Indonesia-Filipina Bahas Pengamanan Perbatasan

nurcahyo

New member
Indonesia-Filipina Bahas Pengamanan Perbatasan

Kapanlagi.com - Pemerintah Indonesia dan Filipina membahas masalah pengamanan perbatasan kedua negara tersebut, pada pertemuan Border Committe Chairmens`s Conference.

Pangdam VII Wirabuana, Mayjen Arif Budi Sampurno, usai membuka pertemuan tersebut, Selasa di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), kepada wartawan, mengatakan, materi pembahasan antara lain tehnis pengamanan perbatasan, pelintas batas, barang bawaan, patroli bersama.

Pertemuan di Manado merupakan kelanjutan dari rapat tingkat wakil ketua antara kedua negara tersebut yang dilaksanakan di Filipina pada beberapa waktu lalu.

Sampurno mengatakan, melalui pertemuan ini diharapkan adanya kerjasama keamanan bersama seperti patroli serta koordinasi masalah pelintas batas dan barang bawaan, dan meningkatkan koordinasi dalam menangulangi bencana alam dilaut.

Selama ini kerjasama antara Indonesia dan Filipina sudah terjalin dengan baik, kata Sampurno, juga Ketua Delegasi Indonesia pada pertemuan itu.

Ketika membuka pertemuan itu, Sampurno mengatakan, persahabatan dan hubungan baik antara kedua negara telah dibuktikan pada pertemuan-pertemuan lalu.

Pada sidang tingkat Wakil Ketua ke-25 pada tanggal 26-30 Juni 2006 di Davao, Filipina menjadi tuan rumah, dan kini Indonesia sebagai tuan rumah untuk peristiwa penting tersebut.

Pertemuan tahunan dengan saling bertukar pikiran dan berinteraksi antara perwakilan kedua negara, meningkatkan perhatian terhadap perjanjian patroli perbatasan dan pelintas batas.

Pada pertemuan-pertemuan lalu telah memberikan arti dan hasil sangat baik dan secara meyakinkan telah membawa kearah hubungan menjadi lebih baik bagi kepentingan kedua negara.

Delegasi Filipina dalam pertemuan itu dipimpin Panglima Wilayah Mindanao Bagian Timur,Letjen Rudolflo S Obaniana, Komandan Angkatan Laut di Wilayah Mindanao Timur, Comoodore Ferdinan Goles.

Acara pembukan pertemuan itu dihadiri Gubernur Sulut, Sinyo Sarundajang SH, Wakil Ketua DPRD Sulut, Roosje Pandegiroth serta pejabat instansi terkait di Sulut
 
Back
Top