"95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[World] "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"






Fosil ular yang ditemukan memiliki kaki.


Dari penelitian terbaru terhadap fosil ular yang diperkirakan telah berusia 95 juta tahun, terungkap bahwa ada dua tulang kaki kecil yang tersambung ke tulang pinggul hewan tersebut.

Seperti dikutip dari LiveScience, 10 Februari 2011, fosil yang ditemukan di Libanon tersebut berasal dari zaman di mana ular belum kehilangan tungkai belakang mereka.

Rekonstruksi tiga dimensi terhadap tulang tersebut akan segera dilakukan untuk membantu para peneliti memahami bagaimana ular berevolusi hingga kehilangan kakinya itu.

Adapun perdebatan yang menghangat di kalangan paleontologist adalah apakah nenek moyang ular berkaki itu merupakan kadal yang berenang di air atau kadal yang melata di darat.

“Sebuah tulang kaki berukuran panjang satu inci (sekitar 2,5 centimeter) terlihat pada fosil ular Libanon. Sayangnya, separuh bagian panggul ular itu terkubur di dalam batu,” kata Alexandra Houssaye, peneliti dari Museum National d’Histoire Naturelle, Paris, Perancis.

Ular yang panjangnya 19 inci (sekitar 50 centimeter) ini merupakan Eupodophis descouensi, yang merupakan satu dari tiga fosil ular yang pernah ditemukan memiliki kaki. “Membongkar batu untuk menemukan satu kaki lagi tidaklah dimungkinkan,”

Untuk itu, peneliti akan menggunakan teknik yang disebut sebagai synchrotron-radiation computed laminography (SRCL). Serupa dengan pemindaian medis CT scan, SRCL menggunakan sinar X untuk menggambarkan struktur internal dari sebuah objek, namun dengan resolusi 1.000 kali lebih tinggi.

Dari pemindaian, terlihat kaki yang tersembunyi di dalam batu itu bertekuk di bagian lutut. Akan tetapi, kaki itu tidak memiliki telapak dan tulang jari.

“Struktur tulang kaki yang tersimpan rapi di dalam batu ini serupa dengan struktur tulang milik kadal darat,” kata Houssaye. “Meski demikian, satu penelitian saja tidak akan bisa memastikan apakah ular ini punya nenek moyang hewan air atau hewan darat,” ucapnya.

Meski demikian, Houssaye menyebutkan, anatomi tulang milik ular itu menunjukkan bahwa evolusi telah menghilangkan kaki milik ular bukan dengan mengubah cara tulang itu tumbuh. “Kemungkinan, kaki itu tumbuh melambat atau semakin pendek,” ucapnya.

Eksperimen tersebut, menurut Houssaye, merupakan eksperimen pertama yang menggunakan teknik SRCL di dunia paleontology, dan masih banyak yang perlu dianalisa. “Langkah selanjutnya adalah menganalisa fosil tulang belakang ular lainnya, mengamati tungkai ular dan kadal hidup dan menganalisa fosil ular tertua yang pernah ditemukan,"
jamil
jamil jamil is offline
Continent Level

Post: 2.102
 
Reputasi: 194

__________________
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

sumber??


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

2 kaki ya? weewwm gimana jalannya siular!
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
sumber??


-dipi-
saya bantu aja deh den jamil berikan sumber
http://id.news.yahoo.com/viva/201102...i-078ed6a.html

sumber sangat penting
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.008
 
Reputasi: 44






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

ohhh iaya saya lupa....terimakasih Dipi76
jamil
jamil jamil is offline
Continent Level

Post: 2.102
 
Reputasi: 194

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

Kutip:
Oleh misa_chan View Post
2 kaki ya? weewwm gimana jalannya siular!

mungkin si ular jalannya seperti Komodo kali...
jamil
jamil jamil is offline
Continent Level

Post: 2.102
 
Reputasi: 194

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

wewwwwwwwwwwwww ngeri juga ya kalau ular masih punya kaki di zaman sekarang
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.403
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

Kutip:
Oleh jamil View Post
mungkin si ular jalannya seperti Komodo kali...
mending komodo ada tambahan 2 kaki lagi dibelakang
kalo ular 2 kaki, ngesot dong ntar yak bang
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

menurut legenda sih..
dulu..
ular itu cantik kayak Unta.. punya kaki.. dan lidahnya gak bercabang..
karena ular dulu ikut-ikutan ama setan, membujuk Ibu Hawa, supaya ikut ngebujuk Ayah Adam makan buah khuldi.. jadilah seperti sekarang.. -_-a
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: "95 Juta Tahun Lalu, Ular Punya Kaki"

Ular (snake) itu adalah hasil evolusi dari kakek moyang sejenis kadal (lizard).

Dulu nenek moyang ular itu punya empat kaki. Nah di VCD Discovery The snake di situ dilihatin pada rangka ular piton masih terdapat sisa tulang tungkai kaki meskipun tidak tumbuh keluar.

Harga versi bajakan Rp 5,000 atau yang asli Rp 30,000, pilih saja sesuai isi kantong. Tapi kalau ada duit wajib beli yang origiunal itu masalah copyright!!!

Tahun 1995-an gue pernah liat di TV ttg flora dan fauna ada ular yang punya empat kaki tapi karena bentuk tubuhnya terlalu panjang jadi kakinya menggantung diseret-seret!

Gue lagi coba cari di internet tentang ular yang masih ada empat kaki luar artikel sih dapat tapi kok nggak ada yang melengkapi dengan gambar ular yang masih berkaki.

Di Kitab Kejadian sendiri kan mengisyaratkan hal itu! ular dikutuk Tuhan "mulai sekarang kamu hai ular berjalan dengan perut!" dari sini kan dapat dilogika kan bahwa dulu ular berjalan tidak melalui perut ... yaitu kaki.

materi referensi:
http://dinosauruszone.blogspot.com/
http://id.answers.yahoo.com/question...3065144AAPOlT9




Sebuah ular dengan kaki mencakar tunggal telah ditemukan di China, menurut laporan.Dean Qiongxiu, 66, mengatakan ia menemukan reptil menempel ke dinding kamar tidurnya dengan cakar di tengah malam.
“Aku terbangun dan mendengar suara menggaruk asing, Aku berbalik. Lampu dan melihat ini rakasa bekerja dengan cara di sepanjang dinding menggunakan cakar nya,” kata Mrs Duan dari Suining, Cina barat daya. Nyonya Duan mengatakan dia sangat takut dia mengambil sepatu dan mengalahkan ular mati sebelum melestarikan tubuhnya dalam botol alkohol. Panjang ular ini 16 inci.





Ular ahli Long Shuai berkata: “Ini benar-benar mengejutkan tetapi kita tidak akan tahu penyebabnya sampai kita telah melakukan autopsi.”







Sebuah mutasi lebih umum di antara ular adalah pertumbuhan kepala yang kedua, yang terjadi dalam cara yang mirip dengan pembentukan kembar Siam pada manusia.







hewan tersebut sering tertangkap dan dipelihara sebagai token beruntung tetapi memiliki kesempatan yang sangat sedikit yang masih hidup di alam bebas pula, terutama sebagai kepala memiliki kecenderungan untuk menyerang satu sama lain.





sumber: http://dunia-panas.blogspot.com/2010...ditemukan.html
http://www.beritaunik.net/unik-aneh/...-di-china.html




Hoooooyy.... kalo penelusuran diatas memuaskan, jadikan post aku sebagai Solve answer yah
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.426
 
Reputasi: 547

__________________

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
remaja 12 tahun raih Rp. 26 juta dari "MOZILLA" louisiana Politik, Ekonomi & Hukum 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.