5 Manfaat Mengajak Anak Berenang Sejak Bayi

Kalina

Moderator
Berenang adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menyehatkan. Anda ingin berenang tapi masih punya bayi kecil? Tidak ada salahnya mengajak bayi Anda berenang bersama.

Pelatih renang profesional asal Australia, Laurie Lawrence mengungkapkan, ada banyak manfaat dari mengajarkan anak berenang sejak dini. Selain membuatnya terbiasa dengan air sehingga mengurangi risiko dirinya tenggelam, berenang sejak dini juga berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan si anak.

"Anak-anak selama sembilan bulan berenang di kandungan, jadi memang sudah natural dan kenapa tidak dilanjutkan," jelasnya, seperti dilansir WomansDay.

Mau tahu manfaat mengajak anak berenang sejak bayi? Ini dia:

1. Anak-anak yang berenang sejak bayi, memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat bayi menggerakkan seluruh tubuh mereka, mulai dari tangan, kaki dan kepala.

2. Anak-anak yang berenang sejak kecil akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitifnya semakin berkembang. Perkembangan koginitif pada bayi meliputi berpikir, belajar, dan proses pemecahan masalah.

3. Anak-anak yang belajar berenang sejak kecil bisa lebih mudah beradaptasi dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal tersebut karena saat berenang, mereka biasanya bertemu dengan anak-anak lain.

4. Saat berenang, anak-anak belajar bagaimana orang berbicara saat memberikan instruksi untuk bergerak. Sehingga ke depannya, anak-anak yang belajar berenang sejak bayi kemampuannya berbicara akan lebih cepat berkembang.

5. Berenang secara rutin juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak.
 
wah menarik,sejak dalam kandungan bayi emmang sudah berenang dengan air ketuban..jadi lihat sja reaksi anak2 kecil kalo melihat air pasti betah mainan air..
 
iya, sekarang sudah banyak tempat bayi untuk berenang, malah sudah ada juga ban renang yang dipakaikan di leher si bayi...
 
Bayi kan pada dasarnya dia hidup di dalam air saat di rahim ibunya, jadi gak masalah dong kalau bayinya diajak berenang mah, asal jangan lama2 aja ntar si bayi masuk angin lagi. berenangnya di kolam khusus bayi, ada gak yah? yang ada mainan bayi nya gitu
 
gak bahaya kok, bukannya bayi itu kan sedang dalam kandungan emang di air, di dalam tubuh kita kan memang isinya air, nah si bayi itu kan dilindungi si air ketuban itu. jadi gak masalah kalau diajak renang, cuma jangan langsung juga, harus sama pelatih profesional. supaya bayi gak kaget coba ajak pas dia masih di kandungan mamanya
 
memang bener banget gan, memang diusahakan sebisa mungkin kemampuan berenang itu diberikan ke anak anak kita sedini mungkin, karena berenang ini skill yang krusial sekali gan, jangan smp ada kejadian kejadian yang memberikan dampak fatal hanya karena tidak bisa berenang, dan rata rata orang yang suka atau gemar berang itu, punya fisik yang bagus gan,
 
Back
Top