Alkohol, Musuh Ibu Menyusui

Megha

New member
Alkohol, Musuh Ibu Menyusui​


Aturannya jelas, ibu menyusui sama ekali tak boleh minum alkohol.
Begitu kata Baylor College of Medicine, Houston, Texas, AS. Mengapa? Alkohol dapat masuk ke dalam air susu ibu. Para peminum alkobol berat atau yang rutin mengonsumsi alkohol tiap hari, dapat membahayakan bayi mereka.

Bayi masih amat lambat dalam mencerna atau melakukan metabolisme alkohol. Jadi, walau dalam dosis kecil sekalipun, sudah cukup mengacaukan waktu tidur dan makan bayi. Bayangkan jika ini terjadi terus menerus. Bayi akan mengalami gangguan tumbuh kembang.

Menurut sumber yang sama, seorarg ibu menyusui masih dapat minum alkohol maksimal setengah cangkir atau satu sloki anggur, dalam frekuensi jarang. Itupun, Anda baru bisa memberikan ASI pada bayi Anda setelah dua atau tiga jam, supaya tubuh mencerna dan membuang dahulu Akohol yang Anda minum Meski demikian, lebih baik kita tak mengambil keputusan yang mempertaruhkan buah hati kita, bukan?

Majalah Health
 
tapi ntar si bayi juga bisa mabuk juga ga neng egha..? wehehhehe

wah iya bener, megha juga sempet kepikiran "apakah air susu ibu ini mengandung alkohol atau tidak ya?" :D

untuk tau lebih jelasnya kita tunggu tanggapan dari temen-temen yang lain ya non ;)
 
Tentu saja ASI bisa mengandung alkohol walau dengan kadar yang sangat rendah, tapi untuk bayi jelas sedikit banyak punya pengaruh. Dan biasanya pengaruhnya itu ke berat badan si bayi dan perkembangan otaknya.

Tapi yang nggak kalah penting, bagi seorang ibu yang mengkonsumsi alkohol saat menyusui adalah alkohol itu bisa mengurangi dan menurunkan produksi ASI secara signifikan. Karena pada saat minum alkohol, ini mempengaruhi 2 hormon yang berperan penting dalam produksi ASI yaitu hormon Oksitosin dan Prolaktin. Saat setelah minum alkohol, kadar hormon Oksitosin menurun rata-rata hingga mencapai 70-80 persen, sedang hormon Prolaktin meningkat hingga 350 persen. Dan kondisi semacam ini bisa sangat menghambat produksi ASI.
 
Waaahhh gile ini sih bener-bener gawat, Alkohol jelas terlarang untuk ibu Hamil ;)

aku klik solve answer ya kak
 
Back
Top