Lutut Pelari

mozilla_solo1

New member
Lutut Pelari
DEFINISI

Lutut Pelari (Runner's knee, Sindroma stress patellofemoral) adalah suatu keadaan dimana jika lutut digerakkan, tempurung lutut (patella) bergesekan dengan ujung tulang paha (femur).

Tempurung lutut adalah suatu tulang bundar yang menempel ke ligamen dan tendon di sekitar lutut.
Dalam keadaan normal, selama berlari, tempurung lutut bergerak ke atas dan ke bawah secara perlahan tanpa menyentuh tulang paha.

PENYEBAB

Lutut pelari dapat disebabkan oleh kelainan struktur (misalnya lokasi tempurung lutut yang terlalu tinggi pada sendi lutut atau patella alta), atau karena ketegangan pada urat lutut dan tendo Achilles, serta kelemahan pada otot paha (yang dalam keadaan normal membantu menstabilkan lutut).

Penyebab yang paling sering aalah pronasi (perputaran ke dalam) yang berlebihan pada kaki ketika sedang berjalan atau berlari, pada saat otot paha bagian depan (kuadriseps) menarik tempurung lutut keluar.
Hal ini menyebabkan tempurung lutut bergesekan dengan ujung tulang paha.

GEJALA

Nyeri dan kadang pembengkakan, biasanya mulai timbul ketika penderita sedang berlari dan dirasakan dibawah tempurung luut.

Pada awalnya, hanya lari menuruni bukit yang menimbulkan nyeri; tetapi lama-lama setiap lari dan bahkan menggerakkan tungkaipun bisa menimbulkan nyeri.

Lutut Pelari


PENGOBATAN

Sangat penting untuk menghentikan olah raga lari sampai dapat melakukannya tanpa rasa sakit.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, penderita bisa melakukan kegiatan lainnya (misalnya bersepeda, berdayung dan berenang).

Bisa dilakukan latihan untuk meregangkan otot di belakang dan di depan paha dan untuk memperkuat vastus medialis (otot paha bagian dalam yang menarik tempurung ke arah dalam).
 
Back
Top