Mengenal Ciri Khusus Makhluk Hidup Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SD/MI Kelas 6 & UASBN
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[IPA - Ilmu Pengetahuan Alam] Mengenal Ciri Khusus Makhluk Hidup

Ilustrasi :

Kalian tentu pernah melihatkan dalam kehidupan sehari-hari, seekor kucing berusaha untuk menangkap seekor cecak yang terjatuh ke lantai. Cecak dengan lincahnya berusaha untuk menghindar dari terkaman sang kucing, di sisi yang lain si kucing dengan kemampuan dan kelincahannya berusaha untuk menangkap cecak tersebut. Nah biasanya mengingar bentuk dan ukuran tubuhnya yang mungil, cecak akan melakukan suatu bentuk gerakan dengan memutuskan ekornya, andai ia tertangkap oleh terkaman sang kucing. Mengapa hal ini dilakukan oleh si cecak??? Kalian tentu penasaran, bukan?

Setiap makhluk hidup ciptaan Tuhan, telah dibekali kemampuan untuk beradaptasi oleh Tuhan sang Pencipta. Kemampuan beradaptasi ini berguna untuk mempertahankan hidupnya. Cara beradaptasi makhluk hidup itu berbeda-beda. Ada yang beradaptasi secara MORFOLOGIS, FISIOLOGIS dan TINGKAH LAKU. Nah, ciri khusus makhluk hidup erat kaitannya dengan cara mereka beradaptasi. Bagaimanakah hubungan antara ciri khusus makhluk hidup dengan cara adaptasinya, mari kita sama-sama belajar untuk menemukannya.....

A. CIRI KHUSUS PADA HEWAN

Setiap hewan memmiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan yang lain. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan tetap dapat bertahan hidup. Nah, sekarang kita mulai ya memperhatikan ciri khusus beberapa hewan berikut ini :

1. CECAK

Cecak sering kita lhat di dinding dan di langit-langit rumah. Cecak sangat jarang berada di lantai. Cecak bergerak dengan merayap di dinding, cecak tidak terjatuh. Mengapa demikian??? Coba bandingkan dengan hewan lainnya. Dapatkah ayam atau itik merayap di dinding? tentu jawabannya tidak bukan?


Ternyata, cecak memiliki perekat khusus pada setiap ujung jari kakinya. Dengan perekat inilah, kaki cecak dapat melekat di dinding. Bagaimana bila kakinya tidak bisa diangkat dari dinding karena perekatnya tersebut? Hal ini tidak akan mungkin terjadi. Cecak dapat mengatur banyaknya perekat yang di keluarkan. Dengan demikian cecak dapat tetap bergerak merayap tanpa terjatuh. Cecak dapat mendaki pohon, dinding, atau atap bangunan dengan begitu mudah.

Selain itu, cecak memiliki kemampuan autotomi. Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cecak yang putus dapat tumbuh kembali.

2. BEBEK

Bebek termasuk salah satu jenis unggas. Ia hidup mencari makan di daratan dan perairan. Bebek menggunakan kakinya untuk berjalan. Coba bandingkan kaki bebek dengan kaki ayam, tentu berbeda bukan?


Pada kaki bebek setiap jarinya dihubungkan dengan selaput. Dengan kaki berselaput, bebek dapat berenang. Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa. Sementara ayam tidak memiliki tidak memiliki jaringan selaput pada jri kakinya, karena ayam hanya mencari makan di darat saja


3. KELELAWAR

Kelelawar keluar dan mencari makan pada malam hari. Sebaliknya, pada siang hari, kelelawar hanya berdiam di sarangnya. Oleh karena itu, kelelawar dijuluki hewan malam. Bagaimana kelelawar bisa menemukan makanan di kegelapan malam? Apakah kelelawar tidak tersesat atau menabrak benda-benda yang dilaluinya? Bukankah malam hari gelap gulita?

Dalam keadaan gelap, kelelawar tidak pernah menabrak benda yang dilaluinya. Kelelawar juga tidak kesulitan menemukan makanan. Hal ini dikarenakan kelelawar memiliki keistimewaan. Kelelawar memiliki indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan menghindari tabrakan.


Saat terbang, kelelawar mengeluarkan bunyi tinggi yang nyaring. Bunyi ini memiliki frekwensi sangat tinggi, bunyi ini dinamakan ultrasonik. Bunyi ultrasonik akan mengenai benda atau mangsa di sekitarnya. Bunyi ini akan dipantulkan kembali oleh benda tersebut. Kelelawar menangkap bunyi pantulan dari benda atau mangsanya. BUnyi pantulan membuat kelelawar dapat memperkirakan jarak terbang. Kelelawar dapat mengenal benda-benda di sekitarnya. Inilah yang membedakan kelelawar dapat membedakan antara mangsa dan bukan mangsa. Kemampuan yang dimiliki kelelawar tersebut dinamakan ekolokasi.


4. SEMUT

Semut merupakan serangga yang bersarang di dalam tanah. Untuk mencari makan, semut keluar dari sarangnya. Tahukah kalian bahwa beberapa jenis semut bermata buta? Semut juga tidak memiliki telinga. Lantas, bagaimana cara mereka hidup.


Semut memiliki dua buah antena di kepalanya. Antena digunakan untuk menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi. Sementara itu, mulut semut di gunakan untuk mengecap. Dengan mengecap, membau, dan menyentuh, semut dapat menemukan benda di sekitarnya. Semut berinteraksi dengan sesamanya menggunakan sentuhan antena. Semut juga bisa berkomunikai dengan semut lain melalui bau. Semut mengeluarkan bau khusus sebagai tanda bahaya. Semut juga mengeluarkan bau untuk menunjukan keberadaan makanan. Kalian pernah melihat barisan semut panjang, bukan? Nah, semut-semut itu sedang mengikuti bau yang diciuminya.


5. KUCING

Kucing merupakan hewan pembueu yang sering berkeliaran di sekitar rumah. Ia dapat mencium bau dalam jarak beberapa ratus meter. Kucing berlari sangat cepat. Ketika berlari, kadang ia terjatuh dari atap. Meskipun demikian, kucing masih tetap hidup. Apakah kucing tidak merasa kesakitan.


Kucing memiliki otot yang kuat. Kekuatan inilah yang membantunya melompat dan berlari. Kucing juga dapat membuat gerakan berputar di udara saaat jatuh dari ketinggian. Kucing mampu mengatur posisi tubuh agar mendarat dengan keempat kakinya. Perilaku kucing ini didukung oleh alat keseimbangan yang terdapat di telinga dalamnya. Karenanya, kucing tidak mati saat terjatuh. Kucing juga dapat mendengar bunyi ultrasonik. Kucing memiliki mata yang tajam, khususnya pada malam hari. Nah, berbagai keistimewaan tersebut membantu kucing dalam berburu.


6. LANDAK

Landak adalah hewan unik. Landak memiliki bulu keras di bagian atas tubuhnya. Bulu landak mengandung ribuan duri yang dihasilkan dari otot-otot kulit. Duri-duri tersebut merupakan alat pertahanan mereka. Apabila diserang musuh, landak akan melarikan diri masuk ke sarangnya.


Sarang landak berada di dalam tanah. Jika tidak sempat melarikan diri, landak akan menggulung tubuhnya. Bulu kerasnya kemudian mengembang. Seluruh tubuh landak pun dipenuhi duri tajam. Duri itu akan menancap pada tubuh musuh yang menyentuhnya.


7. CUMI-CUMI

Cumi-cumi adalah hewan yang hidup di dalam air. Cumi-cumi memiliki banyak tangan pendek. Tangan-tangan ini disebut tentakel. Otot tentakel dapat berkerut dengan cepat. Cumi-cumi dapat bergerak secara cepat saat dikejar pemangsa. Saat di depan pemangsa, cumi-cumi akan menyemprotkan tinta pekat. Tinta ini mengejutkan pemangsa selama beberapa detik. Nah, kesempatan ini dipergunakan cumi-cumi untuk melarikan diri.


Ternyata, kehebatan cumi-cumi tidak hanya tinta pekat. Cumi-cumi juga dapat memancarkan cahaya dari tubuhnya. Cumi-cumi menjadi hewan yang sangat indah dan gemerlap. Kemampuan ini membantunya mencari makanan di malam hari. Mangsa akan mendekat karena tertarik oleh cahaya yang dipancarkannya.

Cumi-cumi memiliki banyak pola warna tubuh. Pola warna tubuh tersebut dapat diubah sesuai dengan kehendaknya. Pola warna tubuh cumi-cumi bisa serupa dengan lingkungan sekitar. Hal ini untuk mengelabui pemangsa. Cumi-cumi juga bisa menjadi sangat menarik dan penuh warna. Cara ini dapat mengecoh mangsanya agar mendekat.


Kalian telah mempelajari ciri khusus pada beberapa hewan. Apakah hanya hewan-hewan di atas saja yang memiliki ciri-ciri khusus? Tentu saja tidak. Masih banyak hewan lain yang memiliki ciri khusus. Ciri khusus hewan yang satu berbeda dengan hewan lainnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan cara hidup.

Sumber : Buku Pelajaran IPA Kelas VI SD, karangan : Dwi Suhartanti, dkk. (BSE Depdiknas RI).
agen_pale
Mod

Post: 22.080
 
Reputasi: 483

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini

 






Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Ciri Khusus Makhluk Hidup

B. CIRI KHUSUS PADA TUMBUHAN

Tumbuhan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan tumbuhan lain. Ciri-ciri ini berhubungan dengan kemampuannya menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Dengan penyesuaian diri, tumbuhan bisa bertahan hidup. Beberapa tumbuhan yang memiliki ciri khusus adalah sebagai berikut.


1. MAWAR

Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Namun, berhati-hatilah bila ingin memetiknya. Sebab, kalian bisa terkena duri-durinya yang tajam.

Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.


2. KAKTUS

Kaktus berasal dari daerah tandus dan bercurah hujan rendah. Kaktus memiliki bentuk beraneka macam. Ada yang berbulu seperti sikat atau batang berbintikbintik besar. Ada juga yang berbentuk batang silinder.

Tumbuhan kaktus dapat hidup dalam pelbagai kondisi. Pada kondisi tandus, daun kaktus akan mengecil atau sama sekali tidak berdaun. Selain itu, batang kaktus juga menebal dan berlapis lilin. Batang tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.


3. KANTONG SEMAR

Kantong semar termasuk tanaman yang unik. Tanaman ini memiliki kantong di bagian ujung daun. Kantong tersebut sebenarnya adalah ujung daun yang berubah bentuk. Fungsinya untuk menangkap hewan, terutama serangga.

Saat serangga masuk ke kantong, kantong segera menutup. Kantong semar kemudian mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga. Nah, serangga inilah yang dijadikan makanan kantong semar. Kantong semar hanya mengandalkan kantongnya untuk mendapatkan makanan. Kantong semar tidak memerlukan pupuk. Pemberian pupuk pada tanaman ini justru dapat membuatnya mati.


4. TERATAI

Teratai tumbuh di perairan. Bunganya besar dan berwarna indah. Daun dan bunga teratai tampak di permukaan air. Akan tetapi, akarnya berada di dasar perairan. Hal ini karena teratai memiliki tangkai yang panjang. Pada tangkai dan akar teratai terdapat rongga-rongga udara. Rongga udara ini membantu pernapasan teratai.


5. PUTRI MALU

Putri malu memiliki daun yang mengatup apabila disentuh. Dahannya halus, bercabang, dan berduri tajam. Namun, letak durinya jarang. Duri-duri tersebut untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Jika putri malu dipotong, umbinya dapat bersemi kembali. Bahkan, batangnya yang dipotong pun mampu menumbuhkan akar baru. Selanjutnya, akar tersebut tumbuh sebagai tanaman baru.


6. RAFLESIA

Bunga Raflesia merupakan bunga raksasa. Berat bunga ini dapat mencapai 7 Kg. Bunga ini mengeluarkan bau busuk. Bau busuk tersebut menyebabkan serangga tertarik dan mendekatinya. Setelah dekat, serangga tersebut dimangsa oleh raflesia. Selain itu bunga raflesia juga memantulkan cahaya. Cahaya ini akan didekati lalat. Ketika lalat mendekat, raflesia akan memangsanya.
agen_pale
Mod

Post: 22.080
 
Reputasi: 483

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Mengenal Ciri Khusus Makhluk Hidup

kucing walau pnya otot kuat tpi tidak kelihatan sama sekali otot yang ada di kakinya
tiaseptiani
Staff

Post: 19.058
 
Reputasi: 189

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Mengenal Ciri Khusus Makhluk Hidup

Kutip:
Oleh tiaseptiani View Post
kucing walau pnya otot kuat tpi tidak kelihatan sama sekali otot yang ada di kakinya
ya iyalaaaahhh... pus2 kok pakein clana! pengen liat lepas sik, kerok bulue... jik gak kliatan? kulitnya kok kupas.. tega?
Pengen jelas lagi ke ragunan. cari kucing-garong. perhatiin otot yg sembunyi dicelana..
cxixixixixi.. : PeacE :

- n1 -
aq ktawa-ktiwi ni gara2 pengen liat otot kucing.
n1ngs1h
National Level

Post: 1.115
 
Reputasi: 90






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Mengenal Ciri Khusus Makhluk Hidup

Kutip:
Oleh n1ngs1h View Post
ya iyalaaaahhh... pus2 kok pakein clana! pengen liat lepas sik, kerok bulue... jik gak kliatan? kulitnya kok kupas.. tega?
Pengen jelas lagi ke ragunan. cari kucing-garong. perhatiin otot yg sembunyi dicelana..
cxixixixixi.. : PeacE :

- n1 -
aq ktawa-ktiwi ni gara2 pengen liat otot kucing.
hahaha ya kan kaya manusia gitu.. kalau ototnya kuat atau besar kan kelihatan dari bentuk tangannya tuh (Aderai misal, kan gede tuh badannya karena otot2 yg kuat) tapi kayak kucing... badannya kan mungil gituh, masa iiya yah, ternyata otot2nya kuat... AMAZING!
tiaseptiani
Staff

Post: 19.058
 
Reputasi: 189

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Soal Mengenal Ciri Khas Negara-negara Besar setiap Benua Untuk SD Gia_Viana SD/MI Kelas 6 & UASBN 9
Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik Megha Lifestyle, Fashion, Model Rambut & Pakaian 12
Biologi kelas 7 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Megha SMP/MTs Kelas 7 14
Biologi kelas 7 (ciri-ciri makhluk hidup) Megha SMP/MTs Kelas 7 1
gambar makhluk hidup bag 1 nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.