Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri

louisiana

New member
Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri

img_1178947174.gif

Bahan siomay :

300 g daging ikan tenggiri, cincang halus

50 g tepung kanji (atau secukupnya sampai adonan dirasa udah pekat nempel)

100 ml air kaldu (saya pakainya kaldu dari tulang ikan tenggiri)

1 sdm minyak wijen

1 butir telur ayam, kocok lepas

1 batang daun bawang

merica, garam, gula secukupnya

Bahan saus kacang :

300 g kacang tanah sangrai

4 bh bawang putih

cabai merah secukupnya (kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau sesukanya deh selera pedasnya.)

2 sdm gula pasir

2 sdm garam

air matang secukupnya

Bahan pelengkap :

Kol, dibuang ya tulangnya yang tebel dan keras

Tahu putih

Pare

Kentang

Telor ayam rebus

Jeruk limau

Kecap

Saus sambal

Cara membuat :

1. Pare dibuang bijinya. Potong-potong silinder kira-kira tinggi 6 cm yang bolong atas bawahnya. Kentang dipotong juga dikira-kira deh.

Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerukan tahunya ini diancurin, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay. Nah, pokoknya bahan siomay dirasa-rasa udah cukup pekat nempel atau belum.

2. Nah, adonan siomay ini terus dimasukkin ke bagian tahu yang dikeruk, masukkin juga ke dalam pare, nah sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air.

3. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang.

4 Nah, sekarang bikin saus kacangnya yuk. Kacang diulek sampai halus, sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, pokoknya sampai kental atau encer sesuai selera.

5. Hidangkan deh siomay, kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahin kecap sama perasan jeruk limau. Dan saus sambal kalo kurang pedas (maklumlah orang indonesia, keringat juga rasanya pedas, hehe). Huiiihhh...........dijamin rasanya bener-bener rasa ikan tenggiri. Gak kayak yang di abang-abang. Entah rasa tepung atau daging. Sukur-sukur daging ikan tenggiri, rasa-rasanya sih daging tikus atau cicak atau malah kucing. Huweekkkk....sumpah bo’, gua merinding. Hiiyyy. Pokoknya resep siomay ini dijamin enak! Selamat mencoba.


warungkopi.com
 
Back
Top