Jangan Lupakan Serat!

mozilla_solo1

New member
Jangan Lupakan Serat!



Lagi-lagi tentang manfaat serat. Kali ini, para peneliti dari Universitas Leeds, Inggris, menyatakan, asupan serat sangat penting bagi wanita pra-menopause karena bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga setengahnya.

Meneliti 35 ribu wanita, para periset menemukan, wanita yang mengonsumsi serat 30 gram per hari memiliki risiko kanker payudara 50 persen lebih kecil ketimbang wanita yang mengasup serat kurang dari 20 gram setiap harinya.

Ada banyak jurus yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan serat. Saat sarapan misalnya, pilihlah menu sereal yang kaya serat. Kalau selama ini Anda biasa menyantap roti putih (white bread) yang terbuat dari tepung terigu gantilah dengan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh (wholemeal bread) karena mengandung lebih banyak serat. Selain itu, jangan lupakan buah dan sayur. Setiap harinya, pastikan Anda mengonsumsi lima porsi buah dan sayur.

Lalu, mengapa serat yang dikonsumsi wanita pra-menopause bisa menurunkan risiko kanker payudara? Para peneliti menduga, serat memengaruhi tubuh dalam memproses dan mengatur hormon estrogen. Patut dicatat, kadar hormon estrogen para wanita pra-menopause, biasanya tinggi.
 
Back
Top