Mengurus Visa Untuk Tujuan Eropa

Dipi76

New member
Mengurus Visa itu bagaikan berjudi, penuh dengan ketidakpastian dalam hal di-approve atau enggaknya. Inilah bagian paling sulit yang harus kita lewati saat kita merencanakan melakukan perjalanan ke negara tertentu. Tapi jangan khawatir soal visa untuk ke eropa, yang kalo dari pengalaman saya, di-approve-nya jauh lebih mudah daripada visa ke USA misalnya.

Kalau kita merencanakan perjalanan ke Eropa, yang perlu jadi perhatian adalah jenis Visanya. Kalau kita merencanakan melakukan perjalanan ke Inggris Raya, yang kita butuhkan adalah apply UK Visa sebagai syarat untuk dapat masuk ke United Kingdom yaitu England, Scotland, Ireland, dan Wales. Sedangkan kalau kita hendak melakukan perjalanan ke Eropa daratan, ini jauh lebih simpel karena ada yang namanya Schengen Visa. Visa jenis ini adalah visa yang dikeluarkan oleh negara-negara eropa kontinen yang menandatangani kesepakatan Schengen. Negara-negara itu meliputi Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Jerman, Islandia, Itali, Latvia, Lithuania, Luxemborg, Malta, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugis, Rep Ceko, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Switzerland dan Yunani. Yang artinya, anda cukup hanya mengajukan aplikasi ke salah satu negara tersebut, dan bisa dipakai untuk melakukan perjalanan ke daftar negara-negara itu.

Sebagai contoh, anda bisa mengajukan aplikasi ke kedutaan Rep Ceko jika tujuan utama anda adalah negara itu. Apabila anda tidak punya tujuan utama, anda harus mengajukan permohonan visa ke salah satu perwakilan negara Schengen di negara paling awal dikunjungi. Waktu yang diperlukan untuk memproses visa tergantung dari kasus masing-masing, akan tetapi pada umumnya anda akan mendapat jawaban dalam waktu 2 minggu. Kedutaan menyarankan pemohon untuk mengajukan permohonan jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Visa yang Anda minta bisa berupa Tourist Visa, Transit Visa, atau Business Visa. Jika tujuan utama Anda adalah jalan-jalan maka seharusnya Anda meminta visa turis.
 
Last edited:
Maaf salah pencet...jadinya udah langsung ke posting, padahal masih banyak yang mau ditulis....:))

Ok...lanjut yee...

Di Jakarta, kita mengurus UK Visa ke VFS, sebuah perusahaan agent yang ditunjuk oleh British Embassy untuk melayani aplikasi Visa. Jadi kita tidak berurusan langsung dengan kedutaan Inggris. Kantornya terletak di Plasa Asia, Jl. Jendral Sudirman, tepat di seberang FX Mall. Formulir visa sudah tidak dipakai lagi karena Anda bisa mengisi secara online dari link website VFS. Sedangkan Schengen Visa dapat diajukan ke kedutaan negara Schengen seperti Jerman, Italia, Belanda, Perancis, dll. Umumnya kedutaan mereka ada di sekitar Kuningan atau Menteng dan Anda harus datang sendiri untuk menyerahkan dokumen dan diwawancara. Formulir visa dapat diminta di kedutaan atau biasa di-download dan di-print ke kertas.

Seperti yang udah saya tulis di postingan pertama, Kira-kira aturan negara Schengen yang mau menerima aplikasi Anda adalah:
  • Negara yang menjadi destinasi utama Anda (bisa dibilang tempat Anda paling lama tinggal)
  • atau jika tidak dapat ditentukan, maka adalah Negara Schengen pertama yang Anda masuk
Sebagai gambaran, persyaratan umum yang diminta jika Anda mengajukan visa kunjungan adalah:
  • Formulir permohonan Visa yang sudah diisi
  • Passport dengan masa aktif lebih dari 6 bulan
  • Pas foto terbaru ukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih.
  • Copy KTP, KK, Akte Kelahiran dan Akte Nikah (kadang dokumen ini hanya dilihat sekilas oleh petugas)
  • Travel insurance yang meng-cover sejumlah hari Anda di Eropa
  • Copy rekening tabungan/koran 3-6 bulan terakhir.
  • Saldo tabungan tentu saja menentukan tetapi tidak ada angka pasti yang membuat Anda diterima. Sebagai gambaran ambil saja angka 70 Euro perhari Anda di sana sebagai saldo minimum.
  • Surat Referensi dari Bank tempat rekening koran tersebut
  • Biasa surat ini bisa Anda minta di bank asal Anda membuka rekening. Biaya pembuatan surat referensi adalah Rp 50rb di BCA.
  • Surat Keterangan Kerja dari kantor Anda, berupa keterangan status Anda dan izin memberikan cuti.
    Beberapa pengalaman menunjukkan semakin bonafit tempat kerja Anda, dokumen ini tidak banyak dipersoalkan oleh petugas.
  • Jika Anda bukan orang kantoran alias pengusaha atau professional, SIUP atau surat keterangan profesi juga dilampirkan.
  • Bukti booking pesawat pulang pergi ke Eropa.
    Anda tidak dianjurkan untuk membeli dulu tiket ini karena tidak menjamin Visa akan diterima.
  • Bukti booking hotel selama Anda di Eropa
    Biasanya Anda diminta memberikan booking hotel yang sudah confirmed. Hal ini kadang sulit karena jika confirmed maka Anda harus membayar sejumlah deposit ke hotel yang bersangkutan. Bahkan umumnya hotel akan meminta full pay baru memberikan confirmation letter.
  • (Optional) Surat sponsor dari keluarga atau teman yang menjadi tempat tingal Anda di sana jika tidak tinggal di hotel.
Sedangkan biaya yang diperlukan untuk pengajuan aplikasi visa ini adalah sekitar 60 Euro atau IDR 850 ribu-an.

Oh iya, saat Anda memasukkan berkas ke kedutaan negara Schengen, biasanya akan ada sedikit pertanyaan, mulai dari basa-basi hingga yang serius, seperti:
Tujuan anda ke sana itu mau melakukan apa?
Siapa saja teman perjalanan anda?
Apakah sudah pernah melakukan perjalanan ke Eropa?
Punya saudara nggak di sana?
Sudah punya pacar atau belum? (yang ini cuma bisa2nya saya saja sih...)
dll.

Lama proses Visa UK sejak Anda memasukkan berkas hingga dapat mengambil kembali passport adalah 2 minggu, jika dokumen Anda sangat mendukung dalam 5 hari kerja juga sudah siap. Sedangkan lama proses Schengen Visa antara 2 minggu hingga 1 bulan tergantung kedutaan negara masing-masing.

Selamat mengurus visa....:D


Sumber: Pengalaman pribadi


-dipi-
 
Last edited:
Sebagai gambaran, persyaratan umum yang diminta jika Anda mengajukan visa kunjungan adalah:
Formulir permohonan Visa yang sudah diisi
Passport dengan masa aktif lebih dari 6 bulan
Pas foto terbaru ukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih.
Copy KTP, KK, Akte Kelahiran dan Akte Nikah (kadang dokumen ini hanya dilihat sekilas oleh petugas)
Travel insurance yang meng-cover sejumlah hari Anda di Eropa
Copy rekening tabungan/koran 3-6 bulan terakhir.
Saldo tabungan tentu saja menentukan tetapi tidak ada angka pasti yang membuat Anda diterima. Sebagai gambaran ambil saja angka 70 Euro perhari Anda di sana sebagai saldo minimum.
Surat Referensi dari Bank tempat rekening koran tersebut
Biasa surat ini bisa Anda minta di bank asal Anda membuka rekening. Biaya pembuatan surat referensi adalah Rp 50rb di BCA.
Surat Keterangan Kerja dari kantor Anda, berupa keterangan status Anda dan izin memberikan cuti.
Beberapa pengalaman menunjukkan semakin bonafit tempat kerja Anda, dokumen ini tidak banyak dipersoalkan oleh petugas.
Jika Anda bukan orang kantoran alias pengusaha atau professional, SIUP atau surat keterangan profesi juga dilampirkan.
Bukti booking pesawat pulang pergi ke Eropa.
Anda tidak dianjurkan untuk membeli dulu tiket ini karena tidak menjamin Visa akan diterima.
Bukti booking hotel selama Anda di Eropa
Biasanya Anda diminta memberikan booking hotel yang sudah confirmed. Hal ini kadang sulit karena jika confirmed maka Anda harus membayar sejumlah deposit ke hotel yang bersangkutan. Bahkan umumnya hotel akan meminta full pay baru memberikan confirmation letter.
(Optional) Surat sponsor dari keluarga atau teman yang menjadi tempat tingal Anda di sana jika tidak tinggal di hotel.
Sedangkan biaya yang diperlukan untuk pengajuan aplikasi visa ini adalah sekitar 60 Euro atau IDR 850 ribu-an.

makasih non dipi infonya
 
Back
Top