Pengertian Informasi dan Komunikasi

agen_pale

New member
PENGERTIAN INFORMASI dan KOMUNIKASI

A. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

INFORMASI adalah segala sesuatu yang mempunyai arti dan nilai bagi penerima informasi, misalnya saat kamu bertanya kepada teman tentang hobinya, kemudian teman kamu akan menjawab bahwa hobinya adalah bermain sepak bola dan berenang.
Jawaban teman kamu tadi tentang hobinya yang berupa “bermain sepak bola” dan “berenang” adalah informasi bagi kamu. Sehingga dengan adanya jawaban teman tadi kamu menjadi tahu bahwa hobi temanmu adalah bermain sepak bola dan berenang

KOMUNIKASI adalah proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih sehingga informasi yang diperoleh bisa di mengerti atau dipahami.
Saat kalian berkenalan dengan teman-teman baru di kelas VII ini. Kalian saling memperkenalkan nama kalian masing-masing kan ? Bahkan saling bertukar informasi tentang alamat rumah, asal SD atau MI. Proses perkenalan tersebut juga disebut KOMUNIKASI.

TEKNOLOGI menurut kamus besar Bahasa Indonesia artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis melalui penerapan ilmu pengetahuan arti lain dari teknologi adalah keseluruhan sarana dan fasilitas untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangusngan dan kenyamanan hidup manusia.

Komponen-komponen dalam komunikasi :

1. Pengirim Informasi

Ketika kita bercakap-cakap atau bertanya-jawab, setiap orang yang bertindak sebagai penanya ataupun penjawab dapat bertindak sebagai Pengirim Informasi.
Saat kita bertanya, berarti kita sedang mengirimkan informasi yang berbentuk “pertanyaan”, sebaliknya saat teman bicara menjawab pertanyaan kita, dia pun disebut pengirim informasi, akan tetapi informasinya berbentuk “jawaban”.

2. Penerima Informasi

Dalam suatu peristiwa tanya jawab seperti yang sering kita lakukan, teman yang mendengarkan juga kalian semua yang ikut mendengarkan adalah Penerima Informasi.

3. Bentuk Informasi

Dalam kegiatan yang berupa percakapan, bentuk komunikasi yang dipakai adalah komunikasi LISAN, tetapi bila informasi yang dikirim atau diterima itu berupa tulisan, maka bentuk komunikasinya adalah komunikasi TERTULIS, terkadang komunikasi berlangsung dalam bentuk tanda-tanda atau gerakan-gerakan anggota tubuh maka bentuk komunikasi seperti ini disebut ISYARAT

4. Media atau sarana Informasi

Bagaimana kita mengetahui kalau pertanyaan kita telah dijawab ? Tentu karena suaranya merambat melalui udara dan sampai ke telinga kita. Media komunikasi dalam kegiatan percakapan adalah SUARA. Selain suara komunikasi juga dapat dilakukan dengan TULISAN, media komunikasi dengan tulisan akan bermanfaat juga untuk orang lain yang tidak mengikuti percakapan. Mereka akan menerima informasi berdasarkan berbagai tulisan yang mereka baca.


sumber : Buku Pelajaran TIK Kelas 7 Smt 1
 
Last edited:
harfiah TI merupakan bahasa teknologi/bahasa mesin.
di awal2 DOS dikenalkan bahasa basic. ngembang ke cobol, fortran, pascal.. yg pop sekarang di java sama bahasa C++. CMIW!
windows, linux, mac integrasi dari bahasa2 mesin dlm penggunaan se-hari2.
---
Seorang sopir akan berani menjelajah dunia kalo dia mampu ngenal seluk-beluk mesin kendaraan yg dipakai.
Seorang pakar IT kalo cuman ngenal app windows/linux ga paham teknologi prosessing ya mending buka youtube nonton kompilasi2 video vevo buat dibawa tidur!

- n1 -
 
komunikasi sama halnya seperti apa yang kita lakukan stiap hari sperti berkomunikasi dngsn kluarga sendiri hehe
 
Back
Top