[Tips] Mempersiapkan mobil sebelum liburan

muka013

New member
Mesin adalah nyawa setiap kendaraan. Mesin harus di jaga seperti anda menjaga tubuh anda sendiri. Mesin mobil kini memiliki dua macam, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Setiap libur, anda selalu melupakan beberapa komponen penting yang harus di rawat ketika anda bepergian. Hal ini bisa mengakibatkan mesin bisa rusak ketika anda pakai untuk bepergian. Karena ketika anda bepergian anda akan menggunakan mobil anda lebih lama dari biasa anda pakai. Beberapa hal yang harus di perhatikan terhadap mobil anda adalah:

  1. Oli adalah salah satu hal yang penting untuk anda perhatikan. Oli bisa membantu kendaraan anda dalam perjalanan. Oli yang kotor bisa mengakibatkan karat terhadap mesin. Apa lagi kinerja mesin akan tidak maksimal
  2. Ketika anda sedang bersiap untuk pergi liburan. Terlebih dahulu panaskan mobil anda. Hal ini untuk membuat mesin bersiap untuk melakukan perjalanan jauh. Karena ketika mobil tidak sering di panaskan makan mobil akan lebih sering mogok
  3. Saringan udara ini membuat mobil anda menjadi lebih irit. Jika kotor segera bersihkan. Tapi jika saringan sudah rusak lebih baik di ganti dengan yang baru.
  4. Hal ini supaya ketika anda sedang perjalanan jauh dan melewati pemukiman yang sepi. Anda tidak akan kesusahan mengisi bahan bakar karena bahan bakar anda sudah full.
  5. Sistem pendingin juga merupakan hal yang amat penting. Bayangkan saja ketika anda bepergian jauh dan sistem pendingin anda rusak anda pasti akan kepanasan bukan? Apa lagi Indonesia negara tropis, lebih banyak panas di bandingkan hujan. Maka dari itu perawatan sistem pendingin sangat penting
  6. Sebelum anda bepergian coba anda cek mesin anda atau coba mobil anda dengan mengendarai sekitar rumah anda. Jadi anda tahu apakah mobil ini layak di kendarai atau tidak.
  7. Jangan lupa lihat spion anda. Apakah sudah nyaman anda lihat ketika berkendara atau tidak. Hal ini bisa mengurangi kecelakaan karena anda tidak bisa melihat ke belakang atau ke titik buta yang hanya bisa di lihat kaca spion anda ketika anda berkendara.

Walau banyak hal yang harus diperhatikan. Tapi yang paling penting adalah jangan lupa untuk mengecek di bengkel terdekat. Karena dengan mengecek di bengkel terdekat anda tidak akan luput dari kerusakan mesin yang menimpa mobil anda.
 
Back
Top