Cybertron, Hot Rod memberanikan diri menantang Galvatron. Galvatron menganggap remeh Hot Rod karena ia hanya seorang anak kecil. Namun Hot Rod berhasil mengalahkan Galvatron dan merebut matrix milik Optimus Prime yang Galvatron curi dari Ultra Magnus. Kemudian Hot Rod memakai Matrix tersebut dan akhinya ia berubah manjadi Rodimus Prime.

Sebagai Rodimus Prime

Keputusan Hot Rod memakai matrix milik Optimus memang tidak salah. Ia merupakan pilihan utama para legenda Autobots (termasuk Optimus Prime) untuk menjadi pemimpin Autobots.

Semenjak Hot Rod memakai matrix, cara bicara ia berubah menjadi mirip seorang veteran. Rodimus kemudian mempelajari cara memimpin yang baik. Namun walaupun begitu, dalam hatinya ia tetap merasa bahwa Optimus-lah yang lebih pantas menjadi pemimpin. Sementara ia, jika matrix-nya dibuka, hanyalah sebuah robot biasa bernama Hot Rod.

Baik Rodimus Prime atau diri aslinya sebagai Hot Rod bisa berubah menjadi sebuah mobil masa depan (yang basisnya dari mobil konsep Citroën Penthouse CX pada tahun 1980-an).

Rodimus Prime sempat mengalami masalah stagnasi kepemimpinan. Ia merasa stress dengan banyaknya tuntutan sebagai pemimpin setelah ia dicela oleh kaisar dan perdana menteri Jepang.

Akhirnya Rodimus yang stress malah mengajak grup Stunticons balapan liar, dan kemudian Rodimus terperosok ke jurang. Dimana Wildrider kemudian mengambil matrix dari tubuh Rodimus sehingga ia kembali lagi ke bentuk Hot Rod.

Matrix tersebut sempat dipakai oleh Galvatron, namun Galvatron merasa tidak enak setelah ia dibayangi oleh para pemimpin Autobots masa lalu. Ia lalu menyuruh Scourge menghancurkan matrix tersebut, sayangnya benda tersebut malah dicoba dipakai oleh Scourge. Dan ia menabsihkan diri sebagai pemimpin baru Decepticons.

Sementara itu, Hot Rod yang mendapatkan petuah berharga dari seorang guru beladiri di Jepang, memberanikan diri untuk melawan Scourge yang kuat karena matrix. Cara ia merebut matrix sama seperti ketika ia merebutnya dari tangan Galvatron. Ia kembali memakai matrix tersebut dan dirinya pun kembali berubah menjadi Rodimus Prime.

Dalam episode “The Return of Optimus Prime”, Rodimus berjasa karena ia menyelamatkan tubub Prime dari ancaman penghancuran. Ia kemudian meminta Sky Lynx untuk mencari Quintessons dengan harapan bisa membangkitkan kembali Optimus. Rodimus kemudian terkena infeksi spora matahari, dan satu-satunya harapan cuma ada di tangan Quintessons untuk membangkitkan Optimus, dan ternyata berhasil.

Optimus Prime yang baru bangkit dari kubur ini kemudian mencari Rodimus dan meminta matrix miliknya. Dengan memakai anti radioaktif, Optimus berhasil merebut matrix dari tangan Rodimus. Dan akhirnya Rodimus kembali lagi kebentuknya semula sebagai Hot Rod. Matrix yang kini berada ditangan Optimus ternyata adalah obat untuk mengobati serangan spora matahari yang menjangkiti manusia dan juga transformers.

Dengan kembalinya Optimus Prime maka Rodimus kembali menjadi Hot Rod. Dalam episode "The Rebirth", Hot Rod mendapat partner baru Targetmaster.
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Galvatron



Kutip:
Galvatron merupakan salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Ia merupakan re-inkarnasi dari Megatron yang diceritakan tewas bersama Optimus Prime saat perang besar yang terjadi di tahun 2005.
Profil

Kata Galvatron bermakna sebagai sebuah batere elektronik berkekuatan besar. Ia merupakan robot dari hasil pembangunan ulang oleh Unicron. Ia sebelumnya dikenal sebagai Megatron.

Masih sama seperti Megatron, ia dikenal sebagai pemimpin Decepticons pengganti Megatron. Awalnya, Soundwave mengklaim diri sebagai pemimpin Decepticons yang baru pasca kepergian Megatron dan Starscream. Namun begitu mengetahui bahwa Galvatron adalah hasil perakitan ulang dari Megatron, ia segera patuh dan tunduk kepada Galvatron.

Galvatron sempat merebut matrix warisan Optimus Prime dari tangan Ultra Magnus. Namun ia tidak lama memegang barang pusaka tersebut, sebab seorang robot muda bernama Hot Rod berhasil merebut matrix tersebut dan memakainya pada tubuh dia sendiri, hingga akhirnya Hot Rod berubah menjadi Rodimus Prime.

Galvatron bisa berubah menjadi sebuah kanon laser yang besar. Ia mempunyai dua asisten yaitu Cyclonus dan Scourge.

Dalam episode “The Return of Optimus Prime”, Galvatron sempat bekerja sama dengan Optimus Prime yang baru saja bangkit dari kematian. Ia berkerjasama semata-mata hanya untuk menghindari infeksi akibat spora matahari. Namun lucunya ia juga malah terinfeksi, sebelum akhirnya Optimus Prime berhasil menyelamatkan seluruh umat manusia, dan seluruh Transformers (Autobots dan Decepticons) dengan menggunakan kekuatan matrix.

Diakhir cerita, Galvatron memutuskan untuk berdamai dengan Autobots dengan menjabat tangan Optimus dan berkata “Terima kasih Optimus, mulai sekarang kita tidak usah berperang lagi”.
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

re: The Transformers

Beast Wars Transformers


Kutip:
Beast Wars Transformers merupakan salah satu sekuel cerita dari waralaba media Transformers. Seri ini diperkenalkan pada tahun 1996 melalui kemunculan serial animasi TV, Beast Wars, yang kemudian dilanjutkan dengan sekuelnya, Beast Wars II dan kemudian Beast Wars Neo.
Sejarah dan inspirasi

Merujuk pada Bob Forward dan Larry DiTillio, dimana mereka dengan seksama mempelajari seluruh bagian cerita dari Transformers G1, mereka lantas mempunyai ide untuk menciptakan sebuah seri cerita baru Transformers. Mereka lantas mengambil ide slot waktu ketika Optimus Prime akan dicelakakan oleh Megatron saat dua pesawat mereka (The Ark dan The Nemesis) jatuh ke Bumi di era purba.Dari sana mereka kemudian menciptakan dua buah grup baru, yaitu Maximal pimpinan Optimus Primal, dan Predacons pimpinan Megatron.

300 tahun setelah lama berperang, dua grup tersebut kemudian mendarat secara darurat di sebuah planet misterius yang memiliki dua buah satelit alam. Kemudian salah satu dari satelit alam tersebut secara bersama-sama dihancurkan oleh Maximal dan Predacons. Sebagai akibatnya, keadaan planet tersebut menjadi tidak stabil, dan akhirnya menyebabkan munculnya sebuah energy misterius yang membangkitkan beberapa karakter transmetal. Planet tersebut lantas kemudian disebut sebagai Bumi purba dengan isinya yang dipenuhi oleh dinosaurus, sementara satelit alam yang tersisa kemudian kita kenal dengan nama Bulan.

Komik

Penerbitan serial komik dari Beast Wars ditangani secara langsung oleh Marvel Comics dimana Aaron Archer dan Bob Budiansky kemudian menyebut bahwa seri Beast Wars masih merupakan bagian dari G1 dan sekaligus pula komentar mereka ini mengundang kontroversi dari seluruh fans Transformers di seluruh dunia

Kontroversi

Walaupun ide dari Forward dan DiTillio terbilang bagus, nyatanya tidak ada satupun produser serial kartun AS yang mau memproduksi serial ini. Akhirnya sebuah rumah produksi kartun kecil dari Kanada bersedia untuk membuatkan serial TV bagi Beast Wars Transformers. Segera sesudahnya, serial ini kemudian diimpor ke Jepang.

Sayangnya proses impor dan produksi di Kanada mengalami keterlambatan dikarenakan kekurangan dana. Sebagai antisipasi, pihak Jepang kemudian memutuskan untuk memproduksi sebuah serial baru berjudul Beast Wars II dan Beast Wars Neo.

Dikarenakan dua seri ekslusif versi Jepang itulah, alur cerita Beast Wars sedikit agak membingungkan, karena beberapa konsultan Transformers Hasbro seperti Aaron Archer malah memasukan Beast Wars sebagai bagian dar G1 dan bukan berdiri sendiri.
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: The Transformers

jd inget waktu masih kecil ada film transformer kartun
Larc
Continent Level

Post: 5.888
 
Reputasi: 133

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: The Transformers

Kutip:
Oleh Larc View Post
jd inget waktu masih kecil ada film transformer kartun
iyah,,keren tuh,,transformers classic
terry_okay007
Mod

Post: 4.202
 
Reputasi: 247

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Film Hollywood: Transformers 3 (2011) Zenman TV & Film 2
Michael Bay : Transformers Kedatangan Robot Baru KalinaMaryadi TV & Film 5
Transformers - Autobots vs Decepticons Redbastard Games 2
Transformers 1 & 2 Wallpapers in HD 2560 X 1920 (60P) liong_twap Humor 1
Jual Mainan Transformers Langka cellz88 Hobi & Mainan 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.