Yuk Kita Lihat Pesona Wisata Bojonegoro Kota Minyak Terbesar di Indonesia

anak_dumai

New member
Kabupaten Bojonegoro memiliki lebar 230,706 Ha, dengan jumlah penduduk adalah 1.176.386, dan merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur. Lokasinya sekitar 110 km dari provinsi Jawa Timur dan negara di 6 z 59 '7 z 37' lintang dan 112 z 09 'bujur.

Locator_kabupaten_bojonegoro.png


Bojonegoro terletak di bagian pedalaman dataran utara Jawa, di tepi Sungai Bengawan Solo (sungai terbesar di Jawa). Seperti sebagian besar Pulau Jawa, Bojonegoro didominasi dengan pemandangan sawah padi. Di daerah Bojonegoro, Sungai Bengawan Solo saja menjadi potensi pengairan dari utara sampai timur. kondisi musiman seringkali sangat kontras. Pada musim hujan, hujan akan turun hampir setiap hari sedangkan pada musim kemarau, hujan tidak akan datang selama berbulan-bulan, menyebabkan kekeringan dan kekurangan air meluas.
Bojonegoro berbatasan dengan:
Sebelah utara: Kabupaten Tuban
Sebelah Timur: Kabupaten Lamongan
Sisi Selatan: Madiun, Nganjuk dan Kabupaten Jombang
Sisi barat: Ngawi dan Blora (Jawa Tengah)

Sedangkan, Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak obyek wisata yang menarik, yang biasanya dikunjungi oleh banyak orang di hari libur. Daerah ini di dukung dengan luas areal geografis yang baik dan baik dari pegunungan, sehingga Bojonegoro menjadi salah satu pemasok pariwisata daerah Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak tempat-tempat wisata seperti wisata alam, wisata buatan, wisata budaya.

Pariwisata Bojonegoro

waduk-pacal-009.jpg


waduk-pacal-010.jpg


waduk-pacal-013.jpg


Waduk Pacal adalah Waduk warisan Belanda yang dibangun tahun 1933, wilayah waduk ini adalah sekitar 3,878 km dengan kedalaman 25 meter. Selain fungsi utamanya untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Bojonegoro, juga nyaman untuk dikunjungi. Terdapat pemandangan yang indah, di sini juga menyediakan dermaga perahu dan daerah penangkapan, yang menjadi daya tarik wisatawan waduk Pacal yang terletak sekitar 35 km selatan kota Bojonegoro dengan transportasi umum atau seseorang kendaraan, maka pengunjung atau wisatawan bisa tiba di tempat ini dengan mudah.

Waduk Pacal memiliki luas 3.878 kilometer dan kedalaman 25 km merupakan waduk Belanda yang dibangun pada tahun 1933 dan air disertai dengan panorama alam dan hutan jati menarik. Agenda wisata waduk Pacal yang diadakan setiap bulan Oktober ulang tahun Kabupaten Bojonegoro, adalah ritual "Larung Sengkolo" dan "Jasman Waranggono Tayub" untuk menyatakan "wisuda Waranggono Tayub".

Waduk Pacal ini juga mendukung dengan beberapa fasilitas seperti cottage, arena memancing, perahu, kios, dll Pengembangan waduk Pacal diarahkan untuk transportasi, akomodasi, telekomunikasi dan fasilitas obyek wisata lainnya. Obyek wisata ini juga cocok untuk memancing dan kano.

TIRTA WANA DANDER

wanatirta-2.jpg


wanatirta-18.jpg


wanatirta-5.jpg


Next ke selatan kota Bojonegoro sekitar 13 km, ada obyek wisata alam dan obyek wisata buatan, tepat di desa Dander, Dander distrik, yang terkenal dengan Tirtawana, Tirta Wana Air dan makna yang berarti bahwa Hutan. Ini berarti bahwa ada air di hutan. Tirta Wana Dander adalah obyek wisata yang memiliki penuh panorama alam yang sangat indah, karena ada banyak pohon-pohon besar dan teduh juga tanaman tropis yang membuat udara menjadi sejuk dan segar. Di sini telah dibangun kolam renang yang sangat luas, yang terdiri dari dua bagian, sebelah barat adalah untuk perempuan dan anak kemudian sisi timur adalah untuk orang dewasa. Karena keindahan alam dan kesejukan udara, maka pada liburan, wisatawan sering mengunjungi Tirtawana Dander.

Tirtawana Dander juga dilengkapi dengan tempat untuk bermain, berkemah, lapangan golf untuk yang memiliki hobi untuk bermain golf. Para pengunjung datang ke objek wisata ini adalah untuk bersantai, berenang, atau bermain golf.

Tempat ini memiliki geografis yang unik karena alam yang segar. kolam renang ini diambil dari sumber air alami yang sangat bersih dan jelas sehingga kita akan merasa segar jika kita mandi dalam jajak pendapat ini.

Ada peralatan mendukung beberapa, seperti; toilet, mengambang, papan lompat, taman bermain, tempat tinggal, kios, ruang pertemuan, lapangan golf, camping ground, dll

TAMAN TIRTA WATERPARK

tirta_park_02.jpg


tirta_park_08.jpg


tirta_park_04.jpg


Taman Tirta adalah kolam renang obyek wisata yang sangat strategis, karena yang terletak di kota Bojonegoro, tepatnya di WR. Supratman Street. Untuk masyarakat Bojonegoro dan wisatawan lain, yang ingin bersantai, menghilangkan stres, renang, dan taman bermain, tempat ini merupakan objek wisata paling sesuai untuk dikunjungi.

SUMBER : seperti yg tertulisdi gambar :D:D:D
 
prabumulih juga kota minyak tapi ngak ada hiburan tempat rekreasi

kalau mau rekreasi mesti ke palembang
 
Last edited:
baru tau di Dander ada tempat wisata, biasanya banjir mulu, mampir ah kapan2.. biasanya klo ke Bojonegoro ane lewat Rejoso Nganjuk.. melewati waduk Pacal yang hutan jatinya lumayan serem.. sangat tidak direkomendasikan lewat jalan ini pada malam hari. thx infonya bro..
 
Back
Top