Massa Kepung Istana, Tolak Kedatangan Bush

nurcahyo

New member
Massa Kepung Istana, Tolak Kedatangan Bush

Kapanlagi.com - Ratusan orang yang tergabung dalam Koalisi Aksi Usir Bush dan Himpunan Mahasiwa Islam (HMPI) Cabang Jakarta, Jumat, menggelar aksi di depan Istana Negara untuk menolak kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush.

Koalisi Aksi Usir Bush bergabung dengan HMPI Cabang Jakarta setelah sebelumnya melakukan long march dari RRI sekitar pukul 14.30.

Dalam aksinya massa Koalisi Aksi Usir Bush menolak kedatangan Bush yang mereka anggap sebagai antek imperialis.

Koordinator Lapangan Koalisi Aksi Usir Bush Sunarto mengatakan AS dan negara Imperialis lainnya telah membuat Indonesia menjadi boneka, terutama melalui ketergantungan terhadap lembaga-lembaga finansial seperti IMF dan Bank Dunia.

"Kedatangan Bush semakin mempertegas hal itu," katanya.

Senada dengan Koalisi Aksi Usir Bush, massa yang tergabung dalam HMPI Cabang Jakarta juga menentang duet SBY-JK yang dinilai telah merelakan diri menjadi boneka kaum imperialis.

Dalam aksi itu digelar berbagai spanduk dengan tulisan bernada kecaman kepada Bush dan elit Indonesia, antara lain "pemerintah over akting, rakyat pusing", "SBY antek AS", dan lainnya.

Massa juga menggelar "happenning art", berupa olah gerak dua pocong dan bebek dalam kurungan. Aksi teatrikal itu adalah simbolisasi kematian kebebasan dan kedaulatan Indonesia yang diakibatkan oleh kungkungan AS.

Selain itu, aksi gabungan tersebut juga diwarnai ritual yang dilakukan oleh seorang dukun dari Kalimantan Barat, mendoakan agar Bush tidak selamat selama melakukan kunjungan ke Indonesia.

Berdasar pantauan, puluhan aparat keamanan tampak mengamankan aksi itu
 
Back
Top