Hasyim: NU Tak Akan Pecah Meski Banyak "Partai NU"

nurcahyo

New member
Hasyim: NU Tak Akan Pecah Meski Banyak "Partai NU"

Kapanlagi.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menegaskan, organisasi NU tidak akan terpecah hanya gara-gara banyak partai yang didirikan warga NU.

Hasyim mengemukakan hal itu di Jakarta, Rabu (29/11), menjawab pertanyaan wartawan soal pendirian Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) oleh sejumlah ulama NU berpengaruh beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, sepanjang sejarah NU, sikap politik kalangan nahdliyyin (sebutan untuk warga NU) tidak pernah seragam, sehingga kemunculan partai politik baru tidak akan menimbulkan sesuatu yang luar biasa.

"NU dari dulu memang tidak pernah sama. Ada PKNU pun tidak mungkin akan memilih PKNU semua. Ada yang Golkar, ada juga yang PKS," katanya.

Lebih lanjut Hasyim mengatakan, PBNU juga tidak turut campur terkait pendirian PKNU. "PBNU tidak ikut-ikut," katanya usai acara halal bi halal yang digelar Pengurus Wilayah Muslimat NU DKI tersebut.

Ditegaskan Hasyim, secara struktural PBNU tak memiliki kewenangan apapun terkait pendirian partai politik yang digagas para kiai dan ulama NU itu.

Oleh karena itu, PBNU menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada masing-masing perorangan yang terlibat langsung di dalamnya.
 
Back
Top