Tips pengembangan diri

novis9

New member
Tips-tips pengembangan diri berikut ini akan membantu anda dalam usaha anda untuk mengembangkan diri. Anda akan menemukan diri anda mencapai tingkatan kepuasan diri baru dengan menerapkan tips-tips tersebut dalam kehidupan sehari-hari anda. Jika pengembangan diri pribadi merupakan masalah yang menarik perhatian anda, anda akan secara konstan mencari cara-cara baru yang akan men-stimulasi perkembangan anda, sehingga anda memiliki peluang besar untuk terus berkembang. Taktik-taktik yang akan melambungkan perkembangan pribadi anda secara instant dapat anda temukan lewat tips-tips sederhana di bawah.

- Mengharapkan untuk menerima
Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa orang-orang yang paling sukses di dunia merupakan orang-orang yang lebih pintar dari mereka. Mereka salah. Rahasia yang sebenarnya adalah orang-orang sukses mengharapkan untuk menang lebih dulu sebelum kemenangan benar-benar mereka dapatkan. Ini merupakan hukum yang sangat penting. Mindset anda sangat menentukan apakah anda akan mencapai cita-cita anda atau tidak.

- Miliki sebuah jurnal harian pribadi
Anda akan sulit menemukan orang-orang supersukses yang tidak memiliki jurnal harian pribadi, atau sebuah buku harian. Kita tidak akan dapat mengingat semua yang melewati pikiran kita, dan disinilah peran sebuah buku harian menjadi sangat penting. Saat sesuatu menyerang pikiran anda, seperti sesuatu yang ingin anda lakukan, ingin anda capai atau yang menarik minat anda, milikilah kebiasaan untuk menuliskannya pada sebuah buku harian. Kebiasaan tersebut akan mengasah kewaspadaan pribadi anda dan akan melambungkan kepercayaan diri anda.

- Lakukan meditasi
Tahu cara mengelola dan menghilangkan stress merupakan keahlian yang sangat penting. Meditasi akan membantu anda untuk menghindari kekhawatiran dan kecemasan yang berlebihan, karena akan membersihkan pikiran anda dari segala pikiran negative yang menyerang anda dari waktu ke waktu. Tidur anda akan menjadi lebih nyenyak dan akan membantu anda untuk secara efektif menerapkan tips-tips pengembangan diri yang lainnya.

- Tuliskan rencana aksi dan tujuan yang spesifik
Tindakan sederhana berupa menuliskan rencana dan tujuan anda ke atas kertas mempunyai efek yang drastis untuk membantu anda mewujudkan rencana dan tujuan tersebut. Kebiasaan ini merupakan harga mati jika anda ingin mencapai tujuan-tujuan anda. Mempunyai impian merupakan satu hal, mewujudkannya dalam tindakan merupakan hal yang lain. Semua tujuan tertulis anda tersebut akan mengarahkan anda kepada tujuan jangka panjang sejati dan kehidupan yang sempurna.

- Pernyataan harian
Buat daftar kata-kata mutiara sebagai bahan pernyataan positif anda. Baca kata mutiara tersebut setiap hari.
Memiliki kebiasaan melakukan pernyataan positif kepada diri sendiri setiap hari akan mengubah karakter anda, kepribadian anda dan secara drastis akan mengubah tindakan-tindakan anda setiap hari.
Saya menemukan manfaat yang sangat besar dengan membaca kata-kata mutiara tersebut setiap bangun pagi dan sebelum tidur. Anda dapat mengubah jiwa terdalam anda dengan melakukan hal tersebut setiap hari.

- Kelilingi diri anda dengan orang-orang positif
Setiap area kehidupan anda dipengaruhi oleh orang-orang di sekeliling anda. Misalnya jika anda memiliki pergaulan yang negatif dengan orang-orang di sekitar anda, maka akan mempengaruhi keuangan dan bahkan kesehatan anda. Masalah hubungan pribadi, keuangan dan kesehatan anda yang buruk akan mengurangi energi anda yang anda butuhkan untuk mencapai cita-cita anda. Sebagai hasilnya, pengembangan diri dan kesuksesan akan semakin sulit anda capai.

Untuk mencapai hal-hal besar, keseimbangan hidup merupakan hal yang sangat penting, berupa kemampuan dalam mengendalikan emosi, keamanan finansial dan kekuatan fisik. Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang positif dan anda akan memanen hasilnya di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!
 
Back
Top