Makhluk Ghaib dalam cerita harry potter

satriani

New member
peri rumah
dobby3.jpg


Peri Rumah memiliki bentuk seperti manusia kecil –walaupun jelas terlihat berbeda dari manusia– yang menghabiskan hidup mereka untuk melayani sebuah keluarga, institusi, dan lain-lain. Kecuali mereka dibebaskan, keturunan mereka akan melanjutkan tugas-tugas mereka. Berbeda dengan seorang budak, Peri Rumah betul-betul bahagia dalam perbudakan mereka dan hampir seluruhnya beranggapan bahwa bila mereka sampai dibebaskan, itu adalah kenistaan besar. Ras ini tidak memiliki kebudayaan sendiri dan keberadaan mereka hanya untuk melayani. Memiliki Peri Rumah merupakan simbol status dari seseorang atau suatu keluarga, sementara sikap pengabdian yang sedemikian dalam menyebabkan Peri Rumah dianggap sebagai warga kelas dua di dunia sihir

goblin
Gobelin.jpg


memiliki tinggi berkisar antara 30 cm sampai dengan 2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau.

Dalam cerita rakyat Eropa, Goblin merupakan bangsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan bertelinga runcing.

Goblin erat kaitannya dengan api dan memiliki kemahiran untuk menciptakannya.

Menurut versi lain dalam beberapa dongeng dan kisah fantasi, Goblin merupakan bangsa makhluk yang buas dan ganas. Mereka tinggal di gua-gua yang gelap atau di bawah tanah. Ras mereka diidentikkan dengan makhluk jahat dan merupakan petarung yang brutal. Mereka dilukiskan sebagai makhluk berbadan tegap seperti manusia, berkulit hijau, telinganya lancip, dan berwajah sangar dan mengerikan. Kadang-kadang mereka menculik bayi dan memangsa manusia.

Kadangkala Goblin juga memiliki keahlian dalam kegiatan perniagaan dan keuangan. Dalam kisah Harry Potter, Goblin memiliki kecakapan dalam perbankan dan dalam game World of Warcraft mereka memiliki keahlian dalam menjual rumah.

Dementor
dementor.jpg


Dementor merupakan sejenis makhluk yang ditugaskan untuk menjaga Penjara Azkaban sehingga mereka memberontak dan menyertai Lord Voldemort. Dalam buku ketiga, Dementor telah dibebaskan dan ditempatkan di tempat-tempat tertentu untuk menangkap Sirius Black yang telah melarikan diri dari penjara.

Dementor menghisap segala kenangan kegembiraan dan kebahagiaan seseorang hingga tinggal segala kesedihan dan ketakutan yang tinggal di kepala. Perkara tersebut sering membuatkan tawanan Azkaban gila dan membunuh diri. Makhluk ini juga merupakan perkara yang paling ditakuti dan ini disahkan apabila boggart memberikan bentuk dementor ketika tugas ketiga Kejahatan Triwizard dalam Harry Potter dan Piala Api.

Kecupan Dementor adalah istilah yang digunakan bagi merujuk perlakuan dementor menghisap jiwa seseorang sehingga jasad itu kosong atau lebih teruk daripada mati.

Thestral

1194207785_f.jpg


makhluk gaib berbentuk seperti kuda dengan sayap mirip sayap kelelawar dipunggungnya. hanya penyihir yang pernah menyaksikan kematian sajalah yang bisa melihat dan berinteraksi dengan thestral. meski tampangnya cukup angker, thestral pada dasarnya lebih sebagai herbivora yang jinak seperti kuda walaupun menyukai bau darah

Unicorn
unicorn.jpg


Unicorn adalah makhluk dalam legenda yang wujudnya merupakan kuda, dengan sebuah tanduk di dahinya (kata “cornus” dalam bahasa Latin dihubungkan dengan kata “horn” yang berarti tanduk). Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi.

veela
Veela.jpg


Vila (atau Wila, Wili, Veela) adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Vila berwujud seperti peri atau nimfa. Vila memiliki kekuatan untuk mengendalikan badai, yang sering mereka manfaatkan untuk menyerang para pengelana. Vila tinggal di padang, kolam, samudra, pohon, dan awan. Mereka disebut Wiła (diucapkan [ˈviwa]) dalam mitologi Polandia.

Vila dipercaya sebagai arwah dari para perempuan yang bertindak sembrono semasa hidupnya sehingga terjebak antara dunia kehidupan dan kematian. Vila bisa berubah menjadi angsa, kuda, dan serigala, namun biasanya mereka berwujud sebagai perempuan cantik telanjang atau berpakaian putih dengan rambut panjang. Jika satu helai saja rambut Vila tercabut, maka Vila tersebut akan mati atau kembali ke bentuk asalnya. Manusia bisa mengontrol Vila dengan mencuri bulu dari sayap Vila. Namun bila sang Vila berhasil mendapatkan bulunya kembali maka Vila tersebut akan langsung menghilang.

Suara Vila sangat menawan sampai-sampai orang yang mendengarnya akan lupa makan, minum, dan tidur hingga berhari-hari. Meskipun memiliki daya pikat, Vila adalah prajurit yang tangguh. Dikatakan bahwa bumi berguncang ketika mereka bertempur. Vila memiliki kekuatan meramal dan kadang-kadang mau membantu manusia. Di lain waktu, Vila memikat para pria untuk menari bersama, yang bisa berakibat baik dan buruk tergantung sang Vila. Mereka menunggangi kuda atau rusa dan berburu dengan panah. Tarian Vila meninggalkan jejak di rumput, dan jika jejak itu diinjak oleh manusia maka akan membawa nasib buruk.

Persembahan untuk Vila antara lain kue bundar, pita, buah segar, sayuran atau bunga. Persembahan itu disimpan di pohon keramat, mata air, dan di gua yang dipercaya dihuni oleh Vila.

Dalam cerita rakyat Kroasia, pegunungan mistis Velebit terkenal dihuni oleh Vila, yang disebut Velebitska Vila atau Vila Velebita ("Vila dari Velebit"). Di sana, Vila digambarkan sebagai makhluk yang baik dan merupakan penjaga pegunungan Velebit. Mitos Vila Velebit ini cukup populer dan menjadi inspirasi untuk berbagai kisah dan lagu di Kroasia.

Dalam mitologi Serbia, nama-nama Vila adalah Andresila, Andjelija, Angelina, Djurdja, Janja, Janjojka, Jelka, Jerina, Jerisavlja, Jovanka, Katarina, Kosa, Mandalina, Nadanojla and Ravijojla.[1] Ravijojla adalah Vila yang paling terkenal,[1][2] sementara Jerisavlja dianggap sebagai pemimpn mereka.[3]
 
Last edited:
were wolf dong :D

144030-bigthumbnail.jpg


ya betul, warewolf :D

remus lupin as a warewolf :

Manusia serigala, likantrof, atau likan adalah sebuah mitos dari Eropa kuno berupa makhluk monster setengah manusia setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba, yang mana kekuatan mistiknya mencapai puncaknya. Dalam mitologi tersebut, manusia serigala senantiasa akan memburu manusia dan barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan peluru perak.

Istilah lain
Likantrofi adalah istilah serapan yang berasal dari Yunani Kuno lykánthropos (λυκάνθρωπος): λύκος, lýkos ("serigala") + άνθρωπος, anthropos ("manusia"). [1] Senyawa kata "lyc-" berasal dari akar Bahasa Proto-Indo-Eropa "*wlkwo-", yang berarti "serigala", secara resmi menyatakan transformasi "serigala - laki-laki" . Likantrofi adalah salah satu bentuk theriantrofi, yaitu kemampuan untuk bermetamorfosisatau bertransformasi menjadi hewan pada umumnya. Istilah theriantrof secara harfiah berarti "manusia binatang". Kata ini juga telah dikaitkan dengan manusia serigala asli dari mitologi klasik Yunani Kuno, Lycaon, raja Arkadia yang menurut puisi "Metamorfosis" karya Ovid, diubah menjadi serigala rakus oleh Zeus sebagai pembalasan karena berusaha supaya anaknya dapat mengunjungi Zeus dalam upaya untuk menyangkal keilahian sang dewa Yunani tersebut.

Ada juga sebuah penyakit mental yang disebut likantrofi di mana pasien percaya bahwa dirinya telah berubah menjadi binatang dan berperilaku sesuai binatang tersebut. Penyakit ini kadang-kadang disebut sebagai "likantrofi klinis" untuk membedakannya dari penggunaannya dalam legenda. Meskipun asal-usul kata ini adalah dari sebuah istilah transformasi manusia-serigala, likantrofi digunakan dalam pengertian ini untuk hewan jenis apa pun. Arti lebih luas ini sering digunakan dalam referensi fiksi modern, seperti karakter Likantrof dalam permainan peran asing Dungeons & Dragons.

Istilah kuno lain untuk perubahan bentuk antara bentuk-bentuk binatang apapun adalah versipelis. [2] Kata latin ini adalah sama artinya dengan kata-kata lain yang digunakan untuk manusia serigala maupun makhluk lain yang dapat berubah bentuknya dalam Bahasa Rusia (oboroten) dan Bahasa Norwegia Lama (hamrammr).

Nama Perancis untuk manusia serigala yang kadang-kadang digunakan dalam bahasa Inggris, adalah Loup-garou (pengucapan / luga 'ru /). Loup dari kata nomina latin lupus yang berarti "serigala". [makanya di harry potter namanya lupin kali ya :D], sedang elemen frase kedua dianggap dari Bahasa Perancis Lama garoul yang berarti "manusia serigala". Hal ini pada gilirannya kemungkinan besar dari Bahasa Franka *wer-wulf yang berarti "manusia-serigala." [4]



alien juga dong

emang ada alien di harry potetr den ? >%|
 
oh oh ituu, animagus ahahahay. Infonya dong, nanti dikasih reppu kokss

Tonks1.jpg

nymphadora tonks, seorang animagus berbakat alami

kalo animagi (penyihir yang bisa animagi disebut animagus) bukan makhluk sihir kaka, dia lebih ke kemampuan sihirnya yang ga diperoleh semua penyihir (semacam bakat). seperti kemampuan parseltongue. contohnya sirius black ketika menjadi seekor anjing hitam. atau nymphadora tonk yang punya kemampuan animagi sejak lahir dan minerva mcgonnagal yang animagus kucing, dan tentunya james potter yang animagus rusa jantan.

mungkin ada pertanyaan, kalo warewolf juga animagi ? bukan. warewolf adalah makhluk sihir. karena dia tidak bisa mengendalikan kemampuan animaginya. sama halnya dengan si peter pettigrew yang memerlukan tongkat sihir untuk berubah menjadi tikus. itu adalah sihir transfigurasi.

animagus sangat dipantau oleh kementrian sihir, karena harus dipastikan bahwa ketika mereka menjadi hewan mereka harus dapat kembali menjadi manusia.

:D

leppu leppu
 
Last edited:
Troll
troll.gif


kalo troll yang sebenarnya itu adalah makhluk buas sejenis raksasa dengan intelejensi yang rendah dalam cerita-cerita rakyat Skandinavia. Mereka hidup di gua-gua yang dalam dan gelap, atau di dalam tanah. Mereka berukuran lebih besar daripada manusia dan memiliki tenaga yang besar. Karakter Troll mirip dengan Ogre, dalam cerita rakyat Inggris.

Dalam kisah-kisah fiksi fantasi atau games, karakter Troll sering dipinjam sebagai karakter pendukung. Dalam kisah The Lord of The Rings, Troll digunakan sebagai tenaga pengangkut beban yang berat atau sebagai pasukan penghancur dari kerajaan kegelapan Mordor. Bersama para Orc, Troll menyerbu kerajaan Gondor. Dalam kisah Harry Potter, Troll sebagai makhluk raksasa yang dikurung di bawah tanah.
 
Leprecaun
leprechaun-13.jpg


Leprechaun (bahasa Irlandia: leipreachán) dalam mitologi Irlandia adalah sebangsa peri jantan yang mendiami daratan Irlandia.

Bersama peri-peri lainnya, Leprechaun mendiami daratan Irlandia sebelum kedatangan bangsa Celtic. Mereka digambarkan sebagai lelaki tua yang senang berbuat nakal. Mereka berdagang dengan menjual batu kerikil atau menjadi pembuat sepatu. Mereka dikatakan sangat kaya.

dalam novel harry potter, leprechaun muncul di buku goblet of fire, sebagai "cheerleaders" nya tim quidditch irlandia di acara final piala dunia quidditch yang disaksikan harry dan keluarga weasley. mereka "berdansa" sambil menebar koin koin emas, tapi ternyata setelah satu jam, koin emas itu akan hilang secara ghaib. karena pada dasarnya leprechaun adalah makhluk yang jahil dan kikir. meskipun mereka kaya
 
BANSHEE


kata kata banshee muncul di harry potter 7 (deathly hallowS), pada saat hermione granger memilih2 buku untuk dibawa mencari horcrux, dia membuang buku berjudul Break with Banshee

Banshee dalam dunia modern sering hadir dengan sosok menyeramkan seperti hantu ganas lainnya.Penggambaran yang begitu menyeramkan ini ternyata disebabkan oleh legenda Irlandia atau Skotlandia yang menyebutkanpara Banshee berasal dari roh wanita yang gentayangan karena dibunuh, atau wanita yang meninggal saat melahirkan.Tapi penggambaran ini ini sangat bertolak belakang dengan sejarah mengenai peran mereka yang sebetulnya jauh dari sifat sadis.

Kata Banshee disinyalir berasal dari bahasa Irlandia yaitu bean sidhe atau bean si,yang mempunyai arti "wanita dari dunia peri". Sedangkan dalam bahasa Scottish Gaelic,Banshee memiliki artian sebagai people of peace atau "orang-orang yang membawa kedamaian". Dalam mitologi Irlandia, Banshee dikenal sebagai roh wanita yang menandakan bahwa kematian sudah dekat. Oleh karena itu makhluk tersebut juga terkenal dengan julukan pengantar pesan kematian.

Beberapa theolopist dan penganut Celtic Christians bahkan percaya bahwa sosok Banshee adalah para malaikat yang jatuh dan terjebak di bumi. Yang menyebabkan Banshee dimunculkan sebagai sosok yang menakutkan mungkin ada kaitannya dengan perannya sebagai dewi kematian. Banyak ragam cerita yang memaparkan cara Banshee memberitakan kematian.

Contoh yang paling sederhana adalah jika sesosok Banshee muncul di sebuah rumah maka salah seorang anggota keluarga di rumah tersebut akan meninggal. Ada juga kepercayaan bahwa para Banshee memberi pertanda kematian dengan menyanyikan lagu berisi lirik-lirik kematian sendu pada keluarga tersebut, entah dinyanyikan oleh dia sendiri atau merasuk anggota keluarga berjenis kelamin wanita.

Makhluk ini dipercaya memiliki kaitan erat dengan beberapa keluarga bangsawan Irlandia seperti O’Gradys, O’Neills, O’Briens, O’Connors serta Kavanagh. Jika ada anggota keluarga tersebut yang pergi jauh untuk tugas atau berperang lalu meninggal, maka Banshee bakal memberitahu anggota keluarganya dengan menyanyikan lagu duka disekitar rumah. Biasanya mereka bernyanyi tepat pada saat orang itu meninggal, bahkan sebelum berita kematian dibuat dan disampaikan pihak berwenang.

Jika sekelompok Banshee muncul secara bersamaan maka hal itu menandakan orang yang meninggal adalah pahlawan hebat atau orang suci. Uniknya nyanyian Banshee bakal berbeda-beda tergantung dari hubungan sang Banshee dengan orang yang meninggal atau keluarganya. Bila memiliki hubungan baik maka ia menyanyikan lagu bernada lembut untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan. Tapi jika tidak menyukai keluarga atau orang yang meninggal, nyanyiannya (meski tetap sendu) bernada keras dan menyeramkan. Bahkan konon sang Banshee akan mengabarkan kematian orang yang tidak disukainya lewat jeritan yang mengerikan!!

Ada juga kisah yang menyebutkan bahwa apabila seseorang meninggal akibat perang atau pertumpahan darah, selain menyanyi lagu maka Banshee akan muncul di sungai terdekat rumah anggota keluarga dari orang yang meninggal sambil mencuci jubah atau bajunya yang berlumuran darah.

Menurut legenda apabila kita berpapasan dengan Banshee yang sedang membasuh baju kemudian menyapanya dengan sangat ramah maka kita akan mendapatkan kepercayaan mereka. Dengan begitu maka ia bakal memberitahu nama anggota keluarga yang akan meninggal nanti, maupun mengabukan satu permohonan kita. Namun tidak mudah menyenangkan para Banshee karena mereka hanya menyukai orang-orang pintar, khususnya yang piawai dalam bermusik dan berpuisi.

Terdapat beberapa versi cerita mengenai penampakan Banshee; kadang ia menampakan diri sebagai seorang wanita tua namun ia bias juga menjelma sebagai seorang wanita cantik. Biasanya ia muncul dengan mengenakan pakaian putih atau abu-abu dengan rambut yang panjang dan indah. Dalam berbagai mitos dijelaskan bahwa para Banshee sangat menyukai rambut mereka yang indah dan rajin menyisir rambutnya dengan sisir perak yang indah.

Dalam dongeng tradisional Irlandia dipaparkan bahwa jika kita menemukan sisir yang nampak mahal dan indah tergelatak di jalan maupun di Ireland, kita tidak boleh menyentuhnya apabila mengambilnya. Pasalnya sisir yang tergeletak tersebut dipercaya disimpan secara sengaja oleh mereka, dan orang yang mengambilnya bakal dijahili atau diganggu oleh para Banshee. Meski tidak disebutkan bahwa gangguan mereka dapat berakibat fatal namun mereka bisa menyesatkan kita sehingga tidak dapat menemukan jalan untuk pulang.

Sebagai bukti Banshee bukanlah sekedar isapan jepol atau imajinasi orang-orang Irlandia, sampai saat ini masyarakat Irlandia memiliki beberapa tempat khusus yang dipercaya sebagai tempat tinggal para Banshee. Misalnya sebuah kuil yang terletak di istana Dunluce yang dipercaya menjadi tempat tinggal Banshee yang terikat dengan keluarga O’Donnels. Keluarga O’Neills bahkan punya nama untuk Banshee mereka yaitu Maeveen.

Ketika ada keluarga O’Neills yang meninggal, dikabarkan bahwa Maeveen akan muncul di kastil O’Neill dengan wujud seorang wanita tua dengan gaun putih yang sangat panjang. Bukti penampakkan Banshee tercatat di Dublin pada tanggal 6 Agustus 1801, ketika Lord Rossmore sebagai pimpinan pasukan militer Inggris di Irlandia meninggal. Sahabatnya yaitu Sir Jonah Barrington terbangun karena mendengar nyanyian yang berasal dari luar jendela. Setengah jam kemudian ia kembali mendengarkan suara lembut yang menyebut nama Rossmore sebanyak tiga kali,dan tepat pada saat itulah Lord Rossmore meninggal!!

Sir Jonah Baringgton menyatakn kejadian tersebut sebagai pengalaman yang mengerikan dalam hidupnya. Dan untuk para staff di kediaman Rossmore, kejadian tersebut adalah bukti keberadaan Banshee
 
GHOUL


Ghoul salah satunya muncul di Harry Potter 7 (deathly Hallows) dimana Ronald Weasley mennunjukan Ghoul yang telah didandani sedemikian rupa agar mirip dengan dirinya ketika terkena spattergoit untuk menipu para pelahap maut dan penyihir kementrian yang mencarinya ketika dia ikut mencari Horcrux bersama Hermione Granger dan harry Potter.

Spattergoit adalah penyakit sihir yang sangat menular dan mengakibatkan seluruh tubuhmu ditumbuhi bisul bernanah sampai ke lidah sehingga bahkan untuk berbicara pun kamu akan kesulitan

Ghoul adalah monster dari mitos Arab kuno yang tinggal dalam ruang bawah tanah berapi dan ditempat-tempat dimana tidak ada mahluk hidup lainnya tinggal. Ghoul atau dalam bahasa Arab Ghul, yang namanya berarti Iblis.

Ghoul juga merupakan tipe dari Jin yang jahat. Ghoul memiliki jenis perempuan yang dinamakan Ghouleh. Ghoul juga hidup dalam gurun-gurun pasir, bisa merubah bentuknya menjadi binatang, terutama Hyena. Umpan bagi para pelancong yang tidak waspada ketika berada di gurun, Ghoul akan membunuh dan memangsa mereka. Mahluk ini juga suka memangsa anak kecil, mencuri mayat dikuburan dan memakan mereka yang sudah mati.
Kebiasaan penggunaan istilah Ghoul kadang digunakan bagi mereka pencuri-pencuri makam dan juga siapapun yang menyukai hal-hal yang sadis. Bintang bernama Algol diambil dari nama mahluk ini.
 
Jembalang

Jembalang tanah merujuk kepada semangat atau makhluk halus yang terdapat dikawasan hutan dara. Jembalang tanah dikatakan berasal daripada urin atau tali pusat bayi yang ditanam di kawasan hutan.

susah banget nyari gambarnya :( yang jelas jembalang biasa muncul di kebun2 kalo dalam cerita Harry Potter

Boggart
Boggart adalah pengubah-bentuk, dia bisa berubah menjadi bentuk apa saja yang dia pikir paling menakutkan bagi kita. Boggart menyukai temapt-tempat tempat-tempat tertutup yang gelap, lemari pakaian, kolong tempat tidur, lemari perabot dan temapt gelap dan sempit lainnya. Boggart yang masih berada di dalam tempat yang gelap belum mempunyai bentuk, karena dia belum tahu apa yang membuat seseorang takut. Banyak anak Muggle yang menyebut mereka dengan sebutan 'Monster dibawah tempat tidur'. Boggart dapat ditaklukkan dengan tekad yang kuat dan mantra riddikulus.
boggart.jpg


Gryndilow
Gryndilow atau monster air bertanduk berwarna hijau pucat, terdapat di danau-danau seluruh Inggris dan Irlandia. Mereka hidup dari ikan-ikan kecil dan bersikap agresif terhadap penyihir maupun Muggle, meski manusia duyung telah menjinakkan mereka. Gryndilow mempunyai jari-jari panjang yang bisa mencengkram sangat kuat, namun mudah patah.
review_merperson_3.jpg
 
Bassilisk
Herpo yang Keji, Penyihir Yunani yang juga seorang Palsemouth telah melakukan banyak eksperimen menemukan bahwa telur ayam yang dierami seekor katak akan menetaskan seekor ular raksasa yang memiliki kekuatan yang amat berbahaya. Basilik adalah ular berawarna hijau terang yang panjang bisa mencapai 15 meter. Basilik jantan memiliki bulu-bulu merah tua di kepalanya. Taring hewan ini sangatlah berbisa, namun alat serangnya yang paling berbahaya adalah tatapan mata besarnya yang berwarna kuning. Siapapun yang menatap mata itu akan mati mendadak. Bila sumber makanannya cukup (Hewan ini memakan semua jenis mamalia, burung, dan reptil), ular ini bisa mencapai umur yang panjang, dan dipercaya bisa mendekati umur 900 tahun. Pembiakkan Basilik dinyatakan melanggar hukum sejak Abad Pertengahan.
basilisk.jpg
 
Back
Top