5 Tips Atasi PERFECTIONIST

bla_bla_bla

New member
5 Tips Atasi PERFECTIONIST



Satu hal positif tentang perfectionist adalah standar tinggi keberhasilan, tapi klo berlebihan, justru perfectionist membuat impian apapun juga tidak tercapai karena selalu mengulang atau mempertimbangkan kembali pekerjaan yg sudah di lakukannya. Ini ada 5 tips atasi perfectionist versi Don Gabor, dalam meraih impian anda sendiri:

1. Tetapkan harapan proporsional

Pelukis perfectionist prancis terkenal bernama Paul Cezanne, saat melukis temannya, sang teman ini disuruh berpose berulang ulang minimal sebanyak 115 kali... dan ketika ditanya kemajuannya, Paul mengatakan "saya masih blum puas dgn kemeja nya".
Jawab pertanyaan ini saat mengerjakan tugas "mana yg penting, menyempurnakan pekerjaan atau menyelesaikan pekerjaan?" dan "indikator yg realistis seperti apa yg dikatakan selesai?".



2.Abaikan tugas prioritas kecil, fokus tugas prioritas besar

Perfectionist suka tenggelam dalam hal hal yg berprioritas rendah, sehingga hal hal besar tidak tercapai, sederhananya adalah abaikan dulu tugas kecil itu, fokus selesaikan tugas besar lebih dahulu. Bila tugas besar itu menuntut banyak waktu, pecah menjadi bagian2 kecil untuk di cicil setiap hari sebagai tugas utama harian yg perlu diselesaikan.... baru sisa waktu dipakai untuk hal hal kecil.



3. Menetapkan batas waktu maksimum

Perfectionist suka tidak memperhatikan waktu penyelesaiannya, selain menetapkan definisi selesai, tetapkan pula waktu selesainya.
Kalau anda bingung dalam pengaturan waktu penyelesaian satu jenis tugas, anda bisa mengetes dahulu seberapa lama satu tugas itu selesai dan itu bisa menjadi patokan u/ tugas2 selanjutnya. Bila berhasil kasih reward, bila lebih banyak tugas berhasil diselesaikan kasih reward yg lebih baik lagi.


4. Ingatkan sering2 hasil akhir

Perfectionist itu seperti kecanduan akan menikmati kesempurnaan dan lama2 bisa kehilangan orientasi hasil akhir, sering2 lah mengingatkan diri akan hasil akhir.


5. Minum obat khusus

Percakapan dalam diri perfectionist mengandung "virus kesempurnaan", oleh karena itu, hantam dgn obat khusus yg anda racik sendiri untuk mengobati nya.
Caranya sederhana, temukan percakapan model spt apa yg membuat anda terbuai dan kembali menjadi super perfectionist. Misal : setelah mengerjakan tugas anda berkata "duh, sial, masih ada yg salah", segera ganti dgn "oke, saya sudah menyelesaikan tugas sebaik saya, sekarang tugas berikutnya".
Nah, sekarang tunggu apa lagi ? 5 tips versi Don Gabor sudah tahu, sekarang giliran anda, yakinkan hari ini anda sudah mengerjakan tugas prioritas tinggi ... sehingga bila hari ini anda sudah bisa melihat diri anda "mampu" menyelesaikan tugas prioritas tinggi tersebut, anda juga "mampu" melihat anda mencapai sasaran anda di kemudian hari ... sip kan!?!

Oke, go get them tiger, tutup halaman ini dan buat perbedaan di hari ini saja and good luck !!



www.kepribadian-malwa.com
 
Back
Top