Mengenal Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

agen_pale

New member
PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Peralatan Teknologi Informasi

Peralatan Teknologi Informasi adalah segala alat untuk mengolah dan menyajikan informasi. Kalian tentu sering mendengar kata ‘Komputer’. Nah, komputer adalah contoh alat teknologi informasi.
Beberapa jenis komputer yang ada di sekitar kita dan perlu kalian ketahui adalah :

a. Personal Komputer

Komputer personal (PC) merupakan peralatan adalah peralatan utama dalam teknologi informasi. Alat ini berfungsi untuk mengubah data menjadi informasi yang diperlukan. Peralatan ini terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Komputer jenis ini sering dikenal juga dengan sebutan Komputer Desktop karena sering diletakan di atas meja (desk = meja).

b. Laptop/Notebook

Laptop adalah bentuk lain dari komputer. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang yang dapat dipangku (Lap berarti pangkuan).

c. PDA (Personal Digital Assistant)

Personal Digital Assistant ( PDA ) merupakan bentuk komputer yang lebih kecil lagi. Ukurannya kira-kira seperti Handphone. Karena dapat digenggam maka komputer ini digolongkan sebagai komputer genggam (handled computer) atau lebih sering disebut palmtop.
Untuk dapat menulis atau mengetikan sesuatu penggunanya harus menggunakan pena khusus. Tapi banyak juga yang dilengkapi dengan keyboard mini.

Peralatan Teknologi Komunikasi

Peralatan Teknologi Komunikasi adalah segala alat yang berfungsi untuk memindahkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Beberapa jenis peralatan komunikasi adalah sebagai berikut :

a. Telegraf

Telegraf merupakan alat komunikasi jarak jauh yang terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut penerima Morse, karena pengiriman informasi dengan alat ini menggunakan Sandi MORSE.

b. Telepon

Telepon berfungsi untuk mengirim dan menerima informasi yang berbentuk Suara. Seperti halnya telegraf, pesawat telepon terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima.

c. Radio

Pesawat radio merupakan pesawat penerima gelombang radio yang dipancarkan dari stasiun pemancar radio. Bila yang dipancarkan berita, maka yang akan didengar di radio juga berita. Informasi yang dipindahkan adalah Suara.

d. Televisi

Televisi adalah salah satu peralatan komunikasi penerima yang menerima sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi. Alat ini dapat menerima informasi berbentuk suara dan gambar (audio visual)

e. Faximile

Faximile mempunyai kegunaan yang sama dengan telepon, yakni menerima dan mengirim informasi. Namun mesin faximile tidak mengirim suara, melainkan mengirim data dan informasi dalam bentuk teks atau gambar.

f. Satelit

Satelit adalah alat komunikasi yang di letakan di luar angkasa. Satelit berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Tugas satelit adalah menerima sinyal dari sebuah tempat di bumi dan mengirimkannya ke bagian lain di bumi.

g. Telepon selular (handphone)

Satelit dan Ponsel (Handphone) adalah alat komunikasi yang tidak dikirim dengan kabel, tapi menggunakan sistem wireless (tanpa kabel = nirkabel).

h. Modem

Modem adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal analog dari dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Sinyal analog harus diubah menjadi sinyal digital, karena komputer hanya dapat membaca sinyal digital.

Demikianlah beberapa peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi, walaupun informasi dan komunikasi merupakan dua hal yang berbeda tapi pada kenyataannya keduanya sulit untuk dipisahkan. Dalam perkembangan teknologinya pun kedua istilah tersebut sering dipergunakan bersama-sama menjadi teknologi informasi dan komunikasi.
Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas maka dapat kita rangkumkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur-jalur komunikasi berkecepatan tinggi. Teknologi ini dapat di pergunakan untuk mengirimkan data, baik berupa teks atau simbol, suara (audio), gambar (image), ataupun gambar bergerak (video).
Pada dasarnya peralatan teknologi informasi dan komunikasi adalah semua peralatan yang dapat menghasilkan informasi dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak tertentu. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi akan terus berkembang mengikuti atau seiring dengan perkembangan jaman.

Sumber : BUku Pelajaran TIK Kelas 7 Smt 1
 
kalau kabel data itu apa ya pak? fungsinya buat apa?

kabel data dan kabel lainya sifatnya hanya sebagai alat bantu koneksi aja antara peraltan IT dnegan media penyimpanan data dan jaringan yang berada di sekitarnya...

kl untuk hardware seperti motherboard it apakah sama sprti nywa dr sebuah pc den cz msh kurang fham

kalo motherboard atau mainboard itu khan bagian terpenting yang harus terpasang pada sebuah CPU komputer... karena tanpa MB tersebut tentu beberapa peralatan penting lainnya tidak akan terpasang.. seperti RAM, Processor, HD dan sebagainya,
jadi kalu dibilang MB itu adalah nyawa dari senuah komputer itu emang benar sekali...
 
Den pale, kalau cardreader itu benda apa? gunanya buat apa ya? giamna sih cara kerjanya?
 
Den pale, kalau cardreader itu benda apa? gunanya buat apa ya? giamna sih cara kerjanya?

Card Reader itu adalah suatu peralatan external yang dipergunakan untuk melakukan transfer data dari kartu memory (memory Card) ke komputer atau sebaliknya yang terhubung melalui konektor berjenis USB...

nih non gambarnya

card-reader.jpg


atau yang ini


multi-card-reader.jpg
 
Back
Top