Tanda-Tanda Ponsel Anda Disadap

phone+call.jpg


Pemutaran rekaman percakapan antara Anggodo Widjojo dengan berbagai pihak telah mengungkap terjadinya rekayasa kriminalisasi terhadap Komisi Pemberantas Korupsi.

Bahkan, efek dari pemutaran rekaman percakapan hasil penyadapan itu jauh lebih besar. Rekaman ini telah memaksa Wakil Jaksa Agung AH Ritonga dan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Susno Duadji mengundurkan diri karena namanya banyak disebut-sebut dalam percakapan Anggodo.


Banyak orang bertanya-tanya bagaimana sesungguhnya penyadapan itu dilakukan, dan bagaimana pula tanda-tanda ponsel disadap. Apalagi, penyadapan bukan hanya pada pejabat, tetapi bisa dilakukan terhadap siapa saja.

Sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk mengidentifikasi apakah ponsel kita sedang disadap orang. Berikut ini beberapa cara simpel untuk mengenali gejala-gejalanya.

1. Bila baterai ponsel Anda menjadi lebih cepat terkuras padahal jarang digunakan, Anda harus curiga. Sebab, sebuah software mata-mata (spyware) yang sudah tertanam di ponsel, biasanya akan mengirimkan informasi-informasi kepada si penyadap. Hal ini menyebabkan baterai ponsel akan lebih cepat terkuras.

2. Walaupun Anda tak menggunakan ponsel tersebut, bila disentuh, ponsel ini terasa hangat karena walaupun terlihat tak digunakan, ponsel ini sebenarnya bekerja, kemungkinan karena proses penyadapan itu sendiri.

3. Saat digunakan untuk menelepon orang lain, Anda mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, misalnya bunyi klik, derau, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume ponsel juga bisa bisa berubah-rubah sendiri

4. Bila terdengar bunyi yang tak wajar dari ponsel saat sedang tak digunakan, kemungkinan ponsel Anda sedang bekerja, berfungsi sebagai receiver atau transmitter yang sedang menerima percakapan telepon di area sekitarnya.

5. Saat ponsel digunakan berkomunikasi, biasanya ponsel tiba-tiba mati, sinyal tiba-tiba turun atau suaranya mendengung.

6. Beritahu kepada orang yang Anda percaya bisa memegang rahasia, tentang informasi tertentu. Bila kemudian orang lain mengetahui informasi Anda itu, tandanya, ponsel Anda sudah disadap orang.

sumber:viva.news
 
kalo di tempatku sering tuh alami gejala-2 seperti di atas..
tapi karena emang kualitas sinyalnya yang ga stabil...
 
Operator Sering Mata-Matai Kegiatan Pelanggan​

1363742.jpg
Sebuah media melaporkan, operator telekomunikasi di Amerika Serikat (AS) sering kali kedapatan ‘memata-matai’ kegiatan pelanggannya tanpa diketahui.

Fakta laporan New York Times ini menarik perhatian publik, terlebih setelah politisi Jerman Malte Spitz menuntut provider ponselnya, Deutsche Telekom. Politisi ini ingin mengetahui informasi apa saja yang dilihat operator mengenai dirinya.

Sejak akhir Agustus 2009 hingga Februari 2010, Deutsche Telekom mencatat dan menyimpan data garis koordinat pelanggannya sebanyak lebih dari 35.000 kali.

"Kita berjalan di sebuah label yang menampilkan nomor, siapa saja yang kita hubungi dan apa yang kita lakukan pada ponsel,” papar ahli informasi grafik Sarah E. Williams.

Menurut Electronic Frontier Foundation (EFF), bentuk pengawasan seperti ini makin marak. Seperti dikutip Telegraph, salah satu alasan operator melakukan pengumpulan data, yakni untuk riset pasar. Alasan lainnya, untuk kepentingan penegak hukum seperti CIA dan FBI.

Pengawasan seperti ini lebih mudah dilakukan dibanding melalui internet. Pasalnya, pengguna ponsel tak bisa menggunakan alat guna memastikan ponselnya tak diawasi seperti layanan ‘do not track’ yang ditawarkan Google atau Mozilla. Layanan itu mencegah situs memasang cookies pada PC pengguna secara otomatis.

Di AS, tindakan pengawasan seperti ini memaksa operator menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dan dilarang membaginya.

sumber:inilah.com
 
Last edited:
wah aku jadi parno nih, soalnya poin nomor 4 aku alami


wah kalo udah begini, bagaimana cara kita tau siapa yang sedang menyadap kita dan bagaimana cara menghentikannya
 
hati hati penyadapan hp,apalagi intelijen negara sudah di perbolehkan untuk mematai matai seseorang

gpp biasanya dengan cara baik temenju bapa nya ada yang reserse , klo mau nyadap ya harus ada persetujuan dari yang pangkatnya tinggi, tapi jadi serem klo bapaknya polisi bisa dilacak kemana aja :
 
gpp biasanya dengan cara baik temenju bapa nya ada yang reserse , klo mau nyadap ya harus ada persetujuan dari yang pangkatnya tinggi, tapi jadi serem klo bapaknya polisi bisa dilacak kemana aja :

bener banget |:mad: apalagi kalo temennya kerja dibagian IT nya kepolisian ckckck... yang pake BB makin merinding dengernya |:mad:
 
Back
Top