Fakta Menarik Tentang Permen Karet
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Fakta Menarik Tentang Permen Karet

Fakta Menarik Tentang Permen Karet



Permen karet merupakan makanan yang sangat digemari masyarakat. Permen karet berasal dari Amerika, terbuat dari getah pohon atau damar gliserin yang ditambah larutan gula, peppermint dan bahan lainnya, kemudian diaduk dan dipress.

Nah, marilah kita menganalisa manfaat dan kerugian mengunyah permen karet.

Manfaat mengunyah permen karet:


1. Menyegarkan bau mulut, terutama bagi yang suka mengonsumsi makanan beraroma keras seperti bawang merah dan bawang putih. Permen karet sangat efektif untuk menetralisir bau tersebut.

2. Permen karet dapat melekat erat, sehingga dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada permukaan gigi. Sering mengunyahnya dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan rongga mulut dan gigi dengan lebih baik, sehingga resiko terbentuknya plak-plak gigi dapat dikurangi.

3. Ketika mengunyah permen karet, rongga mulut berulang-ulang melakukan gerakan menggigit, ini memperlancar aliran darah di bagian wajah, dan juga melatih otot-otot untuk mengunyah dan menggigit.

Hasil penelitian seorang ahli dari Amerika, mengunyah permen karet setiap hari selama 15 menit dapat bermanfaat bagi kecantikan.


Kerugian mengunyah permen karet

1. Pada waktu mengunyah permen karet, gula tinggal di dalam rongga mulut dalam waktu lama, maka bakteri dalam rongga mulut akan merubah gula menjadi asam yang akan mengurai kalsium gigi (email gigi) sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi.

Para ahli menganjurkan agar memilih permen karet xylitol sebagai pengganti gula, karena xylitol memiliki rasa dan nilai gizi yang sama dengan gula, namun tidak dapat difermentasi menjadi asam sehingga aman untuk gigi.

2. Hasil riset di Swiss menunjukan, sering mengunyah permen karet dapat merusak bahan tambalan gigi. Oleh sebab itu bagi seseorang yang menggunakan tambalan gigi dengan bahan air raksa sebaiknya jangan mengunyah permen karet.

Karena mengunyah permen karet dapat mengurai senyawa air raksa tersebut, yang dapat meningkatkan jumlah kandungan air raksa dalam darah dan air kemih. Kelebihan zat tersebut dapat berpe ngaruh negatif terhadap otak, susunan syaraf pusat dan ginjal.

3. Anak-anak yang mengunyah permen karet dalam waktu lama, kemungkinan besar akan mempunyai kebiasaan menggertakkan gigi pada saat tidur karena otot-otot mulut dalam keadaan tegang, sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka.

Para ahli menyarankan agar anak-anak tidak mengunyah permen karet lebih dari 3-4 kali sehari dan tidak melampaui 10-15 menit.

4. Sering mengunyah permen karet bagi para remaja dapat berisiko memiliki bentuk wajah segi empat, karena otot-otot rahang mungkin terlalu terlatih sehingga sangat cepat pertumbuhannya.


http://bukablogsaya.blogspot.com/200...men-karet.html
louisiana
louisiana louisiana is offline
National Level

Post: 1.541
 
Reputasi: 794

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

wah artikel non ana mantabbb.... aku adalah penggemar permen karet sejak SMP sampai sekarang.....
agen_pale
agen_pale agen_pale is offline
World Level

Post: 22.080
 
Reputasi: 489

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

makasih infonya neng
rentalkomputersemarang rentalkomputersemarang is offline
Village Level

Post: 80
 
Reputasi: 0

__________________
rental komputer semarang





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

nice info nya nona louis wah aku duluh suka permen karet
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

aku pernah nelen permen karet

miss_pink_doremi
miss_pink_doremi miss_pink_doremi is offline
National Level

Post: 1.227
 
Reputasi: 69

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

aku duluh paling suaka permet karet yang merk nya yosan yang ada hadiah
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

hahaha..
iya !
susah banget nyari huruf N nya !
geregetan kalau udah dapet huruf Y - O - S - A tinggal 1 huruf lagi dapet hadiah..

eh, menurut buku yg gue baca (ceilah)
mengunyah permen karet bisa memperkuat ingatan..
dan kalau lagi ngupas bawang nggak mau nangis,
ya ngunyah permen karet !
miss_pink_doremi
miss_pink_doremi miss_pink_doremi is offline
National Level

Post: 1.227
 
Reputasi: 69

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

masih ingat ngak permen karet merk bigbabol
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

ingat dongs..

tapi bigbuble, bukan bigbabol.. hehehe
miss_pink_doremi
miss_pink_doremi miss_pink_doremi is offline
National Level

Post: 1.227
 
Reputasi: 69

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Fakta Menarik Tentang Permen Karet

Permen karet itu emang bagus ya, bisa bikin nafas segar dan mnghilangkan bekas sisa makanan, tapi bikin gigi rusak.. Dulu pernah pengalaman gigi bolong karena makan permen karet, tapi untungnya setelah gigi dicabut dan tumbuh gigi baru udah gak pernah ada masalah lagi.. Kadang aku suka heran deh sama anak-anak ABG, mereka suka ngemut permen karet dari rasanya manis sampe gak ada rasanya sama sekali, heran kok betah banget ya ngunyah permen yang udah lebih dari 1 jam didalam mulut begitu
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.