Olahraga Sehatkan Prostat

Megha

New member
Olahraga Sehatkan Prostat​

Ada kabar baik bagi para pria. Menurut sebuah penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, olah raga berat yang dilakukan secara rutin dapat memperlambat munculnya kanker rostat dan menurunkan risiko kematian dan jenis kanker satu ini.

PeneIitian yang masuk dalam kategori “Health Professionals Follow
Up Study” ini dilakukan oleh tim dari Harvard terhadap 48.000 pria. Yang dikumpulkan adalah data tentang rata-rata lama berolah raga setiap minggu, kegiatan luar rumah seperti berjalan atau hiking, jogging, berlari, naik sepeda, berenang beberapa putaran, tenis, squash atau racquetball, dan kalistenik atau rowing.

Penelitian ini dilakukan selama 14 tahun, dan ditemukan adanya 2892 kasus baru kanker prostat, dengan 482 kasus termasuk tingkat lanjut. “Pria berusia 65 tahun lebih atau lebih yang melakukan olah raga berat minimal tiga jam per minggu ternyata risikonya mengamengalami kanker prostat yang berat, tingkat lanjut, dan parah berkurang secara signisugnfikan (hampir 70 %!),“ kata penulis aporan peneiltian ini, dalam Archives of Interinternational Medicine edisi Mei 2005. Namun, hal yang sama tak dijumpai pada pria dengadengan usia lebih muda.

“Walaupun mekanismenya masih dipelajari, penemuan ini menyatakan bahwa olahraga berat dapat memperlambat kanker prostat dan dapat direkomendasikan untuk mengurangi kematian akibat kanker prostat. Yang pasti manfaat olahraga bagi tubuh tak diragukan lagi,” demikian para peneliti menyimpulkan Jadi, tunggu apa lagi? Segera berolahraga dan raup manfaatnya

Majalah Health
 
Back
Top