Shaggy Dog Duta Besar Pelestarian Orangutan

zoeratmand

New member
Shaggy-Dog-450x300.jpg


Sudah dua tahun ini Shaggy Dog menjadi duta besar pelestarian Orangutan. Shaggy Dog diajak kerjasama oleh Centre for Orangutan Protection (COP), lembaga perlindungan orangutan yang aktif berkampanye pelestarian orangutan di Indonesia.

Shaggy Dog dan COP menyampaikan laporan observasi terhadap lembaga-lembaga konservasi ex situ (konservasi luar habitat) Orangutan kepada media massa baik cetak maupun elektronik di Jogja Gallery, Kamis (9/2).

Daniek Hendarto, ahli konservasi Ex situ COP mengatakan keberadaan Shaggy Dog banyak membantu kampanye perlindungan orangutan yang dilakukan COP dengan cara Shaggy Dog sendiri . Shaggy Dog juga ikut aktif ambil bagian dalam observasi lembaga konservasi ex situ.

“Shaggy Dog terlibat aktif dengan COP dengan ikut aktif ambil bagian di beberapa kebun binatang sekitar Yogyakarta,” ujar Daniek Hendarto, Kamis (10/2).

Personil Shaggy Dog, Odyse Senco menerangkan keberadaan Orangutan sebagai spesies primate yang harus dilindungi pada kenyataannya tidak bisa dilindungi namun sebaliknya sering terjadi penyiksaan terhadap orangutan. Selain itu orangutan juga belum mendapatkan fasilitas untuk hidup secara layak.

“Orangutan sering disiksa, air bersih tidak ada,” kata Odyse yang terlibat langsung melakukan observasi terhadap lembaga conservasi ex situ bersama COP.

“ Orangutan itu aset kekayaan Indonesia sudah selayaknya diperhatikan keberadaannya,” kata Heru Wahyono, vokalis Shaggy Dog seraya meminta keberpihakan pemerintah terhadap orangutan harus jelas.

Heru menerangkan, sebagai band merasa mampu untuk melakukan sesuatu untuk alam dan bumi. Shaggy Dog secara khusus memang berusaha ikut melestarikan orangutan tapi juga bumi.

“Kalau aku pribadi yakin, kita semua berasal dari alam, kita ngga mungkin punya segala macam tanpa alamkarena dulu bumi ituhutan juga jadi saya kira kita melakukan sesuatu tidak hanya untuk orangutan secara khusus tapi juga bumi secara umum,” terang Heru.

Shaggy Dog memang tidak menghabiskan waktu untuk ikut COP melakukan kampanye perlindungan orangutan tapi mereka mengkampanyekan pelestarian orangutan melalui konser-konser yang dilakukan Shaggy Dog.

Selain itu, kampanye pelestarian orangutan juga dilakukan Shaggy Dog melalui internet bekerjasama dengan website COP serta menciptakan lagu dengan pesan pelestarian orangutan.

“Paling simple kita mengajak penonton mengunjungi website (website COP), tidak usah mengajak bergabung dulu,” kata Heru seraya menambahkan Shaggy Dog memberi penekanan kepada anak muda agar mereka tahu mengapa harus melindungi orangutan.

“Orangutan itu aset tapi anak-anak muda tidak tahu ternyata orangutan itu dari Indonesia,” ujar Heru.

Sumber
 
Last edited:
Back
Top