Kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak

Megha

New member
Kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak​


Apakah anda tahu kalau rata-rata aktifitas manusia membutuhkan otak? Yah, aktifitas sehari-hari kita setiap saat selalu membutuhkan otak. Tanpa otak, manusia tidak dapat melakukan aktifitasnya dengan baik. Tentu saja kita membutuhkan otak yang sehat untuk mendukung kita dalam melakukan kegiatan rutin sehari-hari.

Tapi kita sering kali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebenernya sederhana tapi itu kebiasaan yang dapat merusak otak. Lalu kebiasaan apa saja itu? Salah satunya adalah tidak sarapan pagi. Bagi sebagian besar penduduk kota besar seperti Jakarta, banyak yang tidak sarapan pagi. Mereka mengganggap kegiatan sarapan pagi banyak membuang waktu dan sepele. Eits, jangan salah.. Justru karena engga’ sarapan pagi, banyak dari kita sering mengalami pusing/sakit kepala saat bekerja. Akibatnya konsentrasi kita terganggu dan imbasnya tentu ke pekerjaan kita. Sebenarnya penyebab dari penyakit ini simpel aja, karena pasokan nutrisi ke otak kita kurang. Akhirnya kita jadi sering pusing/sakit kepala saat bekerja.

Kemudian, kebiasaan lain yang dapat merusak otak adalah kurang tidur. Lagi-lagi… kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Mereka sering kerja lembur tanpa mempedulikan otak mereka. Otak tuh kerjanya sama kayak mesin. Kalo lagi dalam kondisi normal, mesin dapat berfungsi dengan baik. Tapi kalo terlalu lama dipakai dan dipaksakan, mesin dapat mengalami overheating. Sama halnya dengan otak. Otak juga dapat mengalami overheating. Maka dari itu, otak memerlukan istirahat untuk memulihkan kembali kemampuannya. Kalo sering dipaksain, sel-sel otak akan cepat rusak. Nah, kalo udah rusak, masalahnya bisa berabe tuh. Makanya, kita jangan suka tidur larut malam. Waktu optimum tidur orang dewasa dan remaja itu 8 jam.

Kebiasaan merokok orang Indonesia juga dapat merusak otak. Yah, bagi anda yang sering dan senang merokok, ati-ati ama otak anda. Otak anda bisa nyusut lho….. Zat-zat yang ada di rokok kan berbahaya. Kalo dihisap ama badan kita terus masuk ke otak, bisa-bisa otak kita bakal menyusut eh entar bisa-bisa anda jadi Idiot lagi. Engga’ mau kan? Makanya jangan merokok…. Bagi yang merokok, berhenti mulai dari sekarang kalo engga’ mau otak anda rusak.

Ada lagi kebiasaan yang unik tapi dapat merusak otak. Kebiasaan makan itu bisa merusak otak lho…. Kok bisa? Kalo makan terlalu banyak, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, pembuluh darah otak kita bakal mengeras. Lho kok bisa mengeras? Tuh gara-gara ada penimbunan lemak di dinding pembuluh darah kita. Nah kalo udh mengeras, kemampuan otak kita bakal menurun. Nah kalo udah menurun, kita bakal sulit buat mikir. Apalagi buat bekerja. Sebenernya tuh, kalo pengen makan mending sesuai ama pola 4 sehat 5 sempurna. Sehat dan pastinya engga’ perlu keluar duit banyak buat beli makanan yang banyak :D

Saat sakit pun, otak bisa rusak. Untuk hal ini ada beberapa kondisi yang dapat merusak otak. Salah satunya, memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sakit. Kalo sakit, ya istirahat dulu, baru ngurus pekerjaan. Selain dapat rusak, kinerja otak jadi engga’ maksimum. Nah kalo kinerja otak kita engga’ maksimum, entar pekerjaan kita jadi bakal berantakan. Kalo pekerjaan berantakan, tahukan apa yang akan terjadi setelah itu :D

Bagi orang yang jarang berkomunikasi, mulai sekarang perbanyak komunikasi. Berkomunikasi itu berhubungan ama kemampuan otak. Jika sering berkomunikasi, kita dapat memacu kemampuan kerja otak. Lebih tepatnya kemampuan intelektual. Kalo engga’, kemampuan intelektual anda jadi kurang terlatih. Makanya biasain berkomunikasi meskipun itu akan sangat sulit bagi beberapa orang.

Orang-orang yang malas untuk menggunakan pikirannya dapat merusak otak juga. Yah, saya ambil contoh saja dari pengangguran yang ada di Jakarta. Apakah mereka sering menggunakan otak mereka untuk melakukan sesuatu? Menurut saya, mereka sangat jarang menggunakan pikiran mereka untuk melakukan sesuatu. Nah, kalo udah jarang dipake buat berpikir, otak kita bakal mengkerut. Sama aja kayak pisau. Pisau kalo udah lama engga dipake, engga’ bakal tajem lagi tuh. Maka dari itu, otak kita sering-sering diasah. Yah, salah satu contoh simpel nya sih ngerjain TTS (Teka-Teki Silang) :)

Aktifitas tidur sebenernya dapat merusak otak juga. Tapi, tidur disini dilihat dari cara tidurnya. Yah, tidur dengan menutup kepala. Tidur dengan menutup kepala(semua bagian kepala) dengan bantal ato yang laennya. Biasanya kan ada orang yang kayak gini. Tapi sebenernya, kebiasaan ini kagak baek. Kalo kayak gitu, kita bakal kekurangan oksigen dan kita bakal dapat meningkatkan karbondioksida di tubuh dan otak kita. Otak kita kan perlu oksigen bukan karbondioksida. Jadi kalo kebanyakan karbondioksida, otak kita bakal cepet rusak tuh.

Kebiasaan yang tidak dapat dihindarkan bagi orang-orang yang tinggal di kota besar, yang kebiasaan itu dapat merusak otak. Apa itu? POLUSI. Yup, polusi di Jakarta dan kota besar lainnya sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Penyebabnya sama kayak kebiasaan menutup kepala saat tidur. Karena kita terlalu banyak menghirup udara yang berpolusi. Padahal otak kita butuh oksigen. Kalo menghirup udara yang berpolusi, bakal mengurangi suplai oksigen ke otak kita. Nah kalo udah kekurangan oksigen, otak kita tidak dapat bekerja secara maksimum dan dapat menurunkan efisiensi otak.

Sebenernya sih masih banyak lagi kebiasaan yang dapat merusak otak. Tapi yang paling sering dilakukan ama kita, ya… yang ada diatas itu. Kita tentu tidak bisa menghilangkan semua kebiasaan itu, tapi kita dapat mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan itu. Jadi, mulai sekarang biasakan hidup sehat :D




Nixfar
 
Merusak otak di sini maksudnya membuat bodoh perlahan2 ato merusak secara fisik?
Trus, kalo secara fisik aja dirusakinnya, ada ga kebiasaan2 yg bisa membuat kita menjadi bodoh? (Maksudnya supaya kita bisa menghindari ya non....)
 
itu tips mencegah pikun dini ya....

hehehe bisa dibilang begitu

Merusak otak di sini maksudnya membuat bodoh perlahan2 ato merusak secara fisik?
Trus, kalo secara fisik aja dirusakinnya, ada ga kebiasaan2 yg bisa membuat kita menjadi bodoh? (Maksudnya supaya kita bisa menghindari ya non....)

merusak disini tuh maksudnya menghambat kinerja otak, perlahan-lahan tapi pasti, kalo secara fisik sih mungkin wajah jadi kelihatan lebih tua dari usia.. Contoh : kurang tidur, merokok, polusi

dan merusak bentuk fisik : kegemukan atau terlalu kurus

kalo dari segi psikis sih stress, arogan gampang marah dan cepat tersinggung segala bentuk emosi seperti ini kan hubungannya dari otak juga

oh, berarti sarapan pagi tuh wajib yak

hahahha ya iyalah den amrifmf, emang gak pernah dimarahi ya kalo gak sarapan :D ckckckck
 
Back
Top