Review Ti-Phone E88 : Teliti Sebelum Membeli!

lhyta

New member
tiphone-e88.jpg


Pada 12 Juli 2010 lalu, aku berniat membeli hp Ti-Phone E88 karena merasa hp ini sesuai dengan kebutuhanku : Qwerty, TV, mp3,kamera/video,mobile office, opera mini, wifi, dll. Setelah uang tabunganku cukup, aku pergi ke WTC untuk hunting produk ini.

Aku mengitari seluruh toko di WTC dan memutuskan untuk membeli TiPhone di toko Asia Jaya di WTC Surabaya karena harga jual TiPhone paling murah di toko ini. Waktu beli, aku liat ada logo telkomsel di dusnya dan bertanya apakah hp ini bundling? Si pelayan meyakinkan aku bahwa hp tersebut tidak bundling. Setelah pulang, aku kaget karena ternyata sim 1 dilock dengan simpati dan hp tersebut ternyata BUNDLING dengan simpati.

Aku komplain ke toko tersebut dan dilayani dengan agak ketus. Mereka menolak mengganti kartu Simpati yang seharusnya ada di paket tersebut dengan alasan memang begitu dari ‘pusat’ (entah pusat yang mana) dan mereka tidak mencuil sedikitpun barang tersebut karena masih tersegel. Aku pun pulang dengan tangan hampa.

Ketika aku menghubungi kantor servis resmi TiPhone di Surabaya, mereka mengatakan memang ada paket TiPhone E88 yang bundling dengan kartu Simpati dan ada yang tidak. Keputusan tentang ada-tidaknya kartu Simpati dalam TiPhone E88 tergantung penjual. Namun menurut kantor servis resmi TiPhone, paket TiPhone E88 yang mereka jual ada kartu Simpati-nya, tapi dengan harga yang lebih mahal. Mereka bilang paket ini (TiPhone E88 dengan Simpati) dipasok dari distributor resmi.Aku memang membeli Ti-Phone E88 dengan harga yang lebih murah, tapi aku merasa kecewa karena harus membeli sendiri kartu Simpati (tidak disertakan dengan pembelian).

Lalu aku iseng mengambil brosur TiPhone E88 dan disitu tergambar bahwa TiPhone E88 memang bundling dengan Simpati dan ada bonus gratis 12 bulan push mail, gratis 12 bulan chatting, gratis internetan 4 MB/bulan, dan gratis 12 bulan ti-messenger jika membeli paket Ti-Phone E88 dan Simpati. Selaku pihak yang membeli Ti-Phone E88 tanpa kartu Simpati di dalamnya, aku jadi bertanya-tanya, apakah memang dari PT.Ti-Phone Mobile Indonesia ada dua paket Ti-Phone E88 (Ti-Phone E88 yang ada kartu Simpatinya dan ada yang tidak)? Kalau memang ada, apakah ada perbedaan pada harganya? Dan karena aku tidak dapat kartu Simpati dalam pembelian Ti-Phone E88, apakah aku tetap dapat bonus gratis 12 bulan push mail, gratis 12 bulan chatting, gratis internetan 4 MB/bulan, dan gratis 12 bulan ti-messenger jika aku menggunakan sembarang kartu Simpati? Kalau iya, bagaimana cara mengaktifkannya?

Kalau menurut service resmi Ti-Phone, asal aku menggunakan kartu Simpati, maka bonus akan cair. Aku pun mencoba membeli Simpati Freedom dan ternyata tetap TIDAK MENDAPATKAN BONUS-BONUS TERSEBUT!

Perihal masalah ini, aku sudah mencoba menghubungi PT.TiPhone Mobile Indonesia melalui line telepon 021 3867888 (sesuai yang tertera di brosur TiPhone E88) namun tidak mendapat jawaban/tidak tersambung, itu pun menyedot pulsa. Kemudian aku mencoba mengirim email di cs@tiphonemobile.com dan tidak mendapat tanggapan sama sekali. Aku juga mengadukannya ke form pengaduan di tiphonemobile.com dan juga tidak mendapat jawaban.

Aku pun bingung dengan kejelasan handphone aku. Sebagai konsumen, aku merasa dirugikan dengan simpang siur informasi yang tidak jelas ini,terlebih karena aku seperti didorong untuk menggunakan simpati (dengan menge-lock sim 1 hp aku) padahal aku tidak mendapatkan kartu Simpati dalam pembelian dan tidak ingin menggunakan Simpati dalam waktu dekat.

Akhirnya, aku melihat di website-nya bahwa CS tiphone online. Aku pun mencoba chatting dan dilayani dengan cukup ramah. Aku mengajukan masalahku dan meminta agar tiphoneku diunlock saja agar fair (aku kan nggak dapat simpati dan bonus2nya itu). Dia menyarankan agar konsultasi dengan service center di Surabaya.

Pada 4 Desember 2010, aku ke service center TiPhone di Jl.Arjuno 107 dan CS setuju jika tiphone diunlock. Namun sayang, aku yang membawa serta USB dan bateraiku yang rusak tidak mendapat jawaban yang sama menyenangkannya. Mereka menolak mereparasi/mengganti USB dan bateraiku yang rusak itu karena GARANSI AKSESORIS TIPHONE HANYA 3 BULAN! Aku disarankan beli aksesoris lagi karena sudah rusak.
Aku pun kecewa karena masa garansi sebuah produk TiPhone sangat singkat. Sedemikian burukkah kualitas produk mereka sampai mereka tidak yakin kalau produknya bisa ‘bertahan’ lebih dari tiga bulan? Aku merasa kecolongan karena nggak baca lengkap detailnya. Tahu gini mana mungkin aku beli sebuah produk yang soak dan rapuh kayak gini. Masa hanya 5 bulan pemakaian sudah rusak! Sekarang aku bingung ini USB dan baterai mau diapain lagi biar berfungsi.

Selain hal-hal di atas, ada beberapa hal mengenai hp TiPhone yang perlu kalian tahu:

1.Aplikasi Java sering Hang. Antara instalasi Java yang satu dengan yang lain sering crash. Kecewa banget sudah milih hp ini…

2.Harga jual kembali turun banget!Hampir tidak ada yang mau membeli Ti_Phone aku, meskipun waktu itu aku baru saja beli hp ini beberapa hari dan langsung dijual lagi. Ada yang langsung nawar setengah harga bahkan seratus ribuan.Aku merasa kecewa sudah memilih produk ini.

3.Aplikasi Java kebanyakan didominasi oleh aplikasi2 telkomsel. Bahkan shortcut-nya juga aplikasi2 dari telkomsel. Maaf saja, tapi ini cukup menyebalkan apalagi mengingat masalahku diatas.

Demikianlah reviewku terhadap hp TiPhone E88. Fasilitasnya memang yahud dan cukup lengkap, tapi sering hang dan banyaknya aplikasi telkomsel, juga ‘penipuan’ terhadap paket pembelian TiPhone E88 membuat aku kecewa dengan TiPhone E88.

Buat yang baca, berhati-hatilah kalau mau beli hp. Perhatikan bibit, bobot, dan bebetnya sebelum membeli.Tak lupa perhatikan kelengkapannya. Selidiki apakah hp itu bundling dengan operator tertentu atau tidak. Kalau ya,
JANGAN PERNAH TERIMA PAKET HP TANPA KARTU PERDANA! Untuk menghindari ketidaklengkapan paket, PASTIKAN MEMBELI DI DISTRIBUTOR RESMI. Meskipun sedikit lebih mahal dari counter, namun paketnya dijamin lengkap dan semua sparepartsnya original. Hitech-ku beli di distributor resmi yang waktu itu sedikit lebih mahal dari yang luaran tapi sudah 2 tahun tidak pernah diservis sama sekali dan sampai sekarang masih oke! Dan pastinya paketnya lengkap, dong!

Akhir kata, waspadalah, teman-teman!

PS : buat yang berminat dengan hp tiphone di atas, silakan klik disini

PS 2 : Semua cerita di atas adalah MURNI pengalaman pribadiku dan FAKTA. Semua bukti2 masih aku simpan dengan baik. Jadi kalau ada yang merasa keberatan, silakan komentar dengan sopan dan kita diskusikan baik2. Dan terutama sekali, tunjukkan BUKTI milik anda
 
semoga keluhan dan laporan ini terbaca oleh pihak Ti-phone biar bisa ditanggulangi ya ;)
 
tapi emang harusnya kita sebagai calon konsumen harus membiasakan diri untuk tes drive hape ditempat, sebelum dibawa pulang supaya gak terjadi pelecehan hak konsumen :D halah megha ngaco!

ya pokoknya gitu deh, biasa ini mah permainan counter, kartu yang menempel pada dus Hp dilepas dan dijual secara terpisah, ini jelas merugikan banget dan aku pikir itu kriminal :D

btw klik jawabanku jadi solve answer dong <3D
 
Dalam hal ini memang sebuah kondisi yang menarik kita review. Untuk Ti-Phone ini belum pernah dengar sebelumnya. Tampaknya bukan merk yang kondang di daerah ane.
 
Back
Top