Supranatural / Supernatural Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Misteri & Supranatural > Konsultasi Gratis di Ramal, Terawang, Feng shui dll
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Supranatural / Supernatural




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Supranatural / Supernatural


Supranatural : Sering di gunakan juga kata 'supernatural'. Dua kata itu menunjuk arti sama. Dari kata Latin 'super' dan 'natural', yang berarti di atas (luar) ambang kodrati "adikodrati', yang tidak melekat-serta pada kondisi kelahiran atau munculnya sesuatu. Yang perlu dicermati adalah bagaimana masyarakat luas mengartikan kata itu dalam pemakaiannya sehari-hari. Kesan saya, pengertian yang ada dalam masyrakat kita begitu 'kepyoh'.

Supranatural dan Preternatural:Kebanyakan orang di masyarakat luas dalam menggunakan kata 'supranatural' lebih dihubungkan dengan perkara-perkara lingkup 'preternatural' yang disangkut-pautkan dengan keadaan manusia sebelum jatuh dalam lingkup dosa .Preternatural sendiri dalam bahasa Indonesia berarti gaib,luar biasa,diluar kewajaran.

Ada kenyataan yang sepertinya 'tidak natural', tetapi 'natural' . Dengan demikian pengertian 'supranatural' yang lebih melingkup paham 'preternatural', berbeda dengan pengartian 'supranatural' yang mengisi benak para pakar teologi. Para teolog menggunakan kata 'supranatural' dalam arti 'karunia Allah bagi ciptaanNya untuk mengambil bagian dalam kehidupan seluk beluk Dirinya sendiri' Jadi pengertian 'supranatural' terbedakan dari pengertian 'natural' dan 'preternatural'. Kenyataan 'supranatural' tidak hanya membebaskan ciptaan dari keterbatasan kodratnya, tetapi juga mengangkatnya ke tingkatan hidup baru yang mengatasi kodrat. Perbedaannya dengan pengertian 'preternatural' rasanya dapat dilihat pada contoh berikut. Misalnya, kodrat manusia itu mampu bekerja dalam keterbatasan waktu dan memerlukan tidur untuk mampu bekerja terus. Lha, ada manusia yang ternyata mampu bekerja setahun penuh tanpa tidur. Kemampuan seperti ini disebut 'preternatural'. Kinerjanya masih dalam lingkup kodrat bekerja dan keperluan tidur. Dalam suatu pandangan teologi kenyataan preternatural itu diangankan bagaimana ? Kondisi 'preternatural' dilukiskan dalam empat situasi : bebas dari kebodohan, bebas dari hawa nafsu, bebas dari penderitaan dan bebas dari kematian sampai saatnya tiba. Itulah keadaan manusia 'preternatural' sebelum jatuh dalam lingkup dosa.Juga manusia setelah jatuh ke dalam dosa berkodrat lemah, ' badan, jiwa, pengertian dan kehendak'. Demikian lukisan tentang 'natural' dan 'preternatural'. Lain halnya dengan lukisan 'supranatural'. Misalnya saja, kalau ada pohon pisang berubah menjadi manusia. Ini adalah peristiwa berkekuatan 'supranatural'. Kinerjanya lepas sama sekali dari kodratnya 'natural' pohon pisang.
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

Supranatural dan Paranormal

Ada pengartian lain lagi. Pengertian kata 'supranatural' diacukan pada dunia 'paranormal', ialah suatu kenyataan dunia tercipta biasa tetapi belum terdeteksi oleh manusia dalam disiplin ilmu konvensional. Lingkup pengertiannya menciut pada bidang parapsikologi atau parabiologi. Belakangan ini sering ada pemberitaan tentang adanya seminar dan latihan-latihan kekuatan supranatural, yang pada kenyataannya adalah alam paranormal.Paranormal itu apa ? Apakah alam paranormal itu supranatural ? Apa hubungan iman dengan dunia paranormal ? Nampaknya pertanyaan- pertanyaan ini perlu disoroti bersama untuk mendapatkan pengertian yang benar dan penerapannya dalam langkah islamiah.

Paranormal berasal dari bahasa Yunani. ‘Para’ artinya ‘diluar’ atau ‘melampaui’, dan normal. Jadi dari asal katanya, paranormal berarti sesuatu diluar normal atau melampaui hal-hal normal. Secara definitif, paranormal adalah istilah yang digunakan untuk segala jenis fenomena psikis, pengalaman atau kejadian yang terlihat memiliki hubungan dengan jiwa (psike) atau pikiran (mind), dan yang tidak dapat diterangkan dengan prinsip-prinsip fisika.Sedangkan orangnya disebut paranormalis.

Istilah 'paranormal' menunjuk pada pengertian 'sepertinya normal tetapi tidak normal'. Seperti halnya dalam istilah 'paramedis' dan 'parapsikologi' sepertinya medis, sepertinya psikologi, tetapi bukan medis dan bukan psikologi. Kandungan 'paranormal' adalah bakat-bakat istimewa yang dimiliki seseorang terbawa sejak orang itu lahir dari rahim ibunya. Bakat seperti ini sampai sekarang karena tidak tergali secara cermat, entah karena mitos(tahayul) tertentu atau karena keistimewaanya itu, sering orang begitu mudah memasukkannya dalam kategori 'supranatural'. Padahal dunia paranormal termasuk dalam kategori 'natural',artinya tanpa campur tangan Allah secara luar biasa, bakat itu sudah ada dan operasional. Semula orang segan masuk ke dalam masalah paranormal. Ternyata setelah ada orang yang mau mempelajarinya, kekuatan 'paranormal' lebih cenderung disebut karunia kodrati 'natural', ikut melekat pada kelahiran orang yang memang berbakat. Ada dua daya yang menyolok ialah daya penginderaan istimewa 'extra sensory perception' dan daya penggerak istimewa 'extra sensory motor activity'. Dua kekuatan dasar ini dapat dikembangkan dalam berbagai keahlian selaras dengan pengenalan dan pengembangan diri dari orang yang memang mempunyai bakat. Misalnya saja aya penginderaan istimewa dapat berkinerja ke telepati, rasa peka istimewa seseorang terhadap perasaan orang lain secara lintas ruang; selanjutnya daya penginderaan istimewa juga berkinerja daya melihat istimewa 'clairvoyance dalam bahasa Perancis dan helderzienheid dalam bahasa Belanda'(yang berobyek warna, bentuk dan gerak) lintas ruang dan lintas waktu, yang menyangkut daya kemampuan melihat peristiwa di masa lampau (recognisi), dimasa sekarang (paragnosi) dan masa depan (proscopy).

Daya penggerak istimewa (parergi 'para-energi') dapat berkinerja dalam parergi intrasomasi, ialah daya yang berpengaruh pada badan sendiri seseorang atau badan orang lain atau benda diluar dirinya; kekuatan inilah yang memungkinkan adanya peristiwa stigmatisasi, santet, materilasasi dan dematerialisasi. Kemudian psikokinese (psyche = jiwa dan kinomai =gerakan) dan telekinese (tele = berjarak dan kinomai =gerakan), yang merupakan daya pengerak dan pengaruh pada hidup kejiwaan orang lain tanpa adanya hubungan langsung secara inderawi. Sedangkan poltergeist ( polter =brangasan; geist = jiwa), kekuatan jiwa terguncang- guncang di bawah sadar, yang menggerakkan benda disekitar orang yang sedang mengalami poltergeist itu.
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

Iman, Supranatural, Preternatural, Paranormal, Natural

Iman memang bersangkutan dengan alam supranatural, preternatural, paranormal dan natural. Namun korelasi antara sikap iman dengan berbagai dunia ini mempunyai kadarnya sendiri-sendiri.

Dapat dikatakan secara singkat bahwa alam preternatural, paranormal dan natural merupakan percikan dari alam supranatural. Dunia preternatural, paranormal dan natural tidak boleh disamakan begitu saja dengan dunia supranatural. Mengapa terjadi penyamaan begitu saja ? Karena keterbatasan pemikiran orang dalam mendalami 'sesuatu yang aneh inordinary'. Tanpa memperhatikan adanya berbagai nilai dan tingkatan dunia 'inordinary''. Orang dapat mengatakan bahwa ada hubungan antara dunia supranatural dengan dunia preternatural, paranormal dan natural.

Hubungan iman dengan dunia supranatural merupakan tuntutan mutlak. Dan hubungan iman dengan percikan-percikan alam supranatural bersifat nisbiah. Memang dunia percikan memungkinkan orang membuka dirinya ke alam Sang Pemercik yang supranatural. Namun dunia percikan juga sangat mungkin membuat orang mengalami kemandegan peziarahan iman. Itulah yang terjadi dalam diri seseorang yang terkuasai oleh hawa nafsu dalam tingkat alam natural. Demikian pula orang yang karena merasuki alam paranormal., sudah beranggapan bahwa ia sudah berada dalam alam supranatural dan begitulah dirasakan imannya sempurna. Sebetulnya dengan pemahaman iman seperti itu, apa yang dianggap iman bukan iman lagi. Iman selalu mengandaikan misteri (metarasional), yang tidak terkuak oleh indera dan pikiran. Menurut usaha pendekatan ilmiah terhadap keparanormalan yang pada masa lampau dimasukkan di dalam alam supranatural, sudah sampai saatnya dipandang sebagai hal ciptaan yang natural atau kodrati oleh orang jaman ini. Pandangan ini tetap bertahan bahwa seperti segala ciptaan di alam semesta ini berasal dari Allah, demikian juga kekuatan paranormal juga berasal dari Allah. Pertanyaan yang muncul ialah : Bahwa kenyataan paranormal (preternatural) adalah rahmat kodrati atau 'gratia naturalis', bagaimana orang beriman seharusnya bersikap terhadap kemampuan paranormal atau orang yang berbakat paranormal ? Jawaban atas pertanyaan ini sekarang dinantikan banyak orang beriman.

Sikap orang beriman terhadap kenyataan kodrati paranormal. Orang beriman hendaknya menempatkan semua barang ciptaan dalam kerangka tujuan dan maksud manusia diciptakan oleh Allah swt. Kenyatakan bahwa tujuan manusia diciptakan ialah memuji, menghormati dan pengabdi(menyembah,beribadah)kepada Allah swt dengan demikian manusia selamat.Ini menyangkut semua manusia.Tujuan mereka diciptakan adalah keselamatan(rahmatan lil 'alamin).Barang ciptaan lain berada untuk menolong manusia mencapai tujuannya diciptakan,Maka orang hendaknya menggunakannya sejauh barang itu menolongnya; dan menyingkirinya sejauh barang itu menjadi penghalang manusia mencapai tujuan bahwa ia diciptakan.

Daya paranormal adalah karunia kodrati manusia. Daya paranormal ada pada setiap orang dalam kadarnya masing- masing bukan karena orang itu mendapatkan karunia adikodrati, tetapi karena kemanusiaannya. Adanya kemampuan paranormal tidak karena orang itu berkekhususan tertentu. Adanya kemampuan paranormal dapat dipisahkan dari keagamaan, kesukuan, ras seseorang. Orang Balanda, Jawa, Tionghoa, Jepang dsb. dengan agama mereka yang berbeda-beda masing-masing dapat memiliki daya paranormal yang cukup tinggi. Secara manusiawi kemampuan paranormal itu dapat digunakan untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain, sejauh untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain daya itu menolong ke jalan keselamatan. Daya paranormal mempunyai nilai lintas agama, lintas suku, lintas ras. Dengan demikian manusia yang satu dengan yang lain dapat saling menolong dengan daya paranormal itu.
Orang islam dengan daya paranormalnya dapat menolong orang kristen, Hindu, Budha dan sebaliknya, tanpa masing-masing harus bersikap bertentangan dengan iman masing-masing. Seperti halnya dokter, yang beragama Islam dapat menolong orang beragama Hindu, tanpa mereka harus berkeyakinan Hindu dan sebaliknya. Bahkan orang ateispun dapat mempunyai daya paranormal. Karena ia adalah manusia. Dalam lingkup ini juga adanya kekuatan paranormal kadang bukan karena mantra-mantra atau alat-alat tertentu. tetapi karena adanya daya itu sendiri. Dahulunya ada orang berbakat paranormal selalu mencari sumber air di bawah tanah dengan alat tasbih. Lalu berkeyakinan bahwa tasbihnya itu satu-satunya penunjuk sumber air di bawah tanah. Ternyata dalam pengalaman, dengan barang lain pun dapat ditemukan suatu sumber air di bawah tanah. Di sini bukan maksudnya untuk memperendah nilai tasbih, tetapi hanya mau menuturkan bahwa daya paranormal tidak secara mutlak berhubungan dengan barang-barang keagamaan. Selanjutnya dapat dikatakan bahwa kekuatan paranormal itu benar adanya. Orang dapat menggunakannya untuk bertindak baik, ialah menolong orang lain, atau untuk berlaku jahat untuk mencelakakan orang lain. Jadi baik buruknya penggunaan daya paranormal adalah karena baik buruknya perilaku(ahklaq) seseorang yang menggunakannya. Paham ini untuk meluruskan pandangan tentang 'black magic dan white magic' yang diandaikan barangnya sendiri dari setan atau dari malaikat. Kesetanan dan kemalaikatan adalah berasal dari manusia pengguna daya paranormal tersebut.Bila daya paranormal digunakan mencelakakan dirinya sendiri atau orang lain, di sinilah daya paranormal disetankan, digunakan untuk berbuat jahat ''black magic'. Bila daya paranormal digunakan untuk menolong dirinya sendiri atau orang lain demi kebaikan, di sinilah daya paranormal dimalaikatkan. 'white magic'. Panggilan orang beriman, yang meyakini Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang, ialah untuk menggunakan daya paranormal untuk mengasihi dan menyayangi orang lain demi keselamatan.
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

Dalam uraian di atas disampaikan sedikit pendalaman arti iman sehubungan dengan kenyataan supranatural. Karena dalam pandangan masyarakat kita ada pengertian tentang alam supranatural yang menunjuk pada berbagai arti, perlulah orang mendalami arti-arti yang ada dengan maksud orang mempunyai sikap iman yang benar. Iman yang benar adalah sikap meyakini pewahyuan dari Allah (supranatural dalam pengertian refleksi iman islamiah), yang memasukkan manusia dalam alam ciptaan kehidupan. Iman yang benar meyakini bahwa Allah swt adalah satu-satunya sumber kehidupan manusia. Semua ciptaan yang ada bersifat nisbiah bagi manusia. Iman yang benar tetap meyakini bahwa bagaimanapun bagi manusia Allah swt tetap misteri, yang selalu memanggil manusia untuk bertanya dan bertanya untuk mendapatkan jawaban baru sebagai ilham sesuai koridor,dimana ada bentuk pertanyaan yang diperbolehkan dan juga pertanyaan yang tidak diperbolehkan.

Supranatural dan dunia paranormal merupakan wujud manifestasi dari hablum minannas(hubungan manusia satu dengan manusia yang lain)dalam koridor memanfaatkan bakat,kelebihan sebagai karunia untuk hidup saling tolong menolong,gotong royong menciptakan keadaan aman,damai,bermasyarakat sesuai kodratnya manusia yaitu makhluk sosial.


Dari Semua Guru Supranatural
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

Pendapat lain

Supranatural adalah segala sesuatu fenomena atau kejadian yang tidak umum atau tidak lazim atau dianggap di luar batas kemampuan manusia pada umumnya dan tidak sesuai dengan hukum alam. Sebenarnya kemampuan ini bisa didapat dengan mengembangkan cakra atau pusat-pusat energi dalam tubuh.Dalam tradisi jawa kekuatan Supranatural dapat di gali dengan lelaku tirakat tertentu untuk memperoleh kemampuan yang luar biasa di luar jangkauan akal,seperti brajamusti/bandung bondowoso adalaah ilmu supranatural yang mampu memiliki kekuatan dan pukulan mematikan.Salah satu contoh pengalaman saya waktu mengetes brajamusti dengan melontarkan pukulan ke sebatang pohon pisang yang tadinya tidak ada apa-apa,namun anehnya ke esokan harinya pohon tersebut mati mengering. jika itu di salah gunakan memukul orang tentu akibatnya sangat fatal.Daya supranatural tradisi jawa ini sampai sekarang masih banyak di buru orang,namun untuk mendapatkan kemampuan tersebet tidaklah semudah membalikkan telapak tangan,perlu adanya tirakatan tertentu yang harus di jalani namun yang perlu di perhatikan adalah adanya pembimbing/gurunya yang benar-benar paham dalam hal supranatural. Guru Pembimbing tugasnya adalah menuntun agar kita melakukan penebusan lelaku tertentu agar daya supranatural yang kita harapkan dapat kita kuasai.Salah satu tokoh supranaturalis yang ahli dalam tatanan ilmu tradisi jawa adalah Raden Tjakra Djajaningrat(ketua Yayasan Alternatif Metafisika"Shakti Bhakti")


Apa Pendapat yg lain ?
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Supranatural / Supernatural

hemmmm nyimak dulu deh monggo pendapat teman-teman yang lain
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

__________________






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

Kutip:
Oleh Megha View Post
hemmmm nyimak dulu deh monggo pendapat teman-teman yang lain
Ini salah kamar ga yah Maklum masih baru di forum ini
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Supranatural / Supernatural

ndak salah kamar kok

ikut nyimak juga.. :P

Indonesia dan warisan budayanya selalu berkaitan dengan hal-hal yang berbau supranatural.. kadang terlihat mustahil bagi sebagian orang.. tapi kenyataannya memang ada sampai sekarang ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak para petinggi baik dari jaman Soekarno sampai kepada SBY yang berkaitan dengan dunia supranatural.
Redbastard
World Level

Post: 16.803
 
Reputasi: 218

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
ndak salah kamar kok

ikut nyimak juga.. :P

Indonesia dan warisan budayanya selalu berkaitan dengan hal-hal yang berbau supranatural.. kadang terlihat mustahil bagi sebagian orang.. tapi kenyataannya memang ada sampai sekarang ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak para petinggi baik dari jaman Soekarno sampai kepada SBY yang berkaitan dengan dunia supranatural.
Setujuyg di cetak tebal
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Supranatural / Supernatural

oh yah mod di pindah aja yah disini terlalu sepi dan tread ini bukan tread konsultasi tapi tread diskusi, mungkin lebih cocok ke Mysteri & Supranatural saya akan kembali 1 Minggu lagi dgn Perjalanan Spirit & Supranaturl saya
dan akan saya ceritakan di tread ini


Makasih atas peratiannya Mod



Oh ya mungkin juga harus di buat Tread Aturan dan Tread Pengaduan Tread2 Bermasalah
Tandera
City Level

Post: 202
 
Reputasi: 8

__________________
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Supernatural the animation ishimaru Anime, Manga & Komik 15
tv series hollywood: supernatural (2005-present) parker_buble TV & Film 9
supranatural hendrasuryagunawan Misteri & Supranatural 1
i like supernatural naz_cat Misteri & Supranatural 2


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.