Nikola Tesla
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Biografi] Nikola Tesla


Nikola Tesla, ilmuwan Amerika asal Serbia, memberikan kontribusi yang terbesar bagi ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi dunia sebagai penemu medan magnet berputar dan sistem lengkap produksi dan distribusi energi listrik (motor, generator) berdasarkan penggunaan arus alternatif. Namanya diberikan ke unit SI untuk induksi magnetik ("tesla"). Tesla juga membangun generator dari arus frekuensi tinggi tanpa biji alternatif dan trafo tegangan tinggi yang sekarang dikenal sebagai "Tesla Coil".


Nikola Tesla lahir pada tanggal 10 Juli, 1856 di Smiljan, di zona Perbatasan Militer Kekaisaran Austria-Hungaria, sekarang di Republik Kroasia. Ia menerima pendidikan di Austria yaitu Austria-Hungaria: sekolah dasar di Smiljan dan Gospic (1862-1870), dan sekolah menengah (Realgymnasium) di Karlovac (1870-1873). Dari 1875-1878 belajar di Politeknik di Graz, dan pada tahun 1880 ia terdaftar dalam studi filsafat alam di Charles University di Praha.

Pada periode 1881-1882 ia bekerja di Kantor Pusat Telegraph di Budapest. Di sini ia memulai karirnya sebagai penemu meningkatkan penguat suara untuk gagang telepon, dan pada Februari 1882 tiba pada gagasan medan magnet berputar.

Di tengah 1882 ia pergi ke Paris untuk bergabung Edison Continental Perusahaan, dan pada tahun 1883 pindah ke Strasbourg dan membuat prototipe motor induksi. Pada tahun 1884 ia pergi ke Amerika Serikat untuk mulai bekerja di perusahaan Edison. Pada tahun 1885 ia meninggalkan Edison, mendirikan sendiri "Tesla Arc & Light Co" dan mulai memproduksi motor dan generator untuk arus alternatif polyphase.


Paten pertama, "Komutator untuk dinamo - mesin listrik", diterapkan pada Kantor Paten pada tanggal 6 Mei 1885 diikuti oleh serangkaian paten pada regulator listrik lampu busur. Dari 1887-1890 ia menerapkan paten yang terkenal di polyphase alternatif, generator arus dan motor. Pada tanggal 16 Mei 1888, dia mengemukakan penemuannya dalam kuliah pertama tentang "Sebuah sistem baru motor dan transformer arus alternatif" untuk American Institute of Electrical Engineers (AIEE). Segera setelah kuliah itu, Co Westinghouse membeli 40 patennya atas arus polyphase. Di Pittsburgh (1888-1889), bersama dengan insinyur dari Co Westinghouse, ia terlibat pada realisasi praktis dari paten tersebut. Pada periode ini persiapan untuk pembangunan pembangkit listrik pertama di Niagara Falls menurut sistem Tesla dibuat. Pembangkit listrik pada 12 Januari 1895 dimasukkan ke dalam operasi dan pada waktu itu diperhitungkan sebagai keajaiban dunia.



Bidang lain penelitiannya adalah alternatif arus frekuensi tinggi dan efeknya. Pada tanggal 20 Mei 1891, ia memberikan ceramah kepada AIEE di New York pada "Percobaan dengan arus alternatif frekuensi sangat tinggi dan penerapannya dalam pencahayaan buatan" Pada tahun 1890 ia juga mempublikasikan hasil efek fisiologis dari arus frekuensi tinggi.

Dari 1891-1896 Tesla diterapkan paten pada osilator percikan ditambah dengan transformator resonansi yang diganti osilator Hertz dan induktor Ruhmkorf dalam penelitiannya. Selain itu ia juga diterapkan berbagai paten untuk alat bantu misalnya berbagai pemutus sirkuit, kondensor dll

Pada tahun 1892, atas undangan dari Royal Society di London dan Perancis Physical Society ia melakukan perjalanan ke London dan Paris untuk memberikan kuliah tentang "Percobaan dengan arus alternatif frekuensi potensial dan frekwensi tinggi." Selama tinggal di Eropa ia juga mengunjungi Beograd pada tanggal 2 Juni 1892.

Pada tahun 1893, dengan sistem dari empat sirkuit di resonansi ia menunjukkan bahwa sambungan, udara dengan tanah dan resonansi tiga unsur penting dari telegrafi nirkabel dan mempersiapkan jalan bagi penemuan radio modern.

Pada tahun 1895 ia melanjutkan penelitiannya dari arus frekuensi tinggi dan pengaruhnya terhadap gas langka menggunakan tabung Lenard. Dia adalah salah satu ilmuwan pertama di benua Amerika yang membuat foto X-ray dari tangan, sculls, lutut dan siku. Dia adalah yang pertama untuk menunjuk ke efek berbahaya dari paparan sinar panjang ini pada organisme manusia.

Pada tahun 1897 ia menerapkan berbagai paten dari bidang telegrafi nirkabel, dan pada tahun 1898 paten metode dan aparatus untuk mengendalikan mekanisme memindahkan kapal atau kendaraan. Di New York, ia melakukan percobaan dengan perahu remote control. Sebagai hasil dari paten ini, Mahkamah Agung jika Amerika Serikat yang diberikan kepadanya - meskipun post-mortem - prioritas dalam penemuan yaitu telegrafi nirkabel radio.


Nikola Tesla inside Colorado springs station





Dari 1899-1900 Tesla tinggal di Colorado Springs. Pada ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut dia membangun sebuah laboratorium dengan pemancar 200 kW. Dia juga dibangun generator dan transformer yang menghasilkan frekuensi dari puluhan ribu hertz dan potensi sampai dengan 12 juta volt, dan ditingkatkannya transformator tanpa biji untuk arus frekuensi tinggi, yang dikenal sebagai transformator Tesla. Dalam catatannya pada percobaan dari periode ini ia menyatakan bahwa gelombang stasioner menyebar melalui bumi sehingga efek ini dapat digunakan untuk transmisi nirkabel energi.

Paten dari daerah transmisi nirkabel energi yang diterapkan 1900-1902. Dari 1901 sampai 1905, bermaksud untuk menyadari "Dunia-Wireless-System," dia sibuk dengan pembangunan stasiun percobaan besar, pembangkit listrik dan sebuah menara udara besar di Long Island dekat New York. Namun, proyek ini tidak pernah selesai.




Kemudian (1909-1922), ia sibuk dengan teknik mesin, menciptakan jenis baru dari turbin, pompa, indikator kecepatan, aliran-meter dll pompa tanpa dayungnya yang saat ini sedang digunakan komersial.

Tesla menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di hotel "New Yorker" di New York, di mana ia meninggal pada tanggal 7 Januari 1943.

Sumber

Referensi :
U.S. Patent 350,954 - Regulator for Dynamo Electric Machines - 1886 October 19 - Automatic regulation of energy levels; Mechanical device to shift brushes.
Tesla and Lakhovsky
Tesla's ingenious design for the wireless transmission of electricity
Tesla Car Protection
Nikola TESLA Disc Turbine/Pump


jmw01
jmw01 jmw01 is offline
Continent Level

Post: 4.173
 
Reputasi: 360

__________________
Historian of the Month

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Nikola Tesla

keren den info nya

nikola tesla salah satu tokoh idolah ku

dan menginspirasi ku untuk menciptakan sebuah ufo

dari hasil hasil penemuan tesla
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Nikola Tesla

ckckck UFO lagi den Lolo?
jmw01
jmw01 jmw01 is offline
Continent Level

Post: 4.173
 
Reputasi: 360

__________________
Historian of the Month






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Nikola Tesla

Tesla itu ilmuwan yang underrated dan banyak "dibungkam".

Buatku, cuma ada 3 orang ilmuwan yang paling berpengaruh....Newton, Einstein dan Tesla....


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Nikola Tesla

di simpan di mana ya catatan catatan rancangan senjata pemusna massal atau di sebut Death Ray
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Nikola Tesla

Amrik gitu loooh.. produksi death ray udah dilaksanakan tapi masih rahasia
jmw01
jmw01 jmw01 is offline
Continent Level

Post: 4.173
 
Reputasi: 360

__________________
Historian of the Month






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Nikola Tesla

ooo baru tau ternyata trafo trafindo yang sering saya cari cikal bakalnya dari nikola tesla i see
cengcengpho cengcengpho is offline
Village Level

Post: 35
 
Reputasi: 0

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
cengcengpho
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.