3 Cara Memilih Buah yang Aman Dikonsumsi

Kalina

Moderator
Mengonsumsi buah sangat dianjurkan untuk kesehatan. Namun, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat memilih buah yang baik dan mengandung vitamin yang dibutuhkan. Dilansir She Knows, Iva Young, penulis dari buku Healthy Mom dan pakar nutrisi memberikan tips dalam memilih buah:

1. Kandungan gula

Gula pada buah dikenal dengan fruktosa. Frukstosa akan dipecah tubuh secara perlahan sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah Anda. Cara membedakannya antara buah yang kaya gula atau tidak, hanya dengan mencoba rasanya. Semakin manis buah yang dikonsumsi maka semakin banyak kandungan fruktosa.

2. Perhatikan serat buah

Jika Anda mengonsumi buah, jangan hanya memperhatikan unsur gizi, lemak, protein, vitamin maupun mineral. Kandungan serat yang terdapat pada buah juga merupakan unsur penting. Serat pada buah berperan penting untung meningkatkan kesehatan tubuh. Buah berserat di antaranya, apel merah, semangka, melon, buah naga, pir hijau dan pepaya.

3. Jenis buah yang tidak baik dikonsumsi

Terdapat 4 buah yang sebaiknya Anda pertimbangkan bila ingin mengonsumsinya terlalu banyak. Seperti contohnya buah delima, apel manis, kismis, dan jeruk manis. 4 buah tersebut mengandung gula dan serat yang tidak sesuai dengan anjuran kesehatan.
 
Back
Top